Hati-Hati, Ada Dampak Negatif Memakai Cairan Wiper Sembarangan

12/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Wiper menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan terutama di musim hujan. Meskipun begitu, saat musim kemarau juga bisa dipakai untuk melakukan pembersihan pada kaca depan mobil. Dalam hal ini, kinerja wiper berkolaborasi dengan air washer agar pembersihan maksimal. Namun jangan sampai sembarangan, karena ada dampak negatif memakai cairan wiper sembarangan.

Berkaitan masalah dampak negatif yang dirasakan ketika memakai cairan wiper sembarangan, dari pihak Anjar Rosadi selaku Executive Coordinator Technical Service Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penjelasan. Bahwasanya dalam melakukan pengisian cairan wiper diharapkan memakai spesifikasi yang telah disediakan. Hal tersebut tergolong penting dalam kinerjanya untuk menyapu permukaan kaca depan agar visibilitas pengendara terhadap jalan lebih maksimal.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menbawa derigen mengisi tabung washer

Terdapat efek tersendiri jika sembarangan mengisi air wiper

>>> Baca Juga, Begini Cara Merawat Wiper All New Serena Agar Tetap Awet

"Baiknya menggunakan wiper fluid karena memang sudah dibuat khusus itu pembersih kaca, jangan sembarang mengisi dengan air sabun biasa apalagi bila ada kandungan detergennya," ucap Anjar kepada salah satu media ternama di Indonesia.

Cairan wiper yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan biasanya mempunyai pH yang lebih terkomposisi. Jangan sembarangan memakai cairan agar kejernihan kaca mobil dapat lebih maksimal dan pembersihan juga dapat dilakukan dengan baik.

"Kita tidak pernah tau kandungan sampo atau air biasa itu seperti apa dampaknya, ditakutkan bila nanti kaca bermasalah seperti menimbulkan pelangi yang mengganggu pandangan berkendara. Bila terpaksa lebih baik pakai air biasa saja, tidak usah dicampur-campur dengan sabun atau sampo," kata Anjar.

Selanjutnya jika menggunakan cairan sabun yang mempunyai kandungan deterjen maka bisa menghasilkan efek yang tidak baik. Salah satu efek yang dirasakan adalah lubang semprot wiper timbul kerak yang nantinya bisa mengering sehingga menyumbat cairan yang akan keluar menyemprot kaca mobil.

Selain masalah dampak negatif memakai cairan wiper sembarangan, berikut ini kami juga menginformasikan mengenai 3 jenis air wiper untuk mobil kesayangan yang dimiliki.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan semprotan air wiper pada kaca berjumlah 3

Air wiper yang sesuai rekomendasi sangat efektif membersihkan kaca

>>>  Baca Juga, Jangan Asal, Berikut Tips Mudah Memilih Wiper Mobil Yang Sesuai Kendaraan!

Adapun yang pertama adalah wiper fluid yang banyak dijual dipasaran. Pilihan ini merupakan yang terbaik karena memang dirancang khusus untuk menghilangkan kotoran yang terdapat pada kaca mobil. Adapun contoh dari wiper fluid meliputi Sonax Clear View dan Otogard Gold Liner Wiper Fluid. Ukuran yang dimiliki pun bervariasi, ada yang 300 ml, 500 ml dan ada juga yang 3,5 liter. Umumnya bentuk wiper fluid adalah konsentrat, jadi masih perlu mencampurnya dengan air.

Yang kedua adalah air destilasi atau sering disebut juga air suling yang digunakan untuk air washer. Air suling ini tergolong sama dengan air aki penambah yang memakai botol dengan tutupnya yang diberi warna biru. Sedangkan yang ketiga adalah air yang dicampur dengan teh yang diseduh, sampo atau cairan pembersih piring. Pemilihan tersebut didasari dengan penggunaan pH balance yang perlu diusung oleh air wiper.

Perlu diingat, hindari penggunaan deterjen karena mempunyai sifat yang tidak begitu baik pada kaca mobil. Nantinya akan ada residu yang tertinggal sehingga membuat kaca atau bodi mobil beresiko tumbuh jamur lebih cepat.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan kaca disemprot dengan air wiper

Air wiper dan wiper memudahkan pengendara dalam membersihkan kaca depan mobil

Jadi campuran cairan pembersih atau sampo terbilang efektif untuk menghilangkan lapisan minyak yang terdapat pada kaca mobil. Untuk asal mula timbulnya minyak adalah dari asap knalpot kendaraan mesin diesel yang terkena kaca mobil atau ada serangga yang tertabrak kaca mobil. Akan tetapi hal ini menjadi pilihan terakhir bila sedang bokek atau tidak memiliki cukup uang untuk membeli cairan wiper khusus.

Demikianlah informasi tentang dampak negatif memakai cairan wiper sembarangan dan jenis air wiper. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui
    Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja, bahkan wanita juga banyak yang sudah bisa mengemudi dan memiliki mobil sendiri. Bagi kaum hawa yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda 4 dan ingin mengendarainya terdapat hal yang perlu diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri.

  • Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll
    Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang sudah dibangun banyak jalan tol yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang mempunyai mobil. Dengan melewati jalur tersebut bisa lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan. Meskipun begitu, ada konsekuensinya yakni pengguna jalan harus membayar sesuai yang telah ditentukan. Dalam pembayarannya sekarang sudah praktis yakni menggunakan kartu E-Toll. Pengemudi perlu mengisi kartu E-Toll agar dapat digunakan saat melintasi gerbang tol.

  • Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara
    Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara Abdul Tips & trik mobil

    Saat mengemudi tidak hanya dengan mengandalkan skill saja, akan tetapi mengetahui dan mematuhi rambu yang diberikan juga diperlukan. Memang banyak yang telah mengerti makna dari rambu yang disediakan, namun tidak sedikit pula rambu lalu lintas yang sering dilanggar.