Cara Mengetahui 1 Liter Bensin Berapa Kilometer Mobil Bisa Jalan

Berbeda kapasitas silinder mobil berbeda pula konsumsi BBM-nya. Lantas bagaimana menghitungnya, untuk 1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan?

1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan, pertanyaan paling dominan tentang konsumsi BBM mobil. Hal itu juga sangat diperhatikan sebelum memutuskan membeli mobil karena bakal berpengaruh terhadap biaya operasional.

Semakin tinggi jarak tempuhnya (Km), semakin hemat biaya yang dikeluarkan. Sebaliknya semakin pendek kilometernya, bakal semakin besar biaya yang dihabiskan saat menempuh perjalanan jauh. Lantas bagaimana cara mengetahuinya?

I. Cara Mengetahui 1 Liter Bensin Berapa Kilometer Mobil Bisa Jalan

Untuk mengetahui konsumsi BBM mobil atau menjawab pertanyaan 1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan bisa menggunakan beberapa cara. Berikut diantaranya:

1. Melihat tabel spesifikasi

Tabel spesifikasi mobil merupakan sekumpulan informasi seputar teknis mobil tersebut. Meliputi dimensi, mesin dan performa, sasis, eksterior, fitur interior, fitur keselamatan, dan fitur keamanan.

Pada tabel mesin dan performa sebagian pabrikan juga mencantumkan informasi konsumsi BBM. Sedangkan sebagian yang lain memilih tidak mencantumkan sehingga Anda harus menggunakan cara lain untuk mengetahuinya.

Pabrikan yang mencantumkan konsumsi BBM pada tabel spesifikasi modelnya antara lain BMW dan Mercedes-Benz. Sebagai contoh berikut konsumsi BBM mobil BMW dan Mercedes-Benz berdasarkan data spesifikasinya:

- BMW Seri 2 Gran Coupé. Dalam kota 7,2 l/100 km atau 13,9 km/l. Luar kota 5,2 l/100 km atau 19,2 km/l. Kombinasi 5,9 l/100 km adalah sama dengan 16,9 km/l.

- BMW X7, Dalam kota 11,5 l/100 km atau 8,7 km/l. Luar kota 8,4 l/100 km atau 11,9 km/l. Kombinasi 9,5 l/100 km atau 10,5 km/l.

- Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC+. Kombinasi 8,4 l/100 km atau 11,9 km/l.

- Mercedes-Benz V-250 Avantgarde Line. Kombinasi 9,4 l/100 km atau 10,6 km/l.

Bisa dilihat konsumsi BBM BMW Seri 2 Gran Coupe ternyata lumayan irit. Bisa mencapai 13,9 km per liter untuk rute dalam kota dan 19,2 km/liter untuk rute luar kota. Sedangkan untuk rute kombinasi bisa menempuh 16,9 km/liter.

Lain halnya dengan BMW X7 yang konsumsi BBM-nya cukup besar. Hanya 8,7 km/liter untuk rute dalam kota, 11,9 km/liter untuk rute luar kota dan 10,5 km untuk rute kombinasi. Namun ini wajar mengingat mesin X7 adalah 3.000 cc. Lebih besar dibanding mesin Seri 2 Gran Coupe yang hanya 1.500 cc.

Angka-angka di atas adalah hasil pengujian yang dilakukan oleh pabrik. Bisa dijadikan acuan, tapi tidak fix. Angkanya bakal berbeda untuk pengujian yang Anda lakukan atau pihak lain.

Melihat tabel spesifikasi

Melihat tabel spesifikasi

2. Melihat hasil pengujian orang lain

Untuk mengetahui 1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan bisa dengan melihat uji konsumsi BBM yang dilakukan orang lain. Sebagaimana sudah lazim saat model baru diluncurkan banyak yang melakukan pengetesan, baik itu individu maupun komunitas. Baik dilakukan secara independen atau lomba irit BBM yang disponsori pabrik.

Misalnya lomba adu irit BBM (Battle of Efficiency) yang diselenggarakan Honda Prospect Motor (HPM) untuk Mobilio bulan November 2009. Lomba tersebut menghasilkan rekor-rekor baru. Juara 1 dari komunitas Mobilio Community (Mobility) mencatatkan angka 28 km/liter. Disusul juara 2 dari Komunitas Mobilio Indonesia (MOI) yang mencatatkan angka 27,2 km/liter. Atas hasil ini, Honda Mobilio mendapatkan status low MPV paling irit BBM.

Mendapatkan hasil yang sama pastinya sangat sulit. Tapi paling tidak bisa jadi referensi dan pertimbangan saat Anda berencana membeli Honda Mobilio. Untuk model lain, Anda bisa melihat uji konsumsi BBM-nya di internet atau di Youtube.

3. Melakukan pengujian sendiri

1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan, Anda bisa mengetahui dengan melakukan pengujian sendiri. Gunakan metode full to full untuk hasil yang lebih akurat, dengan rumus Jarak Tempuh (Km)/Total BBM dihabiskan (Liter). Penerapannya sebagai berikut:

- Pertama; Isi bensin sampai full tank

- Kedua; Catat angka odometer sebelum mulai perjalanan. Atau jika mobil memiliki fitur Trip Meter Anda bisa memanfaatkannya. Reset Trip Meter ke angka 0.

- Ketiga; Lakukan perjalanan sejauh 50-100 km, lalu belok ke SPBU

- Keempat; Catat jarak yang sudah ditempuh menggunakan rumus Odometer Finish – Odometer Start. Atau catat angka yang tertera di Trip Meter.

- Kelima; Isi kembali bensin sampai full tank. Lihat pada dispenser SPBU berapa liter BBM yang masuk, atau minta struk ke petugas.

Setelah lima langkah di atas, terapkan rumus Jarak Tempuh / Total BBM yang masuk. Maka Anda akan mengetahui jarak tempuh yang tercapai di setiap liter bensin. Mudah bukan?

Cara ketiga ini memang lebih ribet dan butuh kesabaran. Tapi Anda bakal mendapatkan hasil yang benar-benar akurat.

1 liter bensin berapa kilometer mobil

Mengukur jumlah bahan bakar yang dikonsumsi oleh mobil

III. Tips agar konsumsi BBM mobil bensin lebih hemat

Terlepas dari pertanyaan 1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan, Anda bisa mengupayakan efisiensi BBM. Yaitu dengan teknik eco driving alias berkendara yang memprioritaskan efisiensi BBM dan meminimalisir risiko kecelakaan. Diantara caranya sebagai berikut:

1. Hindari akselerasi spontan

Akselerasi spontan meningkatkan kecepatan mobil secara spontan pula. Namun cara ini memperbesar konsumsi BBM secara signifikan karena mesin harus bekerja keras menaikkan putarannya.

2. Hindari pengereman mendadak

Pengereman mendadak bikin mesin bekerja keras menurunkan putarannya. Juga memicu akselerasi spontan yang membuat konsumsi BBM meningkat.

3. Jaga rpm tetap rendah

Semakin besar putaran mesin (rpm) semakin besar konsumsi BBM. Jadi Anda usahakan putaran mesin tetap rendah, maksimal 2.000 rpm.

4. Stabilkan kecepatan mobil

Sebaiknya stabilkan kecepatan mobil dan tidak berubah-ubah secara drastis karena mesin harus bekerja keras menyesuaikan.

5. Gunakan gigi transmisi yang tepat

Gunakan gigi transmisi rendah untuk kecepatan rendah dan gigi tinggi saat kecepatan tinggi. Anda bisa melihat batas perpindahannya pada speedometer, atau merasakannya dari getaran dan suara mesin.

6. Tekanan ban jangan kurang

Tekanan ban yang kurang tidak hanya memperbesar risiko negatif, tapi juga berdampak pada pemborosan BBM. Mesin harus bekerja lebih keras karena putaran ban lebih berat.

7. Gunakan AC dengan bijak

Kinerja AC bergantung pada kinerja mesin. Semakin besar putaran AC, kinerja mesin semakin meningkat dan konsumsi BBM semakin besar. Jadi, bijaklah dalam menggunakan. Jika mungkin untuk dimatikan, sebaiknya dimatikan. Misalnya saat melewati kawasan pegunungan berhawa dingin sejuk, Anda matikan AC dan buka kaca jendela agar udara alam yang segar bisa masuk ke kabin.

Tips agar konsumsi BBM mobil bensin lebih hemat

Tips agar konsumsi BBM mobil bensin lebih hemat

>>> Terus ikuti tips dan trik mobil hanya di Hargamobil.com

IV. Kesimpulan

Atas pertanyaan 1 liter bensin berapa kilometer mobil bisa jalan, jawabannya bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lain. Kalau mengikuti kecenderungan, mobil cc kecil lebih irit dibanding mobil cc besar.

Misalnya 1 liter bensin mobil LCGC bisa menempuh jarak lebih jauh dibanding 1 liter bensin pada mobil low MPV atau low SUV. Ini karena kapasitas mobil LCGC hanya 1.200 cc. Sedangkan low MPV atau low SUV kebanyakan bermesin 1.500 cc.

 

FAQ umum

1. Berapa km untuk 1 liter bensin?

Jarak yang bisa ditempuh mobil untuk 1 liter bensin bervariasi. Tergantung kapasitas silinder (cc), teknologi mesin yang digunakan, serta gaya mengemudi.

2. Bagaimana cara menghitung bensin?

Dengan rumus Jarak Tempuh (Km)/Total BBM dihabiskan (Liter) menggunakan metode full to full atau melihat langsung ke Trip Meter di layar MID.

3. Berapa jarak tempuh solar per liter?

Sama dengan mobil bensin, jarak yang bisa ditempuh mobil solar setiap 1 liter bervariasi. Tergantung kapasitas silinder (cc), teknologi mesin yang digunakan, serta gaya mengemudi.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ini Lho Plat Nomor Banten
    Ini Lho Plat Nomor Banten Anto Tips & trik mobil

    Sebenarnya, plat nomor kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu acuan tepat untuk mengetahui lokasi kita saat berada di satu daerah. Supaya tidak bingung, perhatikan dengan cermat plat nomor kendaraan bermotor tersebut.

  • Inilah Plat Nomor Aceh
    Inilah Plat Nomor Aceh Anto Tips & trik mobil

    Plat nomor Aceh menjadi petunjuk identitas khas provinsi dengan julukan serambi Mekkah. Termasuk bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Aceh adalah panduan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi provinsi di ujung utara pulau Sumatra.

  • Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya
    Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya Fat Tips & trik mobil

    Aki mobil Avanza paling recommended memang Toyota Genuine Parts. Meski demikian, ada pilihan lain yang tak kalah bagusnya dengan parts original tersebut.

Harga mobil per merek

Review mobil populer

Harga mobil terbaru

International