Berkendara Di Malam Hari Jangan Lupa Atur AC Mobil, Ini Penjelasannya

09/10/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mengemudi mobil tidak hanya dilakukan di siang hari. Kadang seseorang dituntut untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan mobil. Hal tersebut bisa karena beberapa alasan seperti faktor pekerjaan atau hal lainnya. Jika begitu beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan tetap aman dan nyaman, salah satunya adalah atur AC mobil.

Kabin yang nyaman tentu akan membuat perjalanan lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menyalakan AC, apalagi saat berkendara di siang hari dengan cuaca yang panas. Namun ternyata ketika di malam hari, atur AC mobil juga diperlukan.

Gambar ini menunjukkan interior mobil dalam kondisi malam hari

Utamakan keselamatan saat berkendara terutama di malam hari

>>> Baca Juga, Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melewati Jalanan Gelap Dengan Mobil

Jadi terdapat alasan tersendiri mengapa perlu mengatur AC ketika mengemudi di malam hari.

1. Dapat Menyebabkan Kantuk

Jadi saat menyalakan AC di malam hari beresiko pengemudi terserang kantuk. Hal tersebut dikarenakan suhu dingin dari AC dapat menjadi pemicu pembuluh darah untuk melakukan penyempitan. Sehingga asupan oksigen yang menuju ke bagian otak juga berkurang, dengan begitu rasa kantuk akan dirasakan pengendara. Dengan melihat hal tersebut tentunya pengaturan AC mobil diperlukan dan dibuat tidak terlalu dingin. Jadi AC mobil bisa tetap memberikan kenyamanan dan tidak menjadi penyebab rasa kantuk melanda.

“Kenapa bisa mengantuk? Karena suhu dingin dapat memicu pembuluh darah menyempit. Jika seperti ini artinya asupan oksigen untuk membuat otak bekerja juga sedikit sehingga akan banyak mengantuk," ucap Doddy Permadi selaku Head of Provider Management Asuransi Astra.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengupdate Harga Terbaru Mobil Semua Merek Di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memutar knob AC mobil

Saat malam hari pengaturan AC juga diperlukan

>>> Baca Juga, Mengemudi Sendiri Di Malam Hari, Begini Tipsnya Agar Aman

2. Memakai Pakaian Yang Nyaman

Ketika mengemudi di malam hari tidak hanya dalam atur AC mobil saja yang perlu diperhatikan. Penggunaan pakaian yang nyaman juga mempengaruhi kenyamanan selama perjalanan seperti pada tingkat dehidrasi pengemudi. Pakaian yang digunakan disarankan yang tidak terlalu tertutup sekali tapi juga bukan yang terlalu tipis. Sobat bisa memilih pakaian dengan lengan panjang dan juga celana yang panjang juga serta ketebalannya juga tidak berlebih. Dengan begitu kenyamanan didapatkan sekaligus untuk menahan dingin.

3. Jangan Lupa Beristirahat

Selain soal kenyamanan dalam berkendara dengan memakai pakaian nyaman dan atur AC mobil, keamanan juga perlu diperhatikan. Utamakan keselamatan karena memang itu yang utama, jadi ketika menempuh perjalanan jauh diharapkan untuk beristirahat sejenak untuk memulihkan stamina tubuh dan menghilangkan rasa kantuk.

Saat malam hari carilah tempat yang benar-benar aman untuk beristirahat seperti SPBU atau rest area yang tersedia saat melewati jalan tol. Jika terlalu capek dapat mencari penginapan seperti hotel atau tempat lain yang dirasa aman. Karena meskipun telah mengatur AC mobil, tapi saat tubuh terasa capek hembusan angin dari AC yang kecil juga bisa membuat terserang rasa kantuk.

>>> Ingin Membeli Mobil Baru & Bekas? Dapatkan Daftar Lengkapnya Di Sini

Gambar ini menunjukkan 2 mobil dan ada 2 orang di belakangnya sedang berbincang

Carilah tempat yang aman untuk beristirahat

Bila memungkinkan Sobat bisa beristirahat dengan tidur sejenak. Tapi apabila terburu-buru setidaknya regangkan otot pada tubuh sekitar 15 menitan agar kondisi tubuh lebih fit dan aliran darah lancar sehingga rasa kantuk pun hilang. Selain itu, alangkah baiknya saat mengemudi mobil perjalanan jauh mengajak teman untuk mengobrol. Kalau bisa ditemani seseorang yang bisa mengemudi, jadi bisa bergantian selama perjalanan. Jika tidak ada maka beristirahatlah dengan interval 3 sampai 4 jam sekali.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pentingnya atur AC mobil saat berkendara di malam hari. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca