Biaya Servis Membengkak, Perhatikan Tanda Mobil Perlu Diservis

07/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mungkin sebagian dari para pembaca pernah kaget melihat tagihan servis yang cukup besar. Sehingga kadang muncul rasa menyalahkan bengkel tempat melakukan servis. Namun sebaiknya stop dulu menuduh, bisa saja mobil mengalami banyak masalah dan biaya perbaikan menjadi lebih mahal. Dengan begitu, mengetahui tanda mobil perlu diservis perlu diketahui.

Dengan mengetahui tanda mobil perlu diservis maka pengecekan dan perbaikan yang dilakukan tidak akan sampai mengeluarkan biaya yang besar. Hal tersebut disebabkan, perbaikan dini segera dilakukan saat masalah masih kecil. Tapi sebagai pemilik juga harus bijak, apabila sudah merasakan tanda-tandanya segera bawa ke bengkel.

Berikut ini merupakan beberapa tanda mobil perlu segera dilakukan servis:

1. Sulit Menyalakan Mobil Saat Kondisi Panas

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memgang kunci dan akan memutarnya untuk menyalakan mesin

Mengetahui tanda mobil perlu diservis dapat menghindari kerusakan besar

Hal ini terjadi pada saat berkendara jauh sehingga mesin mobil panas. Setelah beristirahat sebentar dan ingin melanjutkan perjalanan ternyata mesin sulit dinyalakan. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kompresi silinder yang terlalu rendah, injector kondisinya kotor, saringan udara tersumbat atau choke bermasalah. Jika nantinya sudah menyala bisa membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan servis.

>>> Baca Juga, Lebih Baik Di Bengkel Resmi Atau Umum Saat Servis Mobil Tua

2. Mesin Susah Menyala Saat Pagi Hari

Untuk masalah ini bisa disebabkan oleh tegangan arus listrik dari aki yang kekurangan atau telah habis. Jadi bisa saja karena aki bermasalah, motor starter kurang maksimal  atau bagian kelistrikan mobil.

3. Mesin Kadang Hidup Kadang Mati

Tanda mobil perlu diservis selanjutnya adalah mesin mobil kadang hidup dan kadang mati sendiri. Apabila Sobat mengalaminya beberapa kali, maka hal tersebut menandakan bahwa ada masalah di bagian injector seperti karena tersumbat atau kotor.

4. Mesin Mobil Mendesis Lembut Dan Juga Keras

Biasanya masalah ini terjadi saat mobil terlalu lama dipanaskan sehingga muncul suara mendesis. Untuk penyebabnya bisa jadi karena selang vacuum yang bocor.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan menanjak dan menikung

Mobil yang diservis berkala secara rutin akan minim terjadi masalah

>>> Baca Juga, Mahal Atau Tidak? Melihat Biaya Servis Mobil Di Bengkel Resmi Suzuki

5.Tenaga Mesin Berkurang Saat Menambah Kecepatan

Jika mengalami mesin seperti kekurangan tenaga saat kecepatan dinaikkan maka bisa jadi masalah ada pada pembakaran. Umumnya hal tersebut dikarenakan BBM yang dipakai mempunyai RON yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

6. Tenaga Mesin Yang dihasilkan Terasa Lebih Lemah Dibanding Sebelumnya

Jika mobil sudah mulai kekurangan tenaga dan berbeda dengan sebelum-sebelumnya ama bisa menjadi tanda mobil perlu diservis. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh regulator tekanan bahan bakar yang mengalami kerusakan atau bisa karena kerenggangan sumbu busi mobil yang terlalu jauh.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

7. Saat Pedal Digas Dan Ingin Meningkatkan Akselerasi Terasa Berat

Gambar ini menunjukkan sebuah kaki menekan pedal gas

Segera lakukan servis jika ada salah satu tandanya pada mobil kesayangan

Apabila mobil sudah mempunyai usia lebih dari 5 tahun maka bisa saja akan mengalami masalah pedal gas yang berat saat diinjak. Bisa saja bagi mereka yang mempunyai uang lebih dapat menjualnya dan mengganti dengan yang baru.

Apabila Sobat merasakan salah satu tanda mobil perlu diservis di atas, maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk segera dilakukan pengecekan dan perawatan. Biasanya akan ada penggantian komponen yang perlu dilakukan supaya mobil dapat kembali bekerja dengan maksimal. Jangan abaikan beberapa tanda di atas, apabila dibiarkan maka bisa membuat masalah semakin besar dan biaya perbaikan nantinya jadi lebih mahal. Selain itu jangan lupa untuk melakukan servis berkala di bengkel resmi.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca