Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melewati Jalanan Gelap Dengan Mobil

08/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Berkendara dengan mobil memang akan terasa lebih nyaman jika visibilitas terhadap jalan maksimal. Pengemudi dituntut untuk siap dengan segala kondisi jalan baik siang ataupun malam hari. Mungkin kalau di siang hari tidak terjadi masalah, namun saat malam hari dan melewati jalanan gelap maka harus lebih hati-hati.

Jadi saat melewati jalanan gelap kadang tidak tahu apa yang ada di depan. Ditambah lagi baru pertama kali melewati maka harus perlahan karena bisa saja ada tikungan tajam, tanjakan dan turunan. Bahkan kondisi jalanan yang kurang bagus bisa saja ditemui.

Gambar ini menunjukkan mobil putih sedang melaju di jalan sendirian

Jalanan yang sepi dan gelap memiliki beberapa resiko yang bisa saja terjadi

>>> Lihat Juga, Jangan Dipaksakan, Berikut Beberapa Hal Perlu Dihindari Saat Belajar Mengemudi

Di Indonesia sendiri jalanan tidak semuanya mulus dan diaspal. Ada beberapa daerah yang jalan nya kurang bagus, meskipun sudah halus kadang minim penerangan sehingga jalanan jadi gelap. Apalagi kondisi jalanan yang sepi dan jarang ditemui kendaraan yang berpapasan, tentunya hal tersebut bisa membuat tidak nyaman.

Saat melintasi jalanan yang gelap dan minim penerangan resiko terjadinya hal buruk bisa menghantui. Oleh sebab itu, berikut ini ada 4 hal yang perlu diwaspadai:

  • Jalan menikung, tanjakan, turunan dan jalan yang berlubang
  • Mogok karena kerusakan mesin atau kehabisan bahan bakar
  • Tersesat
  • Dihadang oleh penjahat seperti begal dan lainnya

Jika begitu, maka pengendara perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut penjelasannya.

1. Mencermati Keadaan Jalan

Hal pertama yang perlu dilakukan saat melewati jalanan gelap adalah dengan mencermati kondisi jalan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari sesuatu hal yang kadang tidak sesuai dengan perkiraan. Seperti misalnya terdapatnya lubang, tikungan dan lainnya. Saat jalanan gelap kondisi tersebut kadang mengagetkan. Jika tidak berhati-hati maka bisa beresiko menimbulkan kecelakaan tunggal.

2. Berkendara Dengan Tertib

Saat berkendara di jalanan yang terang dan ramai, pengemudi dituntut untuk tertib berkendara. Begitupun saat melintasi jalanan yang gelap dan minim penerangan. Hal ini dilakukan karena dalam kondisi tersebut sangat sulit menebak kondisi jalan di depan. Bahkan kadang ada pengendara lain yang ugal-ugalan sehingga dapat beresiko membahayakan.

3. Tidak Boleh Lalai Selama Mengemudi

Pada saat berkendara jangan sampai lalai, maksudnya adalah pengemudi harus fokus dan berkonsentrasi agar lebih aman. Jadi saat konsentrasi tidak terjaga maka kemungkinan pengendara akan mengemudikan mobil dengan asal-asalan.

>>> Baca Juga, Perhatikan hal Ini Saat Mengemudi Mobil Dengan Muatan Penuh

Gambar ini menunjukkan jalanan gelap dengan 2 garis putih

Jalanan gelap tidak diketahui kondisinya di depan

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

Selain beberapa hal tersebut, saat melewati jalanan gelap diharapkan membawa alat komunikasi seperti smartphone dan bisa menunjukkan posisi sobat secara real time. Dengan begitu saat ada masalah dapat segera menghubungi keluarga atau teman yang dekat dengan posisi sobat.

Beberapa persiapan juga perlu dilakukan, apalagi saat akan melintasi jalanan yang belum pernah dilewati dan tidak tahu kondisinya. Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan.

  • Berdoa sebelum berangkat atau saat akan melintasi jalanan yang gelap
  • Selalu berpikir positif agar energy positif mengalir selama perjalanan dan perjalanan menjadi selamat dan lancar
  • Memastikan kondisi mobil dalam kondisi prima dan semua fitur bekerja dengan semestinya
  • Membawa alat perlindungan untuk jaga-jaga
  • Menyembunyikan barang berharga di tempat yang tidak terlihat dari luar kendaraan
  • Menginformasikan lokasi sobat secara berkala kepada teman atau keluarga
  • Mencari informasi jalan yang akan dilewati, bisa bertanya pada orang di sekitar atau internet
  • Mencermati keadaan dan selalu waspada
  • Mengajak teman untuk menemani agar tidak sendirian selama perjalanan supaya lebih tenang

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan jalanan yang gelap dengan kanan kiri pohon

Persiapan melewati jalanan sepi dan gelap diperlukan supaya aman

Kadang melewati jalanan gelap dan sepi menjadi salah satu langkah yang kurang baik meskipun cepat sampai tujuan. Ada kalanya pengemudi akan merasa lebih baik saat melewati jalanan yang lebih ramai meskipun jaraknya lebih jauh. Utamakan keselamatan dan selalu ingat bahwa keluarga menunggu di rumah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan
    Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan Abdul Tips & trik mobil

    Mencuci mobil untuk hasil maksimal biasanya dibawa ke tempat cuci professional. Dalam hal ini melakukannya dapat 1 bulan sekali, karena jika seminggu sekali maka biaya pengeluaran jadi membengkak. Jika kondisi mobil sudah kotor padahal belum ada satu bulan jangan khawatir. Dari pihak Nissan memberikan tips mencuci mobil ala professional yang dapat dilakukan.

  • Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi
    Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi Abdul Tips & trik mobil

    Salah satu hal bagi pemilik kendaraan yang bisa membuat kecanduan dan terasa mengasyikkan adalah melakukan modifikasi. Hal tersebut dikarenakan mobil yang dimiliki akan mengalami perubahan akibat penambahan aksesoris ataupun perubahan bentuknya. Namun namanya modifikasi tentunya ada efek samping sebagai konsekuensinya. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat beberapa keuntungan mobil standar pabrik jika tidak dilakukan modifikasi.

  • Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo
    Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo Abdul Tips & trik mobil

    Membawa barang bawaan memang menjadi salah satu hal yang perlu bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan persiapan agar saat sampai tujuan bisa melakukan aktivitas dengan lebih sempurna sehingga tercipta kenyamanan. Namun yang perlu diingat adalah mengatur barang di bagasi mobil tidak boleh terlalu tinggi karena berpotensi bahaya.