Fungsi Spoiler Mobil, Tidak Hanya Sekedar Penambah Sporty Lho!

23/12/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil terdiri dari banyak komponen yang mempunyai fungsi masing-masing. Kadang ada komponen yang sepele namun tidak banyak orang memahaminya seperti spoiler mobil. Lantas apa sebenarnya fungsi spoiler pada mobil?

Kadangkala orang beranggapan bahwa fungsi spoiler mobil hanya sebagai aksesoris tambahan yang membuat tampilan jadi lebih keren. Seperti yang kita tahu, bahwa saat mobil dipasangi spoiler maka aura sporty akan lebih terpancar. Hal tersebut tidaklah salah, tapi ternyata masih ada fungsi lainnya yang berhubungan dengan performa lho!

Gambar ini menunjukkan spoiler pada bagian atap belakang mobil

Spoiler mempunyai beberapa fungsi bagi kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan mengenai fungsi dari spoiler yang terdapat pada kendaraan dlansir dari laman Nissan.co,id.

Fungsi Spoiler Mobil

Spoiler merupakan salah satu bagian pada mobil yang berpengaruh terhadap aerodinamika pada kendaraan. Fungsinya yakni untuk menambah tekanan ke bawah atau downforce pada mobil sehingga gaya angkat yang muncul ketika melaju pada kecepatan tinggi bisa dikurangi.

Jadi gaya angkat mobil dapat menjadikannya melayang dan saat melaju di kecepatan yang cukup tinggi menjadi tidak stabil. Alhasil pengemudi akan kehilangan kontrol terhadap kendaraan. Tidak hanya itu saja, pengendalian mobil juga mengalami peningkatan dengan adanya spoiler. Hal tersebut disebabkan oleh efek aerodinamis yang meningkat dan mempertahankan roda mobil untuk selalu menempel di jalan.

>>> Baca Juga, Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan

Gambar ini menunjukkan spoiler mobil sedan di pintu bagasi

Pemasangan letak spoiler tergantung jenis mobil

>>> Baca Juga, Ini Biaya Yang Harus Dibayar Saat Mengganti Atap Mobil Dengan Kaca

Pada umumnya spoiler ditempatkan di bagian belakang kendaraan. Seperti misalnya pada mobil sedan yang penempatannya di atas pintu bagasi belakang. Sementara untuk mobil yang tidak ada bagasi belakang seperti Hatchback maka spoiler ditempatkan di atap bagian belakang atau tepatnya di atas kaca belakang.

Untuk pemasangan spoiler agar dapat memaksimalkan fungsi spoiler mobil harus diimbangi dengan pemasangan di bagian samping dan juga depan. Karena saat dipasangkan hanya di bagian belakang maka bisa membuat mobil tidak tentu arahnya saat melaju. Bahkan saat mobil melaju kencang maka dapat mengubah haluannya. Untuk spoiler bagian depan penempatannya umumnya di bagian bumper, sedangkan untuk bagian samping ditempatkan pada panel yang berada di bawah pintu baik sisi kanan ataupun kiri.

Tak Boleh Asal Pasang

Soal spoiler sekarang banyak dijual di pasaran dengan harga bervariasi. Bahkan untuk beberapa produsen telah melakukan pengembangan terhadap spoiler sehingga mobil saat melaju dengan kecepatan di atas 100 km/jam maka spoiler akan mengembang. Dengan begitu mobil menjadi lebih stabil ketika sedang melaju.

Bahkan spoiler juga menjadi produk aftermarket dan kerap dipakai untuk melakukan modifikasi. Jadi apabila mempunyai sebuah mobil yang belum dilengkapi dengan komponen tersebut bisa menambahkannya. Tapi dari segi fungsi bisa saja tidak sama dengan spoiler yang didesain oleh pihak pabrikan mobil.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa orang sedang memasang spoiler mobil

Pemasangan spoiler tidak boleh sembarangan

Bahkan saat salah memasang spoiler maka akan ada resikonya. Ketika asal-asalan dalam pemasangan maka bisa menjadi beban bagi kendaraan yang menimbulkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Oleh sebab itu saat berniat melakukan pemasangan dan fungsi spoiler mobil dapat didapatkan maka pasanglah dengan baik dan benar serta melakukannya di tempat yang benar-benar terpercaya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi spoiler mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca