Cek Bagian Ini Saat Kaca Samping Pada Mobil Susah Naik Turun

24/08/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil di jaman sekarang sudah tersedia beragam fitur modern dan memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan komponen pada mobil. Salah satunya adalah power window yang berguna untuk memudahkan pengemudi dalam membuka dan menutup kaca samping. Namun hal tersebut bukan berarti tidak bisa terjadi masalah, karena kadang kaca samping pada mobil susah naik turun.

Kaca samping pada Mobil susah naik turun bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang perlu segera diatasi. Dengan begitu dapat kembali bekerja dengan semestinya dan kenyamanan kembali tercipta. Sebelumnya, mengetahui penyebabnya terbilang penting, dengan begitu perbaikan dapat dilakukan dengan benar.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang bisa membuat masalah pada fitur power window.

1. Sekring Mengalami Masalah

Gambar ini menunjukkan mobil dalam kondisi kaca jendela depan dan belakang terbuka

Fitur power window mempermudah pengendara untuk membuka dan menutup kaca jendela

Umumnya yang sering terjadi masalah adalah di bagian sekring. Pengecekan dapat dilakukan dengan mudah begitupun dalam proses penggantian. Akan tetapi apabila telah dilakukan penggantian namun masih bermasalah maka pengecekan bagian lain perlu dilakukan, karena mungkin juga mengalami konslet. Adapun fungsi dari sekering sendiri adalah untuk memutus arus listrik sebagai langkah meminimalisir terjadinya korsleting. Apabila bagian ini mengalami kerusakan maka dapat berakibat power window tidak bekerja dengan semestinya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

2. Sistem Kelistrikan Dan Saklar Power Window Bermasalah

Gambar ini menunjukkan seseorang sdang memperbaiki sistem kelistrikan pada power window

Adanya korsleting pada sistem kelistrikan dapat membuat masalah lebih besar

>>>  Baca Juga, Tips Memperbaiki Rumah Kaca Spion Mobil Rusak

Apabila sekring telah dilakukan penggantian namun tetap tidak ada tanda power window bekerja maka bisa jadi penyebab kaca samping pada Mobil susah naik turun karena kelistrikan bermasalah. Jadi cobalah mengecek sistem kelistrikan di bagian power window dan juga tegangan saklar nya. Apabila tegangannya tidak dalam kondisi normal tapi untuk aki masih bagus, maka yang perlu dilakukan penggantian adalah bagian saklar power window.

Terjadinya kerusakan di bagian saklar bisa disebabkan oleh korsleting sehingga membuat saklar power window jadi terbakar.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Motor Atau Regulator Power Window Lemah

Jika setelah pengecekan tahap nomor 2 kaca samping pada mobil susah naik, maka bisa jadi masalah terjadi pada bagian motor atau regulator power window yang sudah mulai melemah. Tidak hanya itu saja, keausan bagian ini juga bisa terjadi sehingga perlu dilakukan penggantian.

Gambar ini menunjukkan bagian dalam pintu mobil sedang dalam proses perbaikan

Saat ada komponen yang sudah aus sebaiknya segera diganti

Adapun fungsi dari regulator power window adalah untuk menggerakkan kaca yang terhubung pada bagian motor power window depan kaca mobil. Jadi ketika regulator mengalami masalah maka kaca tidak dapat naik ataupun turun. Begitupun saat gerigi yang merupakan penghubung dudukan kaca mengalami keausan.

Dengan melihat beberapa bagian di atas tentunya sudah tahu mana yang perlu dicek dan dilakukan penggantian. Apabila untuk melakukan pengecekan tidak ada waktu, maka Sobat bisa membawanya ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya. Dengan begitu masalah pada mobil Sobat dapat diatasi.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai masalah kaca samping pada mobil susah naik turun. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca