Cairan Untuk Bersihkan Mesin Mobil, Ini 3 Jenis Untuk Luar Dan Dalam

14/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Perawatan mobil perlu dilakukan oleh setiap pemilik untuk menjaga kondisinya tetap maksimal. Dalam hal ini meliputi bagian eksterior dan interiornya serta mesin supaya semuanya bekerja dengan baik. Terdapat 3 cairan untuk bersihkan mesin mobil baik bagian luar ataupun dalam.

Cairan untuk bersihkan mesin mobil bagian luar dan dalam terdapat 3 jenis yang dapat diandalkan. Dengan menggunakannya maka kinerja mesin akan tetap baik dan membuat kondisinya lebih awet serta maksimal dalam bekerja.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman Daihatsu. Berikut ini merupakan beberapa jenis cairan yang dimaksudkan:

1. Cairan Engine Conditioner

Gambar ini menunjukkan cairang engine conditioner

Cairan ini dimasukkan ke bagian lubang busi

Cairan ini menggunakan bahan solvent yang bentuknya adalah foam atau busa. Fungsinya sebagai pembersih bagian ruang bakar mesin mobil. Caranya adalah dengan memanfaatkan  lubang busi untuk tempat penyemprotan. Disarankan dalam penggunaan cairan ini, mesin mempunyai suhu yang hangat supaya cairan dapat menguap  lebih cepat. Bahkan ketika panas kerak karbon jadi mudah larut dan kotoran yang terdapat di kepala piston yang mengandung kerak dapat terkikis dan keluar melalui lubang knalpot.

>>> Baca Juga, Enggan Ke Bengkel, Berikut Cara Menguras Radiator Mobil Sendiri

2. Cairan Engine Degreaser

Gambar ini menunjukkan cairan engine degreaser sedang disemprotkan bagian mesin mobil

Cairan Engine Degreaser untuk sisi luar mesin mobil

Cairan untuk bersihkan mesin mobil selanjutnya adalah Engine Degreaser. Bahan yang digunakan pada cairan ini adalah solvent dengan tekstur yang lebih keras. Penyebabnya adalah cairan ini mempunyai tugas  untuk membersihkan kotoran di bagian luar mesin. Bahkan dari segi kemasan menggunakan tabung aerosol. Formulasinya juga unik dan cairan ini akan melarutkan dan mengikat kotoran yang bandel. Untuk pemakaian juga mudah karena tinggal melakukan penyemprotan pada bagian yang terdapat kotoran ketika mesin mobil kondisinya masih hangat dan dilanjutkan dengan pembilasan memakai air bersih.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Cairan Engine Flush

Gambar ini menunjukkan cairan engine flush dimasukkan ke dalam mesin mobil

Cairan Engine Flush prosesnya melalui lubang oli

Adapun cairan terakhir adalah Engine Flush, cairan ini bisa dipakai untuk membersihkan kotoran yang berada di jalur oli dan karter mesin. Untuk penggunaannya tinggal memasukkannya ke lubang oli dan mesin dinyalakan dalam waktu 15 menit. Kemudian dilanjutkan dengan membuangnya melalui tempat pembuangan oli. Dengan kandungan pembersihnya yang tergolong kuat membuat cairan ini dapat membersihkan karbon dan sludge pada ring piston.

Demikianlah informasi mengenai beberapa cairan untuk bersihkan mesin mobil bagian luar dan dalam. Semoga bermanfaat dan bisa membantu Sobat dalam merawat mobil supaya dapat bekerja dengan maksimal.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International