Bukan Hanya Gaya, Memilih Kacamata Hitam Untuk Mengemudi Juga Soal Aman Dan Nyaman

20/02/2020 Abdul Tips & trik mobil

Memilih kacamata hitam untuk dipakai mengemudi mobil harus mempertimbangkan beberapa hal. Tujuannya adalah untuk mendapatkan kenyamanan dan aman digunakan saat mengemudi. Mengingat salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah visibilitas terhadap jalan.

Mengemudi mobil perlu memperhatikan visibilitas terhadap jalan. Tapi ada yang mengemudi dengan memakai kacamata. Hal tersebut tidak masalah, asalkan saat memilih kacamata hitam mendapatkan yang aman dan nyaman. Jadi pemilihannya perlu spesifikasi yang khusus supaya saat dipakai mengemudi tidak membahayakan.

Kacamata hitam biasa dengan kacamata untuk digunakan mengemudi mempunyai fitur yang berbeda meskipun fungsinya sama. Lantas apa saja sih perbedaannya? Daripada penasaran, mari kita simak ulasannya di bawah ini:

1. Fitur UV Protection

Hal pertama adalah fitur UV Protection, yang mana kacamata hitam yang dipakai untuk mengemudi harus memiliki fitur tersebut. Tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya paparan radiasi dari sinar matahari yang terkena mata. Dengan adanya fitur tersebut maka Sobat bisa mengemudi mobil dalam waktu lebih lama di siang hari dan tetap nyaman. Selain itu, untuk mengetahui adanya fitur tersebut bisa dilihat dari label pada kacamata yaitu ada tulisan Progressive Lenses.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mengemudi mobil pakai kacamata

Memakai kacamata saat mengemudi bukan soal gaya saja

>>> Baca Juga, Jangan Gagal Fokus, Lihat Tips Jaga Konsentrasi Saat Mengemudi Mobil

2. Menggunakan Lensa Polarisasi

Kacamata hitam yang dipakai untuk mengemudi mobil juga harus bisa membuat glare atau cahaya silau dihalaunya, Jadi tidak hanya dibekali dengan fitur UV Protection saja. Karena memang kacamata hitam kebanyakan hanya bisa meredam cahaya silau sedikit saja. Tentunya ada perbedaan dengan kacamata yang dipakai untuk mengemudi karena untuk lensa yang digunakan adalah lensa polarisasi.

Jadi untuk polarisasi merupakan salah satu fitur lensa yang bisa dipakai untuk menghindari efek silau secara efektif. Dengan adanya fitur ini maka refleksi terang yang berasal dari cahaya ataupun sorotan lampu depan kendaraan lain dapat dikurangi. Bahkan selain untuk membuat silau berkurang, namun lensa yang dipakai dapat membuat rasa lelah pada mata dikurangi sehingga untuk penglihatan ke depan bisa lebih jelas dan tinggi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Memilih Warna Lensa Yang Tepat

Gambar ini menunjukkan 2 buah kacamata dan seseorang sedang mengemudi pakai kacamata

Siang dan malam hari kacamata yang digunakan berbeda

>>> Baca Juga, Mengemudi Sendiri Di Malam Hari, Begini Tipsnya Agar Aman

Dalam memilih kacamata hitam untuk mengemudi, pemilihan warna lensa diperlukan. Karena pemilihan warna lensa bisa berpengaruh terhadap mata saat melihat warna-warna di jalan raya yang sedang dilewati. Tentunya hal tersebut menjadi sesuatu yang penting karena ketika mengemudikan mobil pengendara perlu melihat rambu-rambu, sinyal, tanda dan lampu lalu lintas.

Namun berkendara kadang siang dan juga malam. Untuk lebih aman nya bisa membeli kacamata 2 jenis, yang satu untuk siang hari dan satunya lagi untuk malam hari. Mengingat intensitas cahaya pada siang dan malam hari itu berbeda. Biasanya untuk kacamata yang dipakai di siang hari lensanya menggunakan warna yang gelap seperti cokelat dan abu-abu. Sedangkan untuk malam hari penggunaan lensa pada kacamata umumnya berwarna kekuningan.

4. Memilih Yang Cocok Dan Nyaman

Pada saat memilih kacamata hitam untuk mengemudi mobil jangan hanya mempertimbangkan hal diatas saja. Akan tetapi kenyamanan juga perlu diperhatikan. Hal tersebut disebabkan, setiap orang mempunyai kecocokan dan kenyamanan sendiri-sendiri. Kadang Sobat sudah cocok dengan kacamata yang digunakan, tapi pengendara lain belum tentu cocok dengan kacamata milik Sobat.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan toko kacamata dengan banyak model

Banyak pilihan kacamata hitam, oleh sebab itus esuaikan dengan kenyamanan dan kecocokan

Jadi pilihlah kacamata sesuai dengan bentuk kepala dan wajah Sobat. Jangan memilih yang terlalu besar atau kecil dan terlalu berat apabila dibandingkan dengan wajah Sobat. Setelah itu, ukuran kacamata juga mempunyai banyak ukuran. Sobat bisa memilih kacamata yang digunakan untuk mengemudi dengan berdasarkan ukuran dari hidung. Pastikan tidak terlalu longgar dan juga tidak terlalu ketat supaya nyaman saat dipakai untuk mengemudi.

Dengan melihat beberapa hal tentang memilih kacamata hitam untuk mengemudi mobil bisa disimpulkan. Bahwasanya untuk penggunaan kacamata tidak hanya untuk gaya-gayaan saja, namun juga bisa mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International