Enggan Ke Bengkel, Berikut Cara Menguras Radiator Mobil Sendiri

08/08/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mesin mobil perlu beberapa pendukung untuk membuatnya bekerja dengan maksimal. Salah satunya adalah radiator dengan fungsi yang penting. Perawatan bagian ini diperlukan seperti menguras radiator mobil.

Radiator mobil merupakan sistem pendingin mesin yang perlu dijaga kondisinya. Jika bagian ini prima maka mesin dapat bekerja dengan baik dan terhindar dari panas berlebih atau overheat. Untuk menjaganya bisa dilakukan dengan menguras radiator mobil salah satunya.

Menguras radiator bisa dilakukan di bengkel, namun bukan tidak mungkin mengurasnya sendiri di rumah. Sebelum masuk pembahasan,  terlebih dahulu kita membahas tentang suhu. Mesin mobil bisa bekerja dengan ideal pada saat suhu mesin berada di angka 85 sampai 95 derajat celcius.

Gambar ini menunjukkan radiator pada mobil

Radiator mobir bertugas mendinginkan mesin mobil

Untuk mencegah temperatur mesin melebihi angka tersebut maka diperlukan radiator mobil. Jadi kembali kami ingatkan untuk selalu menjaga kondisi radiator mobil dengan melakukan penggantian cairan dan pengurasan.

>>> Baca Juga, Agar Mesin Bekerja Maksimal, Jangan Lupa Merawat Radiator Mobil

Langkah Menguras Radiator Mobil

Adapun langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyalakan mobil untuk memanaskan mesin sekitar 5 hingga 10 menit. Adapun tujuannya adalah supaya sistem pendingin bisa bekerja dan endapan dalam radiator bisa dikikis. Dengan begitu ketika radiator dikuras maka kotorannya bisa terbuang. Tapi jangan lupakan untuk memastikan bahwa mobil sudah berada di tempat yang aman.

Gambar ini menunjukkan lubang tempat keluar air radiator mobil

Buka tutup radiator sebelum membuka baut pembuangan air radiator

Kemudian dilanjutkan dengan membuka kap mesin serta membuka tutup radiator. Akan tetapi sebelum hal tersebut dilakukan, pastikan mematikan mesin terlebih dahulu dan mesin dalam kondisi dingin. Apabila kondisi panas bisa  beresiko tutup jadi terpental diakibatkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh uap air panas cairan radiator mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Setelah tutup radiator dibuka dilanjutkan dengan membuat tutup baut pembuangan radiator mobil di bagian bawah. Pastikan cairan di dalam radiator telah keluar sepenuhnya, jika sudah tutup kembali lubang tempat pembuangan dengan baut sebelumnya.

Gambar ini menunjukkan pengisian radiator flush untuk pembersihan radiator

Bersihkan bagian dalam radiator dengan radiator flush

>>> Baca Juga, Cek Selang Radiator Diperlukan Untuk Mencegah Kebocoran

Dilanjutkan dengan mengisi radiator dengan mengandalkan air dan cairan radiator flush. Fungsinya adalah untuk digunakan sebagai pembersih radiator. Setelah terisi penuh mesin dinyalakan dalam waktu 5 sampai 10 menitan. Jika sudah selesai kosongkan kembali radiator seperti tahapan mengeluarkan cairan radiator.

Kemudian isilah menggunakan air radiator khusus yang banyak dijual dipasaran. Jangan lupa mengisi tabung reservoir sampai batas yang telah ditentukan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menguras Radiator Mobil

Tidak hanya soal pengurasan, namun terdapat hal lain yang juga penting.  Hal tersebut yaitu melakukan pemeriksaan pada bagian radiator guna memastikan bahwa radiator mobil bisa bekerja dengan baik. Adapun contohnya seperti selang radiator yang kadang diabaikan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pengisian air radiator mobil

Gunakan cairan khusus radiator dalam pengisian

Tidak hanya itu, cairan radiator juga perlu memilih saat membelinya. Kalau saran pilihlah cairan radiator yang memiliki titik beku rendah dan titik didihnya lebih tinggi  dari air biasa. Tidak hanya soal itu saja, dalam silus penggantian cairan radiator yang ideal adalah setiap 6 bulan sekali. Bila siklusnya berdasarkan jarak tempuh maka bisa dilakukan setiap 80.000 kilometer.  Sobat juga bisa melihat buku manual kendaraan berkaitan dengan interval waktu penggantian.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menguras radiator mobil sendiri. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International