Fitur Auto Lock Mobil Bermasalah, Bisa Jadi Ini Penyebab Dan Solusinya

23/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Auto lock mobil merupakan salah satu bagian kendaraan yang mendukung dalam kepraktisan berkendara. Bagian ini juga bisa mengalami masalah, oleh sebab itu mengetahui penyebabnya sangat diperlukan.

Fitur auto lock mobil dapat berguna untuk memberikan kepraktisan selama berkendara. Untuk mobil yang sudah memiliki fitur smart key maka akan mendapatkan pula fitur pendukung ini. Namun kadang auto lock juga bisa mengalami masalah sehingga membuat pintu tidak dapat mengunci otomatis.

Berikut ini merupakan penyebab dan solusi jika bagian auto lock mengalami masalah.

gambar ini menunjukkan sebuah tangan menarik handle pintu mobil

Membuka pintu manual bisa jadi penyebab auto lock bermasalah

>>> Baca juga, Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti

Penyebab Auto Lock Bermasalah

Berhubungan dengan hal ini dilansir dari laman Auto2000, yang mana untuk kinerja dari fitur tersebut dengan mengandalkan pengendalian otomatis oleh pihak ECU (Electronic Control Unit). Walaupun memakai komponen kelistrikan, akan tetapi tidak selalu bagian kelistrikan yang menjadi penyebab fitur ini bermasalah. Bisa saja penyebabnya adalah di bagian mekanisme nya yang membuatnya tidak dapat beroperasi atau macet.

Adapun salah satu hal yang menjadi penyebab auto lock mobil bermasalah yaitu pengemudi yang telah membuka kunci dengan menggunakan tuas manual. Hal tersebut terjadi karena saling berhubungan dalam penguncian dengan mengandalkan kawat tantara fungsi manual dan otomatis.

Dengan membuka pintu mobil melalui tuas secara manual maka pengoperasian bisa rusak. Hal tersebut disebabkan fungsi otomatisnya harus mendorong selang kawat ke bagian motor walaupun motor dalam kondisi tidak bergerak. Apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus maka akan terjadi keausan pada seling kawatnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan kawat auto door lock pada mobil

Jika kawat yang menuju motor elektrik putus perlu diganti baru

>>> Lihat Juga, Ingin Modifikasi Pintu Gunting Pada Mobil, Ternyata Ini Yang Penting!

Meskipun begitu, hal tersebut bukan menjadi penyebab satu-satunya yang menjadikan fitur auto lock tidak bekerja. Bahkan masalah lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah as motor kotor atau ada masalah kabel putus.

Solusi Mengatasi Auto Lock Mobil Mengalami Masalah

Jadi tidak hanya terdapat pada satu penyebab saja saat auto lock mengalami masalah. Namun jika terdapat masalah pada bagian tersebut maka periksalah pada 3 bagian yang sudah disebutkan sehingga bisa menemukan apa penyebab dan bisa mendapatkan solusi terbaik.

Dalam melakukan pemeriksaan pada bagian kawat penghubung Sobat harus membuka bagian doortrim pintu. Sehingga bisa dilihat apakah masih bekerja atau tidak fungsi auto lock pada kendaraan. Periksalah bagian tuas penutup pintu dan bagian kawat yang menjadi penghubung motor penggeraknya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang remote mobil

Salah satu masalah pada auto lock bisa dikarenakan ECU eror

Jika ternyata kawatnya telah putus maka Sobat perlu melakukan penggantian. Untuk menggantinya bisa sendiri atau membawanya ke bengkel terpercaya. Nah bila menginginkan pemasangan sendiri maka bisa membawa kawatnya ke toko atau bengkel otomotif supaya sesuai saat membelinya.

Meskipun begitu, tidak semuanya harus ganti kawat. Karena saat kawat yang putus ujungnya maka bisa mengulurnya di sisinya. Dengan begitu kawat masih bisa dikaitkan dengan baut yang tersedia. Akan tetapi ada hal yang perlu pertimbangan yakni saat auto lock mobil bermasalah karena sistem komputer yang error. Jika hal tersebut terjadi maka mau tidak mau perlu membawa ke bengkel terpercaya untuk dilakukan penanganan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International