Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?

12/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Saat ini AC menjadi salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Hal tersebut karena dengan adanya fitur tersebut membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Bahkan saat seseorang kerap merasa pusing ketika naik mobil tanpa AC, dengan adanya AC beberapa orang hilang rasa pusingnya. Yang kerap diperbincangkan adalah saat AC mobil mati bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, benarkah?

Seperti yang telah diketahui bersama, penggunaan AC tidak hanya saat kondisi cuaca panas saja. Saat turun hujan juga dapat dimanfaatkan untuk menyesuaikan dengan suhu di luar mobil supaya mengurangi pengembunan di kaca mobil. Namun jika membuat AC mobil mati hanya untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar tentunya sangat disayangkan, karena dari segi kenyamanan berkurang.

Gambar ini menunjukkan tombol AC mobil

Belum ada data kongkrit perbandingan konsumsi BBM dengan mematikan AC mobil

>>> Ini Gaya Mengemudi Yang Bikin Mobil Boros BBM Menurut Rifat Sungkar

Nah berhubungan dengan hal tersebut dari pihak Nami Siregar yang merupakan Kepala Bengkel Auto2000 Tanjung Api-api, Palembang, Sumatera Selatan menyebutkan, bahwasanya memang benar konsumsi bahan bakar akan terpengaruh saat AC mobil dimatikan.

"AC mobil mati selama perjalanan akan berpengaruh dengan konsumsi BBM memang benar. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan AC yang aktif bekerja akan menambah beban mesin saat berputar. Dengan demikian beban mesin pun lebih berat sehingga membutuhkan konsumsi lebih," jelas Raja Nami dilansir dari laman resmi Auto2000.

Akan tetapi yang perhatikan selanjutnya adalah soal perbedaannya. Jadi untuk mobil  keluaran terbaru Toyota dengan penggunaan mesin modern perbedaannya tidak terlalu signifikan antara menggunakan AC mobil dan mematikannya. Dalam hal ini syaratnya adalah perawatan pada mesin mobil dilakukan dengan baik yang membuat kinerjanya tetap dalam keadaan prima. Meskipun begitu, disarankan untuk tetap menyalakan AC mobil selama dalam perjalanan.

>>>  Cara Hemat BBM Pada Mobil Berhubungan Dengan Perilaku Berkendara

Gambar ini menunjukkan layar MID pada mobil dan ada indikator bahan bakar

Jangan korbankan kenyamanan berkendara hanya untuk hemat BBM

Jadi menyalakan AC mobil bukan soal kenyamanan saja dalam mengendarai mobil yang dimiliki. Akan tetapi pada saat tertutup kaca dan AC menyala bisa membuat faktor keselamatan mengalami peningkatan. Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat menyalakan AC mobil maka kaca harus ditutup supaya proses pemberian suhu dingin di kabin bisa maksimal. Dengan begitu keamanan meningkat mengingat saat mobil melaju di jalan tol dan kaca mobil dalam kondisi terbuka bisa berbahaya.

Melihat hal tersebut maka pembahasan mengenai AC mobil mati bisa buat bahan bakar lebih hemat memang benar. Namun soal data kongkritnya dan masih belum ada besaran persen bahan bakar yang dapat dihemat dengan mematikan AC mobil.

>>> Hati-Hati, Ada Dampak Buruk Mobil Isi BBM Oktan Tidak Sesuai

Akan tetapi sangat disayangkan bila mengorbankan kenyamanan hanya untuk membuat bahan bakar lebih irit. Tentunya tidak bisa membayangkan pada saat mengemudi mobil dalam panas terik di siang hari dan tidak menyalakan AC mobil, pastinya kenyamanan akan berkurang secara drastis.

Jika berniat membuat bahan bakar bisa dilakukan dengan cara lain yang lebih efektif menurut kami. Adapun cara tersebut berhubungan dengan perilaku berkendara yakni tidak melakukan manuver terlalu agresif, pengereman secara tiba-tiba dan tidak melakukan akselerasi secara spontan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melaju di jalan tol

Hemat BBM bisa dilakukan dengan perilaku berkendara yang baik

Meskipun begitu, cara lain selain membuat AC mobil mati adalah dengan melakukan servis secara rutin meliputi penggantian oli secara berkala. Dengan servis rutin maka saat ada komponen yang bermasalah beresiko membuat bahan bakar boros bisa diatasi dengan segera dan mesin bisa kembali tetap dalam keadaan prima.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International