Hati-Hati, Berikut Tips Berkendara Di Pantai Agar Mobil Aman Tidak Amblas

12/02/2020 Abdul Tips & trik mobil

Liburan bersama keluarga atau hanya sekedar refreshing bersama teman bisa dilakukan kemana saja, salah satunya ke pantai. Di beberapa pantai, mobil dapat masuk sampai ke pinggir lautan sehingga bisa menikmati pemandangan dengan lebih mantap. Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan saat berkendara di pantai.

Berkendara di pantai tentunya berbeda dengan di aspal ataupun berlumpur. Karakter yang dimiliki berbeda sehingga perlu lebih waspada dan berhati-hati. Dalam hal ini Sobat tidak perlu khawatir, karena ada tata cara yang dapat dilakukan supaya aman dan nyaman.

Gambar ini menunjukkan mobil sedang parkir di pantai

Pantai menjadi salah satu tempat liburan yang menarik

>>> Baca Juga, Sebelum Terlambat, Begini Tips Mencegah Karat Pada Bodi Mobil

Dalam hal tersebut dari pihak Rifat Sungkar selaku Pereli dan Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia ikut berbagi tips supaya aman ketika melintasi jalanan berpasir atau di pantai.

Berikut ini  beberapa tips yang diberikan ketika ingin berkendara dengan mobil di pantai:

1. Jangan Berakselerasi Mendadak

Dari pihak Rifat menyebutkan, bahwasanya untuk karakter yang dimiliki pasir di pantai sangat lose. Yang mana saat mobil melaju tidak boleh melakukan akselerasi secara mendadak jangan terlalu memaksakan.

"Jika kita memaksakan mobil berjalan, bukannya maju malah akan terpendam ke bawah," ujarnya saat berbincang dengan iNews.id ketika berada di Pantai Geger, Bali, baru-baru ini.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mobil Mitsubishi Xpander tampilan depan

Awas bisa membuat mobil terhisap jika berada di pantai

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Jangan Terlalu Dekat Dengan Bibir Pantai

Pihak Rifat melanjutkan bahwasanya saat mengemudikan mobil jangan terlalu dekat di bibir pantai. "Karena kita tidak tahu air akan sampai mana. Tapi, yang lebih penting jangan sampai mobil terkena air laut karena sangat berbahaya dalam jangka panjang bisa menyebabkan korosi," katanya.

3. Parkir Di Tempat Padat

Tips berkendara di pantai selanjutnya adalah dengan parkir di tempat yang padat. Jadi selain mengemudi, saat berada di pantai tentunya akan berhenti untuk menikmati pemandangan. Dalam hal ini pihak Rifat menambahkan, apabila parkir dan masih berada di wilayah pantai maka mencari tempat yang padat. Jangan sampai parkir di tempat sembarangan, karena jika salah maka saat akan bergerak maka akan ada gaya seperti mobil terhisap pasir. Dengan begitu ban mobil beresiko terpendam dan akan sulit untuk bergerak yang membuat suatu hal yang merepotkan.

Saat berkendara di pantai dan ternyata mobil sudah terpendam di pasir dan sulit melaju, maka jangan terus melakukan akselerasi. Langkah yang tepat adalah dengan mencari benda keras seperti kayu, batu dan lainnya sebagai pijakan pada ban mobil. Apabila roda sudah keluar dari pasir teruslah bergerak sampai berada di tempat yang padat. Karena jika berhenti beresiko mobil amblas kembali dan harus mengulang tahapan tersebut.

>>> Baca juga, Inilah Penyebab Karat Pada bodi Mobil Dan Cara Mencegahnya

Selain soal berkendara di pantai, kami memberikan sedikit tambahan, pemilik juga perlu berhati-hati karena air laut bisa membuat bodi dan rangka mobil mudah keropos atau karatan. Jadi jangan terlalu sering untuk pergi ke pantai, bisa juga dengan mencuci kendaraan seusai liburan ke pantai untuk mencegah hal tidak diinginkan terjadi.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca