Begini Tips Mengatasi Mobil Mogok Untuk Perempuan

11/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mobil yang tiba-tiba mogok merupakan masalah yang tidak hanya mengganggu pria, namun juga mimpi buruk bagi semua wanita, karena biasanya wanita tidak terlalu paham mengenai persoalan mengatasi mobil mogok.

Pada umumnya langkah yang paling mudah untuk mengatasi mobil mogok dilakukan adalah dengan menghubungi bengkel atau teman pria. Namun, bisa jadi persoalan mogok tersebut diakibatkan dari masalah yang sepele, seperti kehabisan bensin dan lain-lain. Oleh karena itu, meskipun latar belakang kamu sebagai wanita, kamu harus bisa mengidentifikasi kondisi mobilmu sendiri. Mengidentifikasi mobil mogok ini bisa dilakukan dengan cara dan pengetahuan yang sederhana. Langkah tersebut juga dapat membantu kamu agar mobil tidak menjadi lebih parah.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita melihat mesin mobil berasap

Saat mobil mogok di jalan terdapat beberapa bagian yang perlu diperiksa

Cara Mengatasi Mobil Mogok Bagi Wanita

Berikut ini kami sajikan cara menangani mobil mogok untuk wanita:

1. Amati Panel Instrumen

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ketika mobil mogok yaitu dengan mengamati panel instrumen. Cobalah melihat indikator mana yang menyala. Kemudian coba cermati apakah mobil benar-benar mati total ketika distarter. Namun, disarankan untuk melakukan starter tidak lebih dari tiga kali karena dapat merusak motor starter, baterai dan kualitas oli mesin.

Gambar ini menunjukkan panel instrumen pada mobil

Panel instrumen memberikan informasi seputar kondisi kendaraan

>>> Baca Juga, Mobil Mogok Bikin Panik, Sediakan Peralatan Darurat Kendaraan Untuk Penanganan

2. Cek Kabel Aki

Kemudian jika panel indikator mati total termasuk lampu speedometer yang tidak menyala sama sekali ketika diaktifkan. Cobalah untuk membuka kap mesin. Setelah itu, lakukan pengecekan apakah kedua terminal aki baik yang positif (+) dan negatif (-) telah terpasang dengan rapat. Bisa jadi yang membuat mobil mogok adalah kabel aki yang terlepas karena aliran listrik yang terputus.

3. Sekring Mobil

Jika terjadi mobil mogok, jangan ketinggalan untuk melakukan pengecekan pada sekring mobil. Cek sekring box yang terletak pada bagian bawah kap mesin secara menyeluruh  dan memastikan semua masih berfungsi dengan baik tanpa ada satupun yang terputus atau meleleh. Apabila ada yang rusak sebaiknya segera menggantinya agar masalah secara cepat terselesaikan.

4 . Lampu Indikator Oli

Apabila temperatur mesin telah dingin, bisa dilakukan pemeriksaan pada indikator oli. Mobil mogok mungkin terjadi dikarenakan oli mesin yang kurang, cobalah untuk membuka kap mesin pada bagian depan lalu lepaskan batang oli mesin. Jangan lupa untuk memastikan apakah oli terlalu kering dan memerlukan tambahan cairan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan indikator oli pada panel instrumen mobil

Ganti oli secara berkala sesuai rekomendasi pabrikan

>>> Baca Juga, Mobil Mogok di Jalan, Berikut Langkah Jumper Aki Mobil Yang Aman

Penyebab Mobil Mogok Lainnya

Selain soal mengatasi mobil mogok, terdapat beberapa penyebab mobil mogok lainnya yang memang perlu diperhatikan. Namun langkah pencegahan memang lebih baik seperti melakukan perawatan secara berkala dan cek kondisi kendaraan sebelum bepergian.

1. Kopling Yang Hangus

Kopling yang hangus bisa jadi salah satu pemicu mobil mogok. Hal ini ditandai dengan adanya gejala mesin kendaraan yang terlihat sudah tak bertenaga, tidak mampu berjalan cepat dan tidak mampu menanjak. Selain itu, disertai adanya bau yang kurang sedap dari dalam maupun di bawah mobil. Mungkin itu pertanda bahwa mobil kamu mengalami kopling hangus dan perlu perawatan darurat secepatnya.

2. Mesin Yang Overheat

Pada umumnya Overheat terjadi dikarenakan mesin yang terlalu panas. Overheat bisa disebabkan karena air yang berada di dalam radiator yang  berkurang atau habis, hal tersebut bisa terjadi karena lupa mengisi air atau adanya kebocoran. Maka jangan lupa untuk melakukan pengecekan pada beberapa komponen, seperti selang radiator dan sistem pendingin lain di bagian mesin untuk menjaga agar lebih aman. Sebagai pengingat, sangat penting melakukan pergantian selang secara berkala.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menelpon di depan mobil

Jalan terakhir adalah dengan menghubungi emergency road assistance

Itulah cara mengatasi mobil mogok untuk perempuan. Mobil dapat mengalami kerusakan tanpa memberi peringatan, untuk itu lebih baik melakukan pengecekan sebelum berkendara dan jangan panik apabila terjadi mobil mogok. Namun, apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan kamu belum bisa menyelesaikannya, jangan hopeless ya langkah terakhir kamu bisa telpon bantuan, karena saat ini setiap merek mobil sudah memiliki emergency road assistance yang bisa diakses 7 hari 24 jam.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani
    Mengenal Gejala AC Mobil Rusak, Agar Bisa Segera Ditangani Abdul Tips & trik mobil

    Kita semua tentu tak ingin melewati musim kemarau dengan bermacet-macet ria di dalam mobil yang panas tanpa AC. Tetapi ketika menyalakan AC mobil, kita mulai sadar ada yang tidak beres terhadap sistem AC mobil. Entah suaranya yang berisik, aneh, serta mengganggu. Oleh sebab itulah mengetahui gejala AC mobil rusak sangat diperlukan supaya dapat segera ditangani.

  • Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti
    Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Karet pintu mobil juga mempunyai batas pakai. Bila telah lama digunakan, tentunya akan aus juga dan perlu dilakukan penggantian. Beberapa tanda karet pintu mobil perlu diganti dapat diketahui dan perlu segera diatasi, dengan begitu mobil kembali dalam keadaan prima.

  • Waspada, Ini Beberapa Etika Menyalakan Lampu Sein Di Jalan
    Waspada, Ini Beberapa Etika Menyalakan Lampu Sein Di Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Lampu sein (turn signal) merupakan alat yang mengatur komunikasi antar pengendara baik yang menggunakan roda dua maupun roda empat saat ingin berpindah jalur atau belok. Hal ini sudah disepakati secara internasional termasuk Undang-undang yang sudah diterbitkan di tanah air. Selain itu ada etika dalam menyalakan lampu sein saat berkendara di jalan.

International