Dapatkan Posisi Mengemudi Mobil Yang Tepat, Ini Yang Harus Diatur

02/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat mengemudi mobil posisi mempunyai pengaruh terhadap kenyamanan selama berkendara. Dengan posisi mengemudi mobil yang tepat maka perjalanan yang dilalui serasa cepat dan tidak mudah merasa Lelah.

Posisi mengemudi mobil memiliki pengaruh terhadap daya tahan seseorang berkendara. Pengendalian mobil yang baik juga dapat dipengaruhi oleh posisi berkendara. Saat semuanya maksimal maka dapat mereduksi resiko terjadi kecelakaan pada saat dalam kondisi darurat.

Berikut ini merupakan beberapa posisi yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil seperti dilansir dari laman resmi Toyota.

1. Jok Mobil

Pada saat mengemudi mobil sebaiknya posisi dari lutut membentuk sudut dengan perkiraan 110 derajat. Dengan posisi tersebut maka akan ideal ketika menekan pedal gas, kopling dan juga pedal rem. Begitupun saat dalam kondisi darurat, pedal rem dapat ditekan sampai habis tanpa perlu melakukan perubahan posisi duduk. Alhasil keseimbangan tidak hilang dan fokus tetap terjaga.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi seseorang mengemudi mobil

Pengaturan jok yang nyaman dapat membuat berkendara lebih lama dan tidak mudah lelah

>>>  Baca Juga, Perhatikan Hal Ini Sebelum Mengubah Cover Jok Mobil

Tidak hanya itu saja, kaki juga terasa lebih rileks, karena saat jangkauan kaki kejauhan ataupun menekuk berlebihan bisa membuat kaki cepat pegal. Posisi punggung juga perlu diperhatikan, pastikan posisinya bisa bersandar dengan baik dan ketinggian jok disesuaikan dengan maksimal jarak pandang. Untuk sandaran punggungnya tidak boleh terlalu rebah karena bisa membuatnya mudah kehilangan kendali dan jika terlalu tegak beresiko mudah mengalami kelelahan.

2. Posisi Kemudi Mobil

Selanjutnya untuk posisi mengemudi mobil yang perlu diperhatikan adalah posisi dari setir mobil. Jangan sampai setir menghalangi pandangan untuk melihat panel instrumen di bagian dashboard. Sobat bisa memanfaatkan fitur yang ada pada kemudi mobil seperti maju mundur dan naik turun. Dengan begitu posisi mengemudi bisa didapatkan dengan nyaman.

3. Posisi Tangan

Selanjutnya adalah posisi tangan,  untuk dapat mengendalikan kemudi mobil dengan optimal bisa menempatkan tangan kanan di arah jam 3 dan tangan kiri di jam 9. Ketika melakukan pengereman posisi jempol ditempatkan di bagian atas sehingga ketika memutar kemudi dengan cepat tidak terjadi cedera. Untuk pengaturan tangannya seperti membentuk sudut 120 derajat dengan posisi tangan menggenggam kemudi mobil. Dengan posisi tersebut akan mudah ketika ingin melakukan manuver.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang kemudi mobil

Posisi tangan yang tepat dapat membuat manuver bisa dilakukan dengan maksimal

>>> Lihat Juga, Cara Menyesuaikan Kaca Spion Mobil untuk Visibilitas Optimal

4. Posisi Headrest

Kemudian posisi headrest yang ideal yaitu pada sisi tengahnya disejajarkan dengan bagian ujung atas telinga. Dengan posisi tersebut maka saat ada benturan frontal  dari sisi depan dan belakang dapat meredam benturan dengan optimal. Kemudian jarak antara headrest dengan kepala kira-kira 10 cm yang berfungsi untuk mendapatkan ruang gerak. Ketika terjadi kemacetan atau istirahat sejenak bisa menyandarkan bagian kepala ke bagian headrest.

5. Spion

Setelah melakukan pengaturan pada 4 bagian di atas, hal terakhir yang perlu diatur posisinya adalah kaca spion. Hal ini berhubungan untuk meminimalkan area blind spot kendaraan sehingga perjalanan lebih aman. Jadi sebelum berkendara aturlah kaca spion samping dan tengahnya supaya saat sudah berjalan konsentrasinya tidak terganggu.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang spion tengah mobil

Pengaturan spion dilakukan sebelum melakukan perjalanan

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengaturan posisi mengemudi mobil. Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan keselamatan berkendara Sobat semuanya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International