Cara Mengoper Gigi Transmisi manual pada Mobil Dengan Mudah

26/02/2018 Abdul Tips & trik mobil

Mobil manual memerlukan perpindahan gigi dalam menjalankannya. Selain itu tipe ini diklaim lebih handal dalam melewati tanjakan ataupun turunan dibandingkan dengan Mobil yang menggunakan transmisi otomatis. Hanya saja untuk menjalankannya sangat perlu untuk mengetahui cara mengoper gigi transmisi. Pengoperan ini dilakukan mulai dari netral lanjut ke gigi 1,2,3,4 dan 5 serta mundur, tergantung berapa percepatan yang dimiliki Mobil tersebut.

Sangat berbeda dengan Mobil transmisi otomatis yang hanya beberapa saja seperti netral, maju dan mundur.

Seringkali kita melihat saat duduk disamping pengemudi Mobil, sepertinya sudah tidak perlu untuk melihat tuas transmisi. pengemudi sudah hafal karena terbiasa mengendalikankendaraan roda 4 tersebut. Namun ternyata bagi yang belum mengetahui cara yang benar akan sulit dan kebingungan dalam memasukkan gigi transmisi Mobil manual. Namun tenang Anda bisa mengetahui cara mengoper gigi transmisi dengan melihat informasinya disini.

gambar menunjukkan sebuah mobil berwarna putih sedang berkendara

Kebingungan dalam memasukkan gigi transmisi Mobil manual

Sebelumnya, melakukan perpindahan gigi transmisi secara tidak aturan dapat merusak komponen mesin. oleh sebab itu jika belum tahu menahu soal ini sebaiknya belajar terlebih dahulu. Cara mengoper gigi transmisi manual pada Mobil bisa Anda lakukan dengan menanyakan langsung pada teman Anda atau bisa melihat informasinya di bawah ini.

Berikut ini merupakan cara mengoper gigi transmisi manual pada Mobil yang bisa Anda hafal dan pelajari.

1. Hal pertama yang perlu diketahui pada transmisi adalah posisi netral. Yang dimana untuk posisi ini berarti kosong dan Mobil berhenti hanya dibantu rem Mobil. Apabila dalam keadaan turun dan mesin mati tanpa ada pengereman maka Mobil bisa melaju dengan sendirinya. Selain itu pada posisi netral tuas transmisi letaknya di tengah. Apabila pedal gas maka tidak akan ada reaksi seperti Mobil berjalan.

Tuas Transmisi Gigi Netral

Posisi netral tuas transmisi letaknya di tengah

2. Selanjutnya adalah memasukkan gigi transmisi 1 setelah kondisi netral. Sebelumnya perlu diketahui bahwa saat melakukan perpindahan gigi transmisi diharuskan untuk menginjak pedal kopling. Untuk memasukkan gigi transmisi 1 setelah posisi netral adalah dengan menekan tuas ke kiri menuju ke depan. Dengan posisi ini maka tuas transmisi manual berada pada posisi 1.

Tuas Transmisi Gigi 1

Memasukkan gigi transmisi 1 setelah kondisi netral

3. Selanjutnya adalah memasukkan posisi 2 dari posisi 1. Untuk posisi 1 sebelumnya telah diberitahukan bahwa letaknya di depan sebelah kiri. Nah untuk memasukkan gigi 2 Anda bisa menahan tetap pada posisi kiri dan ditarik menuju belakang sampai penuh. Namun perlu diingat, bahwa penarikan ini dibarengi dengan menahannya tetap pada posisi kiri.

Tuas Transmisi Gigi 2

Anda bisa menahan tetap pada posisi kiri

>>> Baca juga: WASPADA, INI PENYEBAB MESIN MOBIL CEPAT PANAS

4. Pembahasan selanjutnya adalah Memasukkan posisi 3 dari gigi 2. Yang dimana untuk posisi 2 berada pada bagian belakang sebelah kiri. Untuk memindahkan posisi 3 Anda bisa menarik tuas menuju ke tengah dan ke depan. Jadi posisi gigi 3 berada pada bagian depan tengah.

Tuas Transmisi Gigi 3

Anda bisa menarik tuas menuju ke tengah dan ke depan

5. Setelah posisi gigi 3 yang letaknya di depan tengah, selanjutnya adalah posisi 4. Yang dimana untuk memindahkannya hanya dengan menarik tuas transmisi ke belakang sampai pentok. Jadi letak gigi 4 pada tuas berada di bagian tengah belakang.

Tuas Transmisi Gigi 4

Letak gigi 4 di bagian tengah belakang

6. Tentunya dari posisi gigi 1 sampai 4 sudah paham bukan. Selanjutnya adalah memindahkan gigi pada posisi 5. Untuk gigi 5 tempatnya berada di bagian kanan atas. Nah untuk memindahkannya dari posisi 4 adalah dengan menggeser ke kanan terlebih dahulu dibarengi mendorongnya ke depan. Posisi gigi 5 kebalikan dari gigi 1. Kalau gigi 1 berada di bagian depan kiri, sedangkan posisi 5 di depan kanan.

Tuas Transmisi Gigi 5

Posisi gigi 5 kebalikan dari gigi 1

>>> Mungkin Anda tertarik, DAFTAR HARGA HONDA PADA TAHUN 2018

7. Setelah diketahui letak dari posisi tuas jika memasukkan gigi transmisi dari 1 sampai 5, selanjutnya adalah posisi tuas saat ingin menjalankan Mobil mundur. Tentunya hal ini juga penting saat ingin memarkirkan Mobil atau berbelok di jalan sempit. Pada saat ingin berjalan mundur, Anda bisa memindahkan posisi tuas menuju ke bagian kanan belakang yakni posisi R. Jika sudah dalam posisi R kemudian Anda menancap gas maka Mobil akan berjalan mundur.

Tuas Transmisi Gigi Mundur

Anda menancap gas maka Mobil akan berjalan mundur

Bagaimana? Mudah bukan dalam mengoper gigi transmisi manual pada Mobil. Yang penting saat melakukan perpindahan gigi diperlukan untuk menginjak pedal kopling bersamaan dengan perpindahan gigi. Disamping itu, yang perlu diperhatikan adalah saat pertama menjalankan Mobil diharapkan untuk tidak langsung ke posisi gigi 3 sampai 5. Karena bisa dapat menyebabkan mesin mati dan lebih parah dapat terjadi kerusakan pada bagian mesin.

>>> Berencana untuk membeli mobil Toyota Camry bekas? Mari cek harganya di sini

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International