Harap Diperhatikan, Berikut Beberapa Kesalahan Membeli Mobil Melalui Online

17/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Saat ini semuanya dipermudah dengan adanya internet. Bahkan membeli mobil bisa dilakukan di rumah dan melakukannya secara online. Terdapat beberapa keuntungan yang didapatkan seperti proses yang lebih mudah. Namun terdapat beberapa kesalahan membeli mobil melalui online yang kadang dilakukan seseorang.

Jika melakukan kesalahan saat membeli mobil tentunya akan ada kerugian yang harus ditanggungnya. Berikut ini merupakan beberapa kesalahan membeli mobil melalui online yang kadang dilakukan oleh para pembeli sehingga menyebabkan kerugian bagi diri sendiri.

1. Kurang Teliti Ketika Melihat Iklan

Gambar ini menunjukkan situs jual beli online Cintamobil.com

Situs jual beli online Cintamobil.com

>>> Lihat Juga, Jangan Salah, Ini Keuntungan Membeli Mobil Secara Online

Di situs jual beli online banyak beragam jenis mobil yang ditawarkan dengan harga bervariasi. Iklan yang dibuat tentunya sangat menarik supaya dapat menggait konsumen agar membelinya. Jadi salah satu kesalahan yang kadang dilakukan seseorang adalah langsung tergiur dengan hal tersebut.

Sebaiknya Sobat melakukan pemeriksaan dengan teliti, seperti promo yang ditawarkan pada periode apa, masih berlaku atau tidak. Ada syarat dan ketentuan yang diberlakukan atau tidak dan juga kondisi mobil, harga dan lainnya. Tidak lupa pula mencari info terkait pihak penjual, apabila diler mobkas maka bisa memastikan lokasinya dan nomor dapat dihubungi serta unitnya dapat dilihat. Jika perorangan maka usahakan untuk bisa melihat unitnya terlebih dahulu sebelum membeli untuk mengecek kondisi mobil lebih jelasnya.

2. Kurang Dalam Melakukan Perbandingan

Situs jual beli online terdapat banyak jenis kendaraan yang dijual. Bahkan dalam satu model bisa terdiri dari beberapa unit yang ditawarkan. Salah satu kelebihan membeli mobil dengan car aini adalah dapat membandingkan beberapa mobil. Namun kadang kesalahan membeli mobil melalui online adalah sudah tergiur dengan satu produk yang harganya paling murah dan fotonya menarik. Padahal belum tentu mobil tersebut kondisinya bagus.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah ponsel dipegang dengan tangan

Teliti dalam memilih mobil secara online

Alangkah baiknya melakukan perbandingan dulu dengan unit yang lain. Meskipun harganya lebih mahal kadang kondisi mobil lebih bagus dan sudah siap pakai. Namun mobil dengan harga lebih murah bisa saja masih membutuhkan perawatan. Salah satu kerugiannya adalah mendapatkan harga murah dan perlu perbaikan sehingga total biayanya melebihi harga unit mobil yang lebih mahal. Jadi lakukan perbandingan antara unit satu dengan yang lainnya.

>>> Lihat Juga, Apakah Membeli Mobil Bekas Online Lebih Aman?

3. Tidak Peduli Dengan Test Drive

Karena sudah tergiur dengan unit yang ditawarkan sebaiknya jangan langsung deal dan membayar. Salah satu kesalahan pembeli adalah tidak melakukan test drive, padahal ini penting. Karena dengan melakukan test drive bisa mengetahui kondisi, kenyamanan dan masalah yang terdapat pada mobil. Jika kurang berpengalaman dalam hal ini, Sobat bisa mengajak teman atau mekanik terpercaya untuk melakukan pengetesan. Bahkan saat ini ada pihak ketiga yang menyediakan jasa inspeksi mobil bekas.

4. Tidak Menanyakan Riwayat Servis

Masih terkait tentang pembelian mobil bekas, kadangkala pembeli mengabaikan Riwayat servis kendaraan. Karena merasa mobilnya sudah enak dan tidak ada masalah sehingga tidak menanyakan Riwayat servisnya. Memang hal tersebut tidak masalah, namun alangkah lebih baik jika mengetahui service record mobil yang akan dibeli. Dengan mengetahui service record maka akan diketahui komponen yang sudah pernah diganti dan juga yang belum sehingga saat melakukan servis kedepannya bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Tidak Cek Dokumen Resmi

Gambar ini menunjukkan BOKB dan STNK kendaraan

Dokumen palsu bisa merepotkan diri sendiri dan paling fatal berurusan dengan hukum

Kesalahan membeli mobil melalui online adalah kurang dalam mengecek dokumen resmi. Dokumen kendaraan seperti BPKB dan STNK menjadi hal yang sangat penting. Cocokkan dengan kondisi kendaraan seperti warna, tipe, merk dan tahun produksi mobil. Hal lainnya adalah nomor mesin, nomor rangka, jenis transmisi, kapasitas silinder, nomor plat nomor dan hal lainnya. Dengan memastikan sama antara kondisi kendaraan dengan dokumen mobil maka akan aman selama perjalanan dan mobil resmi milik pemilik baru seutuhnya tanpa masalah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International