Bertemu Rombongan Sepeda, Apa Yang Perlu Dilakukan Saat Mengemudi Mobil?

03/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Di era pandemi covid-19 seperti saat ini, bersepeda menjadi hal yang digemari. Tak jarang setiap melintasi jalanan terdapat orang-orang yang santai bersepeda ria. Namun, sebagai pengguna mobil kamu dituntut agar lebih waspada, terlebih ketika bertemu dengan rombongan sepeda yang menggunakan badan jalan.

Sebagai orang yang sudah lama tinggal di Indonesia pasti tau aturan main di negara ini. Kendaraan bermotor diwajibkan untuk melindungi pengguna jalan yang berada di bawahnya seperti pejalan kaki dan pesepeda. Hal ini juga sudah diatur dalam undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 2, yang mengatakan bahwa setiap pengguna kendaraan bermotor wajib mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan mmemegang kemudi mobil

Selalu fokus saat mengemudi dan jangan mudah marah

>>> Baca Juga, Jangan Terpancing Saat Disalip Sopir Ugal-Ugalan, Tetap Berkendara Dengan Aman

Sanksi juga berlaku, pengemudi yang tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki dan pesepeda, bisa terancam pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000. Oleh karena itu, hal yang paling baik kamu lakukan yaitu dengan tertib lalu lintas dan tetap waspada untuk berbagi jalan dengan rombongan sepeda. Berikut ini sejumlah tips dan cara aman saat bertemu rombongan sepeda yang dikutip dari berbagai sumber!

Cara Aman Saat Bertemu Rombongan Sepeda

1. Tingkatkan Fokus

Fokus menjadi kunci saat bertemu rombongan sepeda. Sebelum kamu menyalip rombongan sepeda tersebut perhatikan karakter mereka saat mengendarai sepedanya. Jika rombongan tersebut tertib menggunakan jalan dengan membuat satu barisan, proses menyalip seharusnya lebih gampang dan aman. Apabila ada kesempatan untuk menyalip dengan hati-hati, segeralah lakukan. Dalam hal ini tingkatkan juga fokus dan tidak lalai sedetikpun.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan beberapa pesepeda melintasi jalanan

Sesama pengendara baik itu mobil atau pesepeda harus saling menghormati

>>> Baca Juga, Beberapa Potensi Bahaya Saat Belajar Mengemudi Otodidak, Perlu Diwaspadai

2. Jangan Emosi

Terkadang dalam perjalanan kamu dibuat emosi oleh pengguna jalan termasuk pesepeda yang terkesan seenaknya dan egois. Dalam menghadapi ini sebaiknya amarah dan emosi dikubur dalam-dalam agar tidak membuat keputusan yang salah. Selain itu, jangan melakukan tindakan provokatif yang bisa berujung pertengkaran meski pesepeda tidak disiplin di jalan. Kamu bisa menyalip mereka jika ada kesempatan dan harus disertai dengan hati-hati ya.

3. Beri Klakson Bila Diperlukan

Klakson berfungsi sebagai alarm pengguna jalan ketika kamu sedang dalam tidak biasa, seperti melaju atau menyalip kendaraan agar tidak terjadi kecelakaan. Saat menghadapi rombongan sepeda juga bisa membunyikan klakson bila itu diperlukan. Tekanlah klakson seperlunya dan tidak membunyikan dengan isyarat provokatif, sehingga mereka akan memberi jalan untuk kamu lewati.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan satu pegang kemudi satu tekan klakson

Bunyikan klakson untuk memberi tanda saat akan menyalip

4. Selalu Jaga Jarak Aman

Pesepeda di jalanan biasanya dilakukan secara rombongan dan banyak orang. Selalu jaga jarak aman dari kerumunan pesepeda tersebut, terlebih saat mau menyalip. Sepeda memang lebih gampang dikendalikan apalagi alat yang satu ini tidak dilengkapi oleh kaca spion. Selalu hati-hati dan jaga jarak aman dari mereka. Itulah cara aman saat bertemu rombongan sepeda. Dengan membaca dan menerapkan apa yang ditulis di sini semoga kamu lebih mengerti bagaimana menghadapi mereka.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International