Begini Tips Memaksimalkan Fitur Audio Mitsubishi Xpander Dengan Mudah

29/04/2019 Abdul Tips & trik mobil

Saat melakukan perjalanan jauh pengendara dan penumpang biasanya akan membutuhkan hiburan. Hal yang umum terdapat pada kendaraan adalah audio mobil. Apalagi saat terjebak kemacetan, tentunya hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menenangkan suasana. Perlu diketahui bahwa terdapat cara untuk memaksimalkan fitur audio Mitsubishi Xpander.

Sebelum masuk penjelasan mengenai cara memaksimalkan fitur audio Mitsubishi Xpander, terlebih dahulu info mengenai perangkatnya. Xpander mempunyai 2 jenis head unit yakni Double Din dengan memakai layar 6,2 inci pada varian Ultimate dan Double Din tanpa mengandalkan layar sentuh yang terdapat pada varian GLS, Exceed dan Sport.

Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan fitur audio Mitsubishi Xpander.

Gambar ini menunjukkan Mitsubishi Xpander warna putih tampak bagian samping

Mitsubishi Xpander salah satu kendaraan yang banyak diminati masyarakat Indonesia

>>> Lihat Juga, Ada Penambahan Fitur Baru Lho, Lantas Berapa Harga Mitsubishi Xpander Saat Ini?

1. Mengenali Komponen Pada Audio Mobil

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengetahui komponen audio yang ada pada kendaraan. Seperti pada head unit yang telah dilengkapi dengan USB Connector, Radio, Aux-in dan MP3/CD Player.

Pada Xpander varian Ultimate mempunyai audio yang lebih lengkap dengan adanya kamera mundur dan juga DVD Player. Fitur lain yang diberikan adalah adanya koneksi menuju smartphone dengan menggunakan teknologi NFC (Near Field Communication). Dengan adanya teknologi tersebut dapat mempermudah penyambungan terhadap head unit dengan hanya menempelkannya saja. Jadi tidak perlu pairing memakai Bluetooth. Dari segi fungsi sama namun untuk caranya terbilang lebih mudah.

Selain itu terdapat pula fitur Voice command yang memiliki fungsi untuk memberikan perintah suara ke smartphone dengan cara menyentuh tombol yang terdapat pada lingkar kemudi. Bahkan dengan fitur ini dapat digunakan untuk menerima panggilan tanpa memegang ponsel atau hands free.

“Model flagship Small MPV Mitsubishi Motors, Mitsubishi XPANDER hadir untuk keluarga Indonesia dengan menawarkan Fitur audio yang sudah dilengkapi dengan MP3/CD Player, USB Connector, Radio, dan Aux-in untuk seluruh varian. Khusus untuk varian Ultimate, selain Bluetooth, consume sudah dapat dengan mudah melakukan koneksi ke smartphone melalui fitur NFC (Near Field Communication), terdapat pula fitur kamera mundur dan Voice Command yang dapat memudahkan aktivitas pengguna XPANDER selama berkendara,” ungkap Boediarto seperti Head of Technical Service & CS Support Department PT MMKSI.

Apabila ingin memutar film dapat dilakukan dengan DVD, untuk formatnya adalah MPEG-2 dan MPEG-4. Hanya saja hal tersebut dapat dilakukan saat mobil berhenti untuk keamanan.

>>> Baca Juga, Harga Mitsubishi Xpander April 2019

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang ponsel didekatkan dengan head unit pada Xpander

Fitur audio menjadi andalan pengendara untuk memberikan hiburan selama perjalanan

Sedangkan pada tipe Sport dan Ultimate menggunakan speaker dengan jumlah 6 buah. Lokasinya berada di 4 sisi pintu depan dan juga belakang, sedangkan 2 lagi letaknya di pilar A yang dijadikan sebagai tweeter.

Pada tipe GLS dan Exceed mempunyai 4 buah speaker yang berada di pintu tanpa adanya tweeter. Namun soal kualitas tetap mumpuni dan tidak kalah dengan varian tertingginya.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Mengatur Equalizer Sesuai Dengan Selera

Selanjutnya untuk memaksimalkan fitur audio Mitsubishi Xpander adalah dengan mengatur equalizer. Untuk varian Ultimate bisa melakukan pengaturan dengan 2 cara. Yang pertama adalah dengan preset equalizer yang bisa dilakukan penyesuaian dengan music yang disukai seperti Pop, Rock, Dance, Jazz dan lainnya. Yang kedua adalah dengan mengatur sendiri preset equalizer sesuai dengan selera. Untuk langkahnya adalah dengan mengatur layar home dan masuk menuju ke Pengaturan suara dan memilih EQ. Setelah itu  memilih Sesuaikan dan selanjutnya aturlah sesuai selera.

Pada Mitsubishi Xpander memiliki equalizer head unit dengan 5 band. Adapun maksudnya adalah penyetelan dapat dilakukan pada 5 frekuensi. Bahkan pada level Subwoofer juga dapat dilakukan penyetelan. Untuk langkahnya terbilang sangat mudah sampai sesuai dengan selera.

Pada varian Sport, GLS dan Exceed juga terdapat equalizer yang dapat mengatur treble, fader, balance dan bass. Dengan begitu pengaturan dapat dilakukan sesuai keinginan sampai benar-benar enak didengar.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

Gabar ini menunjukkan equalizer pada layar xpander yang dapat diatur

Equalizer pada audio Xpander dapat dilakukan pengaturan

Jika ingin mengkoneksikan smartphone menuju port USB dapat memakai kabel USB. Selain itu bisa juga mengandalkan flash disk yang sudah diisikan lagu kesukaan dengan cara mencolokkannya saja.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara memaksimalkan fitur audio Mitsubishi Xpander. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca