Hati-Hati! Pastikan Memilih Audio Mobil Dengan Benar Agar Tidak Kecewa

26/09/2018 Abdul Tips & trik mobil

Pemilik kendaraan menginginkan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Ditambah lagi perjalanan yang kerap dilakukan memiliki jarak yang cukup jauh. Tentunya fitur hiburan juga harus siap menemaninya. Tujuannya adalah agar tidak bosan selama perjalanan. Untuk masalah ini banyak pengendara mengandalkan fitur audio Mobil yang sudah di upgrade agar lebih sesuai dengan keinginan. Lantas bagaimana cara memilih audio Mobil supaya bisa menemani pengendara dengan maksimal.

Dalam memilih audio Mobil tidak boleh sembarangan, tentunya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya adalah supaya mendapatkan audio yang bagus dan suara yang dihasilkan juga sesuai selera.

Berikut ini merupakan beberapa tips untuk memilih audio Mobil supaya tidak kecewa di kemudian hari.

1. Memperhatikan fitur

Ketika sedang berada di penjual audio jangan terpaku langsung pada satu barang yang mirip punya temen. Akan tetapi perhatikan fitur-fiturnya terlebih dahulu, cobalah carilah audio yang memiliki fitur banyak sehingga dapat membantu selama perjalanan.

Gambar ini menunjukkan head unit Mobil dan terlihat sebuah jari sedang menunjuk menu pada layar

Fitur audio yang lengkap bisa mendapatkan banyak pilihan

Beberapa fitur yang disarankan seperti pengatur kualitas suara seperti treble, bass, fade, balance, automatic level control dan lainnya. Tidak hanya itu saja, pastikan juga memiliki fasilitas lain seperti USB, DVD dan juga MP3. Fitur lain yang juga cukup penting adalah speaker control, processor digital time alignment, equalizer dan juga kontrol HPF/LPF.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

2. Melakukan pengujian suara

Setelah menemukan audio dengan fitur yang lengkap, dalam memilih audio Mobil juga memerlukan pengujian suara. Dengan begitu kualitas suara dari audio tersebut dapat diketahui. Dengan begitu tidak ada kekecewaan setelah pemasangan akibat suara yang dihasilkan kurang bagus.

Gambar ini menunjukkan seorang ibu dan anak kecil serta penjual di toko audio Mobil

Pengujian suara saat masih di pihak penjual akan diketahui kualitas suaranya

Pada tahapan ini sobat bisa melakukan pengujian pada tombol-tombol dan panel apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Seperti misalnya bagian volume, treble, bass, pengaturan balance dan lainnya.

>>> Baca juga, Tanda Aki Mobil Bermasalah Yang Perlu Diketahui

3. Cek bagian instalasi

Gambar ini menunjukkan amplirfier untuk audio Mobil warna silverr

Instalasi yang baik tentu akan tetap aman saat Mobil melewati guncangan

Perlu diperhatikan, bahwa instalasi pada audio Mobil harus benar-benar dalam kondisi yang bagus. Mengingat di dalam kendaraan tidak dalam keadaan tenang terus menerus. Kadang melewati jalan bergelombang, turunan tanjakan dan lainnya. Dengan begitu, memastikan instalasinya baik sangat diperlukan, seperti misalnya dalam kabel harus disolder dengan kuat. Selain itu, penggunaan speaker yang menggunakan bahan dasar karet diklaim mempunyai keamanan yang lebih.

>>> Lihat juga, Beberapa Kesalahan Di Jalan Tol Yang Kerap Dilakukan Pengendara

4. Perhatikan merk

Ketika memilih audio Mobil biasanya terdapat banyak pilihan, dari mulai harga yang paling murah sampai paling mahal. Dalam hal ini sangat disarankan untuk menggunakan yang mempunyai kualitas teruji dan sudah terkenal.

Gambar ini menunjukkan toko audio Mobil dengan seorang penjual di dalamnya

Merk yang sudah terkenal biasanya kualitasnya bagus

Pada umumnya audio Mobil dengan kualitas yang telah terkenal akan mempunyai kualitas yang baik. Ditambah lagi dari pihak perusahaan juga tidak ingin para konsumennya kabur karena masalah pada produknya. Jangan sampai tergiur dengan harga murah, karena biasanya suara yang dihasilkan bagus di awalnya saja. Setelah berselang beberapa waktu, audio dengan harga yang murah akan cepat mengalami masalah. Namun hal ini tidak bisa jadi patokan, karena kadang ada audio dengan harga murah namun tetap bandel.

>>> Baca juga, Ingin Membuat Suara Audio Mobil Standar Lebih Bagus? Coba Cara Ini

5. Mengoptimalkan kinerja dari audio Mobil

Ini memang bisa dibilang tidak ada hubungannya dalam memilih audio Mobil. Akan tetapi dengan mengoptimalkan kinerjanya seperti memberi peredam tambahan pada pintu Mobil dan lainnya, supaya hasil suara yang dihasilkan lebih bagus.

gambar ini menunjukkan subwoofer pada kabin Mobil berjumlah 2 buah

Penggunaan audio yang bagus tentu memberikan kenyamanan maksimal

Selain itu, bisa juga menambahkan subwoofer agar suaranya lebih mantap seperti pada bass nya. Tidak hanya itu, jika mempunyai dana lebih bisa mengganti speaker bawaan dengan yang lebih berkualitas.

Demikianlah informasi dalam memilih audio Mobil agar tidak kecewa dan hasil lebih maksimal. Jika ragu, sobat bisa berkonsultasi dengan bengkel terpercaya mengenai masalah audio yang pas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International