Garansi Mobil Mitsubishi Juga Bisa Gugur, Ini Yang Harus Diperhatikan

18/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Garansi mobil Mitsubishi dapat gugur karena beberapa hal. Jadi konsumen diharap mengetahuinya supaya nantinya saat melakukan klaim garansi tidak ada penolakan. Pihak Mitsubishi memberikan garansi tentunya untuk menambah kenyamanan dan kepercayaan kepada para konsumennya.

Setiap pabrikan mobil berusaha memberikan kenyamanan kepada pada konsumennya dengan beragam cara, salah satunya adalah adanya garansi. Dari pihak Pt MMKSI (Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia) juga memberikan garansi terhadap produknya. Dengan adanya garansi mobil Mitsubishi maka konsumen lebih merasa nyaman dan meningkatkan kepercayaan.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, karena terdapat syarat dan ketentuan yang diberlakukan dalam garansi. Konsumen perlu memahaminya dan bisa patuh, yang mana di buku pedoman pengguna telah disebutkan terkait garansi mobil.

Berikut beberapa hal yang membuat garansi dari Mitsubishi Gugur yang dilansir dari laman resmi Mitsubishi.

1. Melakukan Servis Berkala Tidak Di Bengkel Resmi Dan Tidak Sesuai Waktunya

Mobil butuh perawatan berkala untuk menjaga performanya. Selain itu, agar garansi kendaraan tetap berlaku maka hal tersebut perlu dilakukan secara berkala. Melakukannya juga tidak boleh sembarangan tapi harus di bengkel resmi. Di bengkel resmi sendiri telah disesuaikan dengan standar dari segi pelayanan, prosedur dan hal lainnya.

Gambar ini menunjukkan beberapa mekanik servis mobil Mitsubishi

Lakukan servis di bengkel resmi Mitsubishi

>>> Lihat Juga, Mengenal Perbedaan Garansi Dan Asuransi Agar Tidak Salah Paham

Dalam melakukan servis berkala diharapkan juga tepat waktu, hal tersebut bertujuan untuk meminimalisir adanya potensi masalah yang dapat terjadi. Jika tidak melakukan perawatan berkala maka garansi bisa gugur dan harus dilakukan di bengkel resmi. Adapun ketentuan terkait hal tersebut bisa melihat buku panduan pengguna dan buku servis yang umumnya didapatkan saat membeli mobil.

2. Menggunakan Suku Cadang Tidak Resmi dan Original

Menggunakan suku cadang original dan resmi akan membuat garansi mobil Mitsubishi tetap terjaga. Suku cadang original mempunyai kualitas yang sudah tidak diragukan lagi dan sudah disesuaikan dengan standar dari pihak Mitsubishi Motors. Adapun berkaitan dengan rincian suku cadangnya yang terkait dengan garansi bisa melihat informasinya pada Service Booklet.

3. Modifikasi Mobil Mitsubishi Diluar Standar

Kadangkala pemilik melakukan modifikasi pada kendaraannya supaya bisa tampil lebih keren dan berbeda dengan yang lainnya. Umumnya modifikasi yang dilakukan dengan melakukan penggantian pada beberapa bagian atau menambah aksesoris. Nah saat melakukan investigasi atau pemeriksaan terkait garansi mobil maka akan dilakukan pencarian sumber masalah. Dalam investigasi didukung dengan sistem komputer dan juga mengikuti prosedur standar, bila ditemukan masalah yang disebabkan oleh modifikasi yang ternyata tidak sesuai dengan standar maka otomatis hal tersebut menggugurkan garansi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan buku pedoman pemilik dan Servis Booklet Mitsubishi Xpander

Baca buku panduan pemilik agar mengetahui tentang syarat dan ketentuan garansi

>>> Baca Juga, Jangan Lupa, Ada Resiko Mobil Jarang Servis Berkala Perlu Diperhatikan

Bahkan merubah bagian bodi, mesin, nomor rangka/mesin ataupun kelistrikan  dan lainnya bisa buat garansi hilang bila tidak dilakukan di bengkel yang tidak resmi.

4. Saat Suku Cadang Masanya Habis Karena Pemakaian Maka Garansi Tidak Berlaku

Adapun hal selanjutnya yang perlu diperhatikan terkait garansi mobil Mitsubishi adalah masa pakai suku cadang. Jadi setiap komponen ada maka pakainya dan dalam waktu tertentu perlu diganti seperti oli, busi, filter oli, ban, V-belt dan lainnya. Sobat bisa melihat buku pedoman pengguna untuk mengetahui komponen apa saja yang masuk garansi.

5. Terjadi Kecelakaan Dan Bencana Alam Yang Menyebabkan Kerusakan

Ketika mobil terkena bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan lainnya atau terjadi kecelakaan maka garansi tidak berlaku. Bahkan saat terjadi benturan atau goresan sehingga membuat permukaan cat jadi rusak juga tidak termasuk dalam garansi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 unit mobil Mitsubishi Xpander

Mobil Mitsubishi sudah tampil menarik meskipun ada yang melakukan tambahan modifikasi

6. Penggunaan Yang Tidak Sesuai

Dalam hal ini kendaraan tidak digunakan dengan semestinya. Jadi penggunaannya tidak sesuai dengan kapasitas, batas kecepatan sesuai aturan dan juga spesifikasi kendaraan. Dengan melakukan pengalihan dari fungsi kendaraan maka garansi resminya akan gugur. Oleh sebab itulah pemilik diharapkan paham terkait ketentuan dari garansi. Dengan begitu kenyamanan bisa lebih dirasakan dan jika ada masalah pada kendaraan bukan karena pemilik bisa melakukan klaim garansi.

Demikianlah informasi mengenai garansi mobil Mitsubishi. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Sobat dan lebih memperhatikan kondisi mobilnya terutama yang masih dalam kondisi baru.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International