Dapat Yang Berkualitas, Begini Tips Memilih Head Unit Bekas Untuk Mobil Kesayangan

23/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Head unit menjadi salah satu fitur pada mobil yang dapat memberikan hiburan. Sehingga kenyamanan bisa didapatkan dengan lebih maksimal. Bila ingin membeli head unit perlu dilakukan pemilihan supaya mendapatkan yang kondisinya baik. Untuk kali ini informasi mengenai tips memilih head unit bekas.

Pada umumnya penggantian head unit dilakukan  karena pemiliknya yang kurang puas dengan perangkat yang telah ada. Sehingga ingin menggantinya dengan yang baru yang lebih lengkap. Memilih head unit bekas bisa dijadikan pilihan, bila pemilihan dilakukan dengan teliti bisa mendapatkan yang berkualitas dan harganya juga terjangkau.

Berikut ini merupakan beberapa tips memilih head unit bekas agar mendapatkan yang kondisinya masih baik.

1. Memeriksa Kondisi Fisiknya

Gambar ini menunjukkan head unit dalam kondisi tidak menyala

Mengganti head unit dengan fitur lebih lengkap dapat dilakukan

Adapun yang pertama yang perlu diperhatikan adalah melakukan pengecekan pada kondisi fisik dari head unit. Lakukan pemeriksaan secara teliti, apakah ada bagian yang pecah atau retak dan hal lainnya. Selain itu, lihat pada bagian bautnya, apakah ada baut yang kosong atau tidak. Ditambah lagi Sobat juga perlu memperkirakan mengenai head unit pernah rusak sebelumnya atau tidak dengan melihat kondisi bautnya. Bila masih bagus tentunya tidak akan ada bekas baut telah dilepaskan. Pemeriksaan juga dilakukan pada kondisi warnanya, apakah masih bagus atau sudah kusam.

>>> Baca Juga, Jangan Salah, Ini Manfaat Memasang Kamera Di Atas Dashboard Pada Mobil Yang Sangat Menarik

2. Kelengkapan Tombol Utuh dan Kondisinya

Ketika melakukan pengecekan fisik head unit sekalian dicek tombol yang ada pada head unit. Tekan semua tombol satu persatu apakah kondisinya masih baik atau rusak. Begitupun huruf atau simbol yang terdapat pada tombol, jika sudah pudar maka bisa membuat bingung pengemudi saat ingin mengoperasikannya. Jadi kalau bisa memilih yang masih ada simbolnya.

Gambar ini menunjukkan serang pria sedang berada di toko head unit

Mengganti dengan head unit bekas harga lebih  terjangkau tapi perlu teliti dalam pemilihan

3. Melakukan Pengetesan

Apabila kondisinya ternyata masih baik dalam segi fisik, maka untuk meyakinkan keadaan head unit adalah dengan mencoba dinyalakan. Hal ini menjadi salah satu hal wajib saat memilih head unit bekas, karena seseorang membeli akan digunakan bukan buat pajangan. Sobat bisa menyuruh pihak penjual untuk menyalakan head unit yang Sobat incar, apabila tidak diperbolehkan maka lebih baik mencari penjual lain.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Mengecek Kondisi Layar

Gambar ini menunjukkan head unit dalam kondisi menyala radio

Pastikan semua fitur pada head unit dapat bekerja dengan baik

>>> Baca Juga, Punya Mobil Lama Tapi Ingin Pasang Kamera Parkir, Bisa Saja!

Setelah head unit dinyalakan Sobat bisa melakukan pengecekan selanjutnya yaitu di bagian layar. Dalam hal ini pastikan semua huruf dan juga gambar menu yang ditampilkan di layar jelas.  Pastikan juga tidak ada noda hitam atau goris hitam pada layar head unit, karena jika ada menandakan bahwa barang sudah pernah terbentur benda atau jatuh. Apabila modelnya touchscreen bisa mencoba mengoperasikan beberapa menu pada head unit.

5. Mencoba Semua Menu Pada Head Unit

Untuk tips memilih head unit bekas yang terakhir adalah dengan mencoba semua menu yang ada pada head unit. Hal ini penting supaya saat digunakan pada  mobil Sobat semua fitur yang terdapat pada head unit bisa dijalankan dengan semestinya. Alangkah baiknya sibat membawa CD, DVD atau USB untuk mencoba mengoperasikannya. Apakah bisa membacanya atau sudah bermasalah, begitupun untuk pembacaan kartu SD Card, fitur Bluetooth dan lainnya juga perlu dilakukan percobaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan menu pada head unit mobil

Mencoba langsung saat membeli head unit bekas untuk memastikan kondisinya

Begitu juga saat head unit yang dipilih menggunakan model lipat otomatis. Pastikan saat dimatikan layar terlipat secara sempurna dan saat dinyalakan akan terbuka kembali. Dengan memastikan semuanya kondisinya baik diharapkan saat memakainya bisa langsung dioperasikan tanpa terjadi masalah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International