Cara Parkir Mobil Aman Untuk Pengemudi Pemula

13/10/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Pengemudi pemula sering merasa takut dan bingung saat melakukan parkir mobilnya. Alasannya mungkin, belum punya pengalaman memantau keadaan di belakang mobil dan di dua sisi jalan saat melakukan parkir mobilnya, pengemudi pemula sering menyebabkan kecelakaan sendiri Untuk membantu pengemudi pemula menghindari kecelakaan, kali ini, Hargamobil memberikan tips bagaimana memarkir mobil secara aman.

1. Pilih Parkiran Di Sisi Jalan

Bila tempat yang Anda tuju adalah pertokoan, maka sebaiknya Anda pilih pinggir jalan sebagai tempat parkir mobil. Hal tersebut akan lebih memudahkan Anda saat melakukan proses parkir tanpa mengganggu kendaraan dari kedua sisi jalan. Sehingga tidak akan terburu-buru serta semakin gugup karena banyak mobil yang sedang menunggu Anda selesai parkir.

sebuah fotografi close-up lampu senin mobil dalam kegelapan

 Ingatlah menyetir perlahan dan nyalakan lampu sein

Jika Anda sedang mencari tempat parkir yang tepat, ingatlah menyetir perlahan dan nyalakan lampu sein. Dengan cara demikian, pengemudi yang di belakang Anda dan  tukang parkir yang berjaga akan mengetahui bahwa Anda sedang mencari dimana lokasi parkir. Sesudah  Anda telah menemukan tempat parkir yang sesuai, jangan terburu-buru memarkir mobil segera dan  ingatlah mengamati tempat tersebut  sesuai dengan ukuran mobil Anda atau tidak.

2. Buka Kaca Jendela Dan Matikan Audio

Dimanapun tempat Anda parkir mobil, Anda sangat disarankan untuk selalu membuka kaca jendela serta mematikan audio. Dengan cara demikian Anda bisa lebih fokus dengan lingkungan sekitar dan suara tukang parkir yang sedang memberikan instruksi arah parkir bisa terdengar dengan jelas.

Seorang sedang mematikan sistem audio dalam mobilnya sebelum melakukan parkir mobil

Mematikan audio agar bisa fokus lingkungan sekitarnya

Satu hal yang sangat penting lagi yalah harus memperhatikan kondisi di sekitar tempat ruang parkir. Apakah terdapat tiang, garis parkir, gundukan pembatas, kendaraan lain ataupun adanya troli belanja. Jika Anda merasa ragu, jangan malu – malu untuk turun dan mengawasi sekitar parkiran terlebih dahulu.

3. Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion

Pergunakan semaksimal mungkin kaca spion mobil Anda untuk memantau keadaan sekitar dari samping kiri, kanan dan belakang agar terhindar dari kemungkinan ada mobil lain di sekitar Anda. Kaca spion sangatlah penting untuk membantu Anda dalam melakukan parkir mobil. Apalagi ketika Anda akan memarkir mobil mundur di tempat terbatas seperti parkiran mall. Apabila masih ragu dengan jarak yang Anda lihat di kaca spion, jangan malu untuk mengeluarkan kepala mengintip sejauh apa jarak mobil Anda dengan tiang atau mobil lainnya.

Seorang pengemudi sedang mengawasi di belakangnya melalui kaca spion

Memperhatikan pada kaca spion kiri dan kanan Anda

Untuk batas belakang, mobil terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sensor atau kamera mundur. Saat memundurkan mobil di jalan yang lurus Anda tidak bisa menjadikan kelurusan posisi setir sebagai patokan, sebaiknya Anda harus berfokus pada kedua kaca spion sebagai patokan. Utamakan perhatian Anda pada kaca spion kiri dan kanan, sesekali perhatikan juga kaca spion tengah. Jangan berfokus hanya pada kaca spion di salah satu sisi saja.

4. Berikan Jarak Kanan dan Kiri Mobil

Agar memudahkan Anda serta penumpang untuk turun, pastikan ada jarak di kanan dan kiri mobil untuk membuka pintu dan naik turun penumpang. Biasanya di parkiran terdapat garis lahan parkir untuk mobil. Cobalah parkir tepat di tengah lahan tersebut.

5. Amankan Mobil Saat Parkir

Dan setelah Anda parkir mobil dengan sesuai, janganlah lupa untuk selalu mengamankan mobil Anda. Pasang atau tarik tuas rem tangan dengan benar bila Anda parkir di tempat datar. Jika kondisinya menurun, pasang rem tangan serta posisikan transmisi di gigi mundur (R).

Seorang pria yang memakai jam tangan sedang tertarik tuas rem tangan untuk berhenti mobilnya

Jangan lupa pasang rem tangan dan posisikan perseneleng pada gigi 1

Jika kondisi jalanan menanjak, pasang rem tangan dan posisikan perseneleng pada gigi 1. Hal tersebut supaya mobil tidak bergerak sendiri pada saat Anda tinggal. Namun sangat penting untuk diperhatikan, sebelum Anda menyalakan mobil, pastikan terlebih dahulu Anda sudah memindahkan gigi ke posisi netral!

Mudah-mudahan, informasi yang Hargamobil sampaikan ini bisa bermanfaat dan membantu anda jika anda melakukan parkirnya sendiri.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International