Berniat Kredit Mobil, Ini Pengertian Leasing Dan Fungsinya

29/08/2019 Abdul Tips & trik mobil

Bagi Sobat yang pernah membeli mobil secara kredit pastinya sudah tidak asing lagi dengan namanya leasing. Mungkin bagi orang yang baru pertama kali ingin membeli mobil akan bertanya-tanya. Lantas apa sih sebenarnya pengertian leasing dan fungsinya untuk apa?

Leasing merupakan sebuah kata yang asalnya dari Bahasa Inggris yaitu “lease” yang mempunyai makna menyewakan. Apabila dimasukkan dalam dunia perbankan maka pengertian leasing adalah aktivitas pembiayaan oleh pihak perusahaan yang mempunyai bentuk pengadaan atau peminjaman modal dan diatur dalam suatu kesepakatan atau perjanjian tertentu. Kesepakatan yang dimaksud meliputi:

  • Penyewa perlu membayar sewa yang dilakukan secara berkala, umumnya adalah satu kali dalam satu bulan
  • Penentuan masa sewa atau waktu tertentu, contohnya adalah 1 tahun, 2 tahun dan seterusnya
  • Sebuah perusahaan yang merupakan pemakai barang modal mempunyai pilihan untuk member atau menyerahkan barang modal yang telah disewa pada akhir rentang waktu perjanjian

Gambar ini menunjukkan miniatur mobil berada di atas kalkulator

Saat membeli mobil secara kredit umumnya melibatkan bank atau leasing

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Dalam leasing tidak hanya 2 pihak yang terlibat, akan tetapi terdapat 3 pihak yakni Lessor, Lesse dan Supplier.

Lessor merupakan pihak yang mempunyai peran penyandang dana atau pihak yang memberikan pembiayaan. Sementara untuk Lessee adalah pihak yang memakai barang dan yang terakhir adalah Supplier merupakan pihak yang menyediakan barang. Supplier termasuk juga menjadi pihak penyedia jasa asuransi yang dipakai.

Jika dilihat secara umum, pengertian leasing yang diketahui masyarakat luas adalah sebuah mekanisme dalam pembiayaan pada barang tertentu. Yang mana pihak leasing umumnya akan diajukan oleh pemohon baik itu perorangan, perusahaan atau organisasi. Untuk barang yang diajukan biasanya berbentuk sepeda motor, mobil, peralatan kantor mesin pabrik dan lainnya.

Pengajuan kepada pihak leasing umumnya tidaklah sulit dan penyelesaiannya dapat dilakukan dalam waktu yang cepat. Hanya saja pemohon perlu mendatangi kantor cabang yang menyediakan layanan leasing terdekat. Setelah itu pemohon meminta penjelasan  kepada staff leasing yang sedang bertugas.

>>> Baca Juga, Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cap kayu bertuliskan leasing

Saat beli mobil secara kredit pihak sales akan menjelaskan mengenai leasing

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Jika masuk dalam pembelian mobil secara kredit, pengertian leasing adalah sebuah perusahaan yang akan membiayai mobil yang dibeli pemohon. Jadi pihak dealer menerima uang cash untuk pembelian dan pemohon atau pembeli melakukan pembayaran setiap bulan ke pihak perusahaan leasing. Dalam hal ini akan ada persyaratan dan perjanjian yang biasanya akan diberitahukan sebelum melakukan pembelian dan pembiayaan saat membeli mobil secara kredit.

Jadi terdapat beberapa alasan mengapa seseorang mengajukan leasing seperti dana yang terbatas saat membeli barang atau kendaraan secara cash. Jadi untuk pembelian mobil atau sepeda motor leasing banyak dipakai. Di Indonesia sendiri angka pengajuan leasing untuk kepemilikan kendaraan tergolong tinggi. Terdapat beberapa hal yang memang perlu diperhatikan oleh pemohon saat berniat mengajukan leasing.

  • Persyaratan yang dibutuhkan pada saat pengajuan
  • Besarnya suku bunga yang dibebankan
  • Jumlah uang muka yang diwajibkan
  • Jumlah angsuran / cicilan yang harus dibayarkan
  • Jumlah biaya asuransi yang harus dibayarkan
  • Jumlah biaya administrasi yang akan dikenakan
  • Jumlah angsuran pertama yang harus dibayarkan

Pada umumnya untuk kendaraan yang masih dalam masa kredit tergolong belum dimiliki secara penuh. Karena saat kredit macet maka kendaraan akan disita oleh pihak leasing yang menjadi lembaga pembiayaan. Anggapan kebanyakan orang bahwa leasing itu adalah kredit. Akan tetapi sebenarnya terdapat perbedaan diantara kedua istilah tersebut. Jadi untuk kredit merupakan sistem pembayaran sebuah barang atau kendaraan dengan  mengangsur atau pembayaran perbulan dengan perjanjian tertentu.

>>> Baca Juga, Tips Memilih Skema Pembayaran Kredit Saat Beli Mobil

Gambar ini menunjukkan tulisan leasing dan kalkulator

Leasing pada dunia otomotif merupakan lembaga pembiayaan saat beli mobil kredit

Sedangkan untuk pengertian leasing umumnya tertuju pada sebuah lembaga pembiayaan saat melakukan pembelian sebuah barang atau kendaraan dengan sistem kredit. Jadi sampai disini paham bukan mengenai leasing. Jika masih bingung jangan khawatir, karena saat pembelian sebuah kendaraan dengan sistem kredit juga akan dijelaskan mengenai sistem angsuran dan juga lembaga pembiayaannya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca