Beginilah Cara Melintasi Genangan Air Menggunakan Mobil Biar Aman

02/03/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Pada musim hujan di beberapa daerah sering terdapat genangan air di jalan. Sehingga mengganggu dan membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Saat banyak lubang akan sangat sulit untuk menghindarinya karena terdapat air di dalamnya. Selain itu, masalah tersebut bisa membahayakan jika tetap melintasinya tanpa tahu apakah aman atau tidak. Jika ragu sebaiknya mengambil jalan lain untuk melanjutkan perjalanan dengan lancar. Tapi apakah tidak ada cara melintasi genangan air menggunakan Mobil?

Untuk Cara melintasi genangan air menggunakan Mobil di jalanan terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dengan keyakinan serta konsentrasi ditambah kondisi Mobil yang prima dapat melibas jalanan tersebut dengan lancar. Pada umumnya masalah terjadi apabila kondisi komponen Mobil terdapat salah satu bagian penting yang sudah aus. Seperti misalnya ban Mobil, jika kondisinya sudah tidak baik menjadikan keraguan dalam melibas jalanan yang berlubang. Dikhawatirkan saat melintas tiba-tiba ban bocor atau bahkan meletus akibat terkena bibir aspal yang berlubang atau kerikil di dalamnya. Oleh sebab itu sebelum memutuskan untuk melewati genangan air sebaiknya memastikan dahulu bahwa kondisi Mobil pada tiap komponennya dalam kondisi prima.

Nah untuk cara melintasi genangan air menggunakan Mobil bisa Anda lihat di bawah ini yang dapat dijadikan referensi.

1. Memastikan kondisi Ban Mobil

Sebelum Anda melewati genangan di jalan sebaiknya memastikan kondisi Mobil seperti ban dan lainnya. Apakah ban Mobil dalam kondisi yang baik, jika iya maka Anda tidak perlu khawatir. Namun jika sudah gundul atau waktunya dilakukan pergantian sebaiknya urungkan niat Anda. Karena jika dipaksakan bisa saja ban Mobil menjadi kempes atau meledak karena menghantam bibir aspal yang berlubang.

Gambar menunjukkan seorang pria sedang Memeriksa Kondisi Ban Mobil berwarna hitam

Memeriksa kondisi ban Mobil ebelum melewati genangan air

2. Menganalisa kedalamam genangan air

Tidak hanya pada jalan yang berlubang saja, pada sat banjir Anda juga bisa mendeteksi kedalaman air yang ada di jalan tersebut. Untuk melakukannya bisa dengan melihat Mobil di depan yang telah dahulu melewatinya. Pastikan bahwa ground clearance Mobil Anda mampu melebihi genangan air yang Anda lewati. Jika terlalu dalam dan Anda tidak yakin melakukannya sebaiknya urungkan niat Anda. Namun bila dipastikan aman karena Mobil di depan bisa lancar melewatinya, boleh saja Anda ikut melintasinya dengan mengikuti alur yang dipilih oleh Mobil di depan. Biasanya mereka yang percaya diri karena sudah kerap melewati jalanan tersebut. Namun jika tidak ada Mobil di depan dan jalanan tergenang banjir, Anda bisa melihat patokan trotoar atau tiang listrik dan benda lain di sekitar.

Gambar menunjukkan Genangan air di jalanan setelah turun hujan

Memeriksa kedalaman genangan air di jalan sebelum melewatinya

>>> Mungkin tertarik Dengan Cara Merawat Mobil Warna Putih Supaya Tetap Kinclong

3. Mengambil momen yang tepat

Saat melintasi genangan air atau banjir sebaiknya mengambil langkah yang tepat dan pas. Yang dimana jangan menerjang banjir saat berpapasan dengan Mobil lain, karena hal tersebut akan membuat Anda kesulitan dalam memilih jalan jika jalur yang Anda lewati 2 arah. Jika berpapasan saat melewati genangan maka bisa terdapat gelombang air yang menghantam Mobil Anda. Hal ini kadang bisa berbahaya karena bisa saja terdapat kerikil atau batu yang ikut bersamaan dengan gelombang menghan tam bodi Mobil milik Anda yang berakibat timbul goresan. Adapun momen yang tepat dalam melewati banjir adalah setelah terdapat kendaraan lain melintasinya. Tidak hanya itu, Anda bisa mengikuti serta mengantisipasi jalanan yang dilewati jika lubangnya terlalu dalam.

Gambar menunjukkan Mobil warna putih sedang melewati genangan air

Momen yang tepat melewati genangan air adalah di belakang Mobil lain

>>> Klik di sini untuk membaca Tips dan Trik menarik lainnya

4. Melakukannya dengan benar

Untuk cara melintasi genangan air menggunakan Mobil yang terakhir adalah melakukannya dengan benar. Jadi dalam menerjang banjir atau genangan air sebaiknya melakukannya dengan memasukkan gigi 1. Selain itu dalam melewatinya harus secara perlahan, karena jika terlalu kencang maka gelombang yang dihasilkan juga akan semakin tinggi. Hal ini dapat menimbulkan bahaya tersendiri seperti air masuk ke bagian viital pada mesin Mobil ataupun sistem kelistrikan yang menjadikan kinerja mesin Mobil dapat terganggu.

Gambar menunjukkan sebuah tangan sedang mengoper perseneling mobil

Saat melintasi genangan air pindahkan gigi perseneling pada posisi 1 atau gigi rendah

Demikianlah informasi yang dapat Saya sampaikan tentang melintasi genangan air di jalan dengan aman. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu membaca artikel terbaru dan menarik lainnya di Hargamobil.com.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International