Daihatsu Bangga, 60 Persen Produknya Dipakai Oleh Toyota

Posisi merek Daihatsu di Indonesia hampir selalu berada di bawah saudara se-aliansinya, Toyota dalam penjualan produk. Namun, ada satu yang membuat Daihatsu cukup bangga, yaitu kontribusinya terhadap Toyota yang sangat besar. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) menuturkan, sepanjang tahun 2017 total produksi PT ADM mencapai sekitar 506.000 unit mobil.

Selain untuk memenuhi pesanan model andalan Daihatsu dalam negeri, pabrik ADM juga membuat banyak model yang dipakai oleh merek Toyota. Bahkan volumenya lebih banyak dari yang diproduksi untuk merek Daihatsu sendiri.

gambar menunjukkan penampilan jelas Daihatsu Indonesia Badge

Pabrik ADM juga membuat banyak model

Wakil Presiden PT ADM, Sudirman MR di sela-sela peluncuran All New Sirion di sela-sela peluncuran All New Sirion di Gandaria City Mall, Jakarta, Selasa (13/2/2018) menuturkan, dari total produksi tahun 2017, 60 persennya merupakan mobil Toyota yang dipasarkan di dalam negeri maupun di ekspor ke mancanegara. Artinya, sekitar 300.000-an unit mobil atau lebih dari separo yang diproduksi ADM digunakan oleh merek Toyota.

gambar menunjukkan banyak mobil sedang ada di dalam tempat parkir untuk siapkan ekspor

Ekspor Toyota Wigo ke Filipina

Data yang tercatat di Toyota Motor Indonesia Manufacturing diketahui, produksi mobil Toyota yang dipasarkan ke mancanegara meliputi Avanza, Rush, Agya (Wigo), dan Town/Lite Ace jumlahnya sebanyak 82.700 unit. Sedangkan untuk seluruh merek Toyota yang diekspor mencapai 199.600 unit mobil termasuk Fortuner, Vios, Yaris, Kijang Innova, dan Sienta.

“Yang ekspornya bagus, cukup membanggakan itu LCGC Toyota Wigo ke Filipina. Dulu rencananya 500 unit sebulan, saat ini sudah 3.200 unit (per bulan), setahun kira-kira 40.000 unit” kata Sudirman.

Seberapa besar kapasitas produksi di pabrik Daihatsu?

banyak orang perwakilan Daihatsu sedang melakukan foto di samping sebuah mobil Daihatsu Sirga berwarna merah

Pencapaian 5 juta unit produksi Daihatsu di Indonesia dengan Sigra

Sekedar diketahui, tahun 2017 lalu PT Astra Daihatsu Motor mencatatkan rekor luar biasa, yaitu produksi mobil yang ke 5 juta unit sejak tahun 1978. Ini adalah rekor tertinggi yang dicapai produsen mobil di Indonesia. Dari jumlah sebesar itu, tidak semuanya digunakan merek Daihatsu, tapi juga untuk merek Toyota. 49 persen untuk Daihatsu dan 51 persen untuk Toyota.

>>> Baca juga: DAFTAR HARGA DAIHATSU TERBARU

Saat ini ADM memiliki dua pabrik perakitan yaitu di Karawang dan Sunter. Kapasitas total dari dua pabrik tersebut adalah sebanyak 530.000 unit dengan utilitas lebih dari 90 persen.

gambar menunjukkan pemandangan depan pabrik Daihatsu dengan warna putih

Pabrik perakitan Daihatsu di Karawang Jawa Barat

“Kapasitas terpasang, dua shift tanpa overtime itu 530.000 unit per tahun. Tahun lalu kami produksi 506.000 unit, tahun ini ya kita lihat pasarlah. Kalalu memang naik seperti itu (prediksi Gaikindo 1,1 juta penjualan 2018) ya kita lihat, persaingan makin ketat, kami menargetkan produksi 510.000 unit,” tutur Sudirman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate berita mobil terbaru!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ini Lho Plat Nomor Papua
    Ini Lho Plat Nomor Papua Heradiranto Tips & trik mobil

    Provinsi Papua memiliki plat nomor yang sangat khas karena menjadi petunjuk khusus untuk pulau yang terletak di ujung timur Indonesia. Menjadi bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Papua mempunyai catatan sejarah tersendiri.

  • Mari Mengenal Plat Nomor Lampung
    Mari Mengenal Plat Nomor Lampung Anto Tips & trik mobil

    Sebagai bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Lampung menjadi salah satu panduan untuk mengetahui keberadaan di satu lokasi. Tentunya masih banyak lagi kegunaan yang dimiliki oleh plat nomor kendaraan bermotor.

  • Ini Lho Plat Nomor Banten
    Ini Lho Plat Nomor Banten Anto Tips & trik mobil

    Sebenarnya, plat nomor kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu acuan tepat untuk mengetahui lokasi kita saat berada di satu daerah. Supaya tidak bingung, perhatikan dengan cermat plat nomor kendaraan bermotor tersebut.

Harga mobil terbaru

International