Bertujuan Menghindari Salah Injak Pedal Mobil, Toyota Punya Teknologi Baru

10/02/2020 Abdul Tips & trik mobil

Pedal rem berada di bagian bawah pengemudi dan untuk pengoperasiannya menggunakan kaki. Untuk menekannya memang tidak dengan melihatnya karena sudah fokus terhadap jalanan. Oleh sebab itu resiko salah injak pedal mobil bisa saja terjadi.

Salah injak pedal mobil memang kadang bisa terjadi pada siapa saja. Apalagi saat baru pertama kali belajar mengemudikan mobil. mungkin bagi Sobat yang sudah ahli atau lama mengendarai mobil, hal tersebut jarang dialami. Ditambah lagi, saat keliru dalam menginjak pedal bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Gambar ini menunjukkan bodi belakang dan bodi samping mobil

Salah menekan pedal gas bisa beresiko menyebabkan kecelakaan

>>> Baca Juga, Mengetahui Masalah Pada Kopling Mobil Yang Perlu Diperhatikan

Dalam hal ini Toyota memberikan inovasi untuk menangani masalah tersebut dengan menghadirkan teknologi baru. Teknologi tersebut dipercaya dapat menghindari terjadinya kecelakaan karena salah dalam menginjak pedal gas atau rem. Untuk pengumuman mengenai teknologi barunya tersebut dilakukan pada hari senin tanggal 3 Februari 2020, yang mana teknologi tersebut diberi nama Acceleration Suppression Function (ASF).

Untuk sistemnya dapat bekerja dengan mengandalkan teknologi yang sudah lebih dulu dikembangkan oleh pihak Toyota yang diberi nama Intelligent Clearance Sonar (ICS). Jadi saat melakukan akselerasi dengan cepat maka hambatan ataupun kendaraan lain akan dibantu dideteksi oleh ICS. Hanya saja ICS bekerja tidak dengan mendeteksi objek apapun.

Untuk teknologinya dibagi dalam 3 bidang utama yakni sudut tekanan pada pijakan yang diberikan, kecepatan kendaraan dan juga kecepatan yang berdasarkan dengan tekanan pada pedal akselerator. Apabila ASF mendeteksi adanya kejanggalan yang terjadi pada pijakan berdasarkan tekanan atau sudut maka sistem akan melakukan penolakan terhadap percepatan yang tidak diinginkan oleh pengemudi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

gambar ini menunjukkan 2 buah pedal pada mobil matic

Teknologi baru Toyota Hindari salah menginjak pedal gas

>>> Lihat Juga, 3 Pedal Pada Mobil Transmisi Manual, Ini Fungsi Dan Penjelasannya!

Dalam hal tersebut, pihak Toyota telah memakai beragam data yang telah dikumpulkan pada kendaraan yang berada di dunia nyata. Alhasil ASF diberikan kecerdasan untuk dapat berpikir sendiri. Jadi ASF dapat tahu apakah pengemudi ingin melakukan akselerasi cepat contohnya ketika ingin menyalip kendaraan di depannya.

Pada saat melakukan pengembangan, kecelakaan yang diakibatkan oleh salah injak pedal mobil dilihat oleh pihak peneliti Toyota. Khususnya untuk analisa yang dilakukan pada situasi dimana pedal akselerator pada mobil ditekan secara penuh. Untuk karakteristik dari situasi tersebut terus dilakukan perbandingan dengan data yang telah terkumpul oleh mobil yang terhubung (connected cars) Toyota.

Pada saat ini, mobil yang telah menggunakan ICS terdapat 32 model atau dari seluruh lini produk Toyota adalah 82%. Pada tahun 2018 lalu pihak Toyota telah menghadirkan sistem kontrol akselerasi  pada kendaraan tersebut terhadap salah injak pedal mobil. untuk pemasangannya terdapat pada 12 model yang termasuk dengan 20.300 unit yang telah diberikan teknologi pada tanggal 31 Desember 2019.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Adapun perencanaan mengenai peluncuran teknologi baru dari Toyota tersebut, pertama kali akan dilakukan pada pasar domestic Jepang (JDM) yang mana pertengahan tahun ini  pemasarannya akan dilakukan. Dengan tujuan untuk memberikan keamanan kepada para pengendara, maka sistem tersebut untuk menghindari salah injak pedal mobil digunakan untuk menjadi fitur keselamatan standar. Itulah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International