Berkendara Jarak Jauh, Begini Melawan Microsleep Untuk Keselamatan

06/07/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil memang lebih nyaman dibandingkan harus berkendara menggunakan sepeda motor saat menempuh perjalanan jauh. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah akan ada kendala yang bisa terjadi dan jika tidak waspada dapat beresiko menyebabkan kecelakaan seperti misalnya microsleep. Para pengendara dituntun untuk melawan microsleep supaya tetap aman selama perjalanan.

Timbulnya gejala microsleep biasanya saat melintasi jalan tol, yang mana pengemudi bisa terlena dan kewaspadaan menurun. Hal tersebut karena jalanan yang dilewati cukup mulus dan tidak memiliki banyak tikungan tajam. Alhasil mengemudi terasa lebih nikmat dan terasa lebih nyaman. Hasilnya resiko gejala microsleep bisa timbul kapan saja. Untuk mengatasi masalah tersebut melawan microsleep sangat diperlukan.

Jadi sebelum gejala microsleep menyerang dan bisa membahayakan keselamatan sobat dan keluarga tercinta, alangkah baiknya mengetahui beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian. Dalam hal ini dari kami membagikan beberapa tips berkaitan dengan masalah microsleep.

Gambar ini menunjukkan jalan tol dilihat dari dalam kendaraan

Jalan yang mulus dan jarang tikungan tajam bisa membuat terlena

>>> Baca Juga, Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui

1. Memperhatikan Respon Tubuh

Ketika sedang mengemudi alangkah baiknya memperhatikan respons tubuh kita. Kadang kita saat terkena gejala microsleep kerap melakukan kesalahan yang kecil seperti salah dalam menyalakan lampu sein ataupun terasa sulit ketika menjaga kendaraan tetap di jalur. Sementara untuk mengetahui gejala lain dilihat dari kondisi fisik adalah kelopak mata atau kepala yang terasa berat.

Selain hal tersebut, kadang pengemudi yang terserang gejala microsleep akan kerap menguap dengan durasi yang tidak sebentar. Jika pengemudi mengalami masalah ini maka refleksnya akan menurun secara drastis dan terasa melemah koordinasi antar tubuh. Sehingga menimbulkan keraguan dan terasa sulit untuk mengantisipasi potensi terjadi masalah yang bisa saja terjadi di depan mata.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menguap di dalam mobil

Microsleep bisa membuat fokus pengemudi berkurang

>>> Lihat Juga, Jangan Konsumsi Saat Mengemudi, Berikut Makanan Yang Dapat Membuat Ngantuk

Jika mengalami masalh tersebut alangkah baiknya segera mengatasinya dengan beristirahat sejenak. Bisa juga dengan mampir ke supermarket untuk membeli minuman berenergi atau yang memiliki kafein dan meminumnya agar tubuh kembali segar dan konsentrasi kembali terjaga.

2.  Meningkatkan Kewaspadaan

Selanjutnya untuk melawan microsleep dapat dilakukan dengan meningkatkan kewaspadaan saat pengemudi telah mengendalikan kendaraannya dalam waktu 3 jam. Ditambah lagi saat kerap terjebak dalam kemacetan, tentunya stamina akan lebih terkuras. Jika sudah menempuh 3 jam disarankan beristirahat sejenak atau meminta teman atau keluarga yang bisa mengemudi menggantikan sobat.

3. Berhenti Sejenak Untuk Beristirahat

Pada saat sudah merasa lelah namun ternyata semua orang yang berada di mobil tidak bisa mengemudi maka jalan terbaik adalah dengan berhenti sejenak dan beristirahat. Dalam hal ini disarankan untuk tidur sekitar 30 menit atau secukupnya sampai tubuh kembali fit. Jika bingung bisa beristirahat di rest area yang sudah tersedia di area jalan tol.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang memegang kepala di dalam mobil

Jangan memaksakan berkendaraa saat kelelahan atau mengantuk

Ketika tubuh benar-benar lelah disarankan untuk tidak memaksakan diri. Beristirahat sejenak merupakan salah satu langkah untuk melawan microsleep. Karena kecelakaan yang biasanya terjadi adalah pengemudi terasa kelelahan dan tanpa sadar mobil berpindah jalur sehingga menyebabkan kecelakaan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips melawan microsleep bagi pengemudi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya
    Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Pada saat kita melihat mobil kadang akan tampak sebuah antena yang berpostur kecil panjang dan lentur. Namun untuk mobil sekarang sudah menggunakan beberapa model yang berbeda untuk membuat tampilan lebih menarik dan juga lebih terlihat praktis. Bagi sobat yang ingin melakukan penggantian bagian ini sebaiknya mengetahui jenis antena pada mobil.

  • Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil
    Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa aksesoris yang dipasangkan dengan fungsi tersendiri. Salah satu aksesoris yang mempunyai bentuk sirip ikan adalah shark fin yang letaknya berada di bagian atap mobil. Sebagian orang kadang melihat bagian ini merupakan tambahan belaka agar tampilannya tampak lebih keren. Tapi tahukah sobat, bahwa ternyata fungsi shark fin ternyata tidak hanya itu saja.

  • Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan
    Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa bagian yang unik seperti misalnya bunyi yang muncul saat lampu sein menyala. Suara yang muncul tersebut umumnya adalah tik pada saat menyalakan lampu sein. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat akan berbelok. Yang jadi penasaran adalah mengenai lampu sein berbunyi “tik“ saat diaktifkan.