Berniat Membeli Mobil Secara Kredit? Ini Penjelasan Mengenai Lembaga Kredit Mobil

28/10/2018 Abdul Tips & trik mobil

Dalam sistem jual beli kendaraan seperti mobil ataupun motor terdapat 2 pilihan yakni kredit atau cash. Namun di jaman sekarang yang kerap dilakukan dan banyak disukai adalah sistem kredit. Yang mana pembeli dapat membayar tiap bulan dengan besaran yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam model pembayaran tersebut terdapat lembaga kredit mobil yang akan menalangi terlebih dahulu pembayaran kendaraan yang dibeli.

Untuk lembaga kredit mobil yang dimaksud adalah leasing dan bank. Perusahaan leasing terdapat banyak, begitu juga dengan bank. Jadi tinggal pihak diler bekerjasama dengan perusahaan mana dalam melakukan pembayaran yang menggunakan sistem kredit. Untuk cara kerjanya adalah konsumen membeli mobil kemudian pihak diler akan memberikan pilihan beberapa perusahaan untuk membantunya jika menggunakan sistem kredit. Kemudian perusahaan tersebut akan membayar mobil yang dibeli dan pihak konsumen melakukan pembayaran setiap bulan ke pihak leasing atau bank.

Gambar ini menunjukkan 2 orang 1 pria dan 1 wanita sedang melihat mobil

Beli mobil sistem kredit bisa pilih bank atau leasing untuk lembaga pembiayaannya

Akan tetapi hal tersebut tentu ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Kadang saat mengajukan kredit ada yang ditolak karena kurangnya persyaratan yang wajib disediakan atau sudah di blacklist bank Indonesia karena pernah menunggak kredit.

Daripada penasaran, berikut ini merupakan informasi mengenai lembaga kredit mobil yang dapat dijadikan acuan saat ingin meminang mobil dengan sistem kredit.

1. Bank

Pembahasan pertama adalah kredit mobil dengan lembaga pembiayaan bank. Jadi jika sobat semua memilih bank untuk membiayai pembelian mobil, maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kredit via bank mempunyai suku bunga yang cukup rendah dan juga DP yang dibayarkan juga bisa saja rendah.

Gambar ini menunjukkan 3 orang sedang melihat selembar kertas di depan mobil warna putih

Kredit via bank akan lebih kecil suku bunga dan cicilan tiap bulannya

Tidak hanya itu saja, saat sobat mempunyai uang lebih bisa dibayarkan 2 atau 3 kali cicilan. Dengan begitu angsuran bulanan menjadi berkurang dan lebih cepat selesai kreditnya. Namun selain kelebihan yang ditawarkan tentunya ada kekurangannya.

Untuk melakukan kredit via bank harus dihadapkan dengan proses pengurusan yang cukup rumit. Tidak hanya itu saja, beberapa dokumen harus disiapkan dan tidak boleh kurang dari yang telah disyaratkan oleh pihak bank. Bahkan setelah dokumen telah lengkap, akan ada survey ke rumah konsumen untuk memastikan kondisi dan hal lainnya.

>>> Baca juga, Jangan Sampai Melakukannya! Ini Kesalahan Kredit Mobil Bekas Yang Harus Dihindari

Meskipun kelengkapan dokumen dan sudah ada perwakilan bank yang melakukan survey, biasanya konsumen masih harus menunggu beberapa hari untuk mendapatkan kepastian apakah kredit disetujui atau tidak.

2. Leasing

Lembaga kredit mobil selanjutnya adalah leasing. Yang mana untuk pengajuan kredit mempunyai persyaratan yang lebih mudah. Tidak hanya itu saja, dalam prosesnya juga lebih cepat bila dibandingkan dengan kredit mobil via bank. Bahkan dari pihak leasing akan memberikan perwakilannya untuk membantu dalam pengurusan persyaratan baik dokumen dan lainnya yang dibutuhkan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lengkap produk mobil lainnya

Gambar ini menunjukkan sebuah kunci mobil dengan bandol kertas bertuliskan leasing

Kredit via leasing memiliki proses pengurusan dokumen dan persyaratan lain lebih mudah

Meskipun terdapat kemudahan bagi konsumen saat mengajukan kredit, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang mana untuk suku bunga dalam kredit akan lebih tinggi apabila dibandingkan dengan pihak bank. Bahkan kadang juga terdapat beberapa biaya tambahan seperti provisi, asuransi dan lainnya. Jadi setiap kelebihan tentu akan ada kekurangannya.

>>> Klik di sini untuk mendapatkan saran membeli Mobil terbaik

Untuk masalah asuransi pada lembaga kredit mobil via leasing terbilang wajib. Hal tersebut dikarenakan dari pihak leasing mempunyai kepentingan terhadap mobil yang dibeli konsumen. Jadi ketika ada masalah seperti kehilangan, maka akan dapat ganti dari pihak asuransi.

Jika dicontohkan begini, saat mobil hilang maka dari pihak asuransi akan memberikan ganti nilai mobil yang nantinya akan diberikan kepada pihak leasing. Tentunya bukan ke pihak konsumen karena pembayaran penuh ke diler dilakukan oleh pihak leasing. Barulah jika terdapat sisa akan diberikan kepada pihak konsumen.

Jadi setiap lembaga kredit mobil yang menawarkan kemudahan tentu akan ada kekurangannya. Tinggal sobat mau pilih yang mana. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International