Begini Cara Merawat Mobil Daihatsu Xenia Supaya Performa Tetap Terjaga

31/08/2018 Abdul Tips & trik mobil

Daihatsu Xenia adalah salah satu Mobil yang digemari masyarakat semua kalangan. Hal tersebut dikarenakan desainnya yang cukup menarik dengan beberapa fitur di dalamnya yang familiar. Dari segi desain memang terlihat mirip dengan Toyota Avanza, memang untuk segmennya sama-sama berada di mobill MPV 7 penumpang. Lantas bagaimana cara merawat Mobil Daihatsu Xenia? Apakah sama dengan yang lainnya?

Dalam merawat Mobil Daihatsu Xenia harus dilakukan oleh pemilik Mobil. Dengan begitu kondisi Mobil tetap maksimal dan performa yang dimiliki tetap terjaga. Ditambah lagi saat menempuh perjalanan, baik dekat atau jauh akan terasa lebih aman dan nyaman jika kondisi Mobil prima. Karena saat Mobil terasa tidak nyaman, penumpang juga tidak akan betah berlama-lama di dalam Mobil, karena mual ataupun pusing.

Berikut ini terdapat beberapa tips untuk merawat Mobil Daihatsu Xenia.

1. Mengganti oli gardan dan perseneling

Gambar ini menunjukkan Tempat oli garda pada Mobil Daihatsu Xenia

Penggantian oli gardan 6 sampai 12 bulan sekali tergantung pemakaian

Untuk merawat Mobil Daihatsu Xenia yang pertama adalah dengan melakukan pergantian oli gardan dan perseneling. Dalam melakukan pergantiannya memang terbilang cukup lama sekitar 6 sampai 12 bulan. Kok bisa gitu bang? Adapun maksud dari 6 sampai 12 bulan adalah jika Mobil sering digunakan untuk menempuh perjalanan jauh maka direkomendasikan tiap 6 bulan sekali. Namun jika jarang digunakan atau perjalanan yang ditempuh jaraknya dekat bisa dilakukan 12 bulan sekali.

Adapun pergantian yang dilakukan berguna untuk menjaga akselerasi Mobil tetap ringan. Tidak hanya itu, konsumsi bahan bakar juga akan tetap efisien.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

2. Memeriksa tie root, laher roda dan ball joint

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang komponen pada bagian poros roda Mobil Xenia

Bagian kaki-kaki merupakan salah satu bagian yang ikut menjaga kestabilan Mobil saat berkendara

Perlu diperhatikan, untuk Daihatsu Xenia pemeriksaan bagian ini sangat penting. Apabila bagian tersebut mengalami masalah bisa berakibat munculnya bunyi yang mengganggu berasal dari bagian bawah kendaraan. Tentunya masalah tersebut akan mengganggu kenyamanan selama perjalanan. Jadi jika muncul bunyi Anda bisa memeriksa 3 komponen tersebut dengan segera. Jangan biarkan terlalu lama karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar.

Sebagai contoh adalah bagian laher roda, apabila terjadi masalah dan dibiarkan bisa berakibat ban terkikis tidak rata atau botak sebelah.

>>> Mungkin tertarik, Review Daihatsu Xenia R Sporty 2016, Spesifikasi Dan Harga Lengkap

3. Servis secara berkala

Dalam merawat Mobil Daihatsu Xenia, servis secara berkala sangat dianjurkan. Meskipun untuk hal ini berlaku pada setiap kendaraan. Dalam  perawatan biasanya dilakukan setiap Mobil telah mencapai kilometer 1.000 km hingga 20.000 km sekali. Anda bisa membawanya di bengkel resmi ataupun di bengkel langganan yang telah terpercaya. Kalau di bengkel resmi pada umumnya memiliki mekanik yang ahli dan profesional serta telah terlatih.

Gambar ini menunjukkan seorang mekanik Daihatsu sedang mengisikan Oli Mesin Mobil Xenia

Lakukan servis secara berkala agar dapat diketahui sejak dini saat Mobil bermasalah

Bagi Anda pemilik Mobil Xenia kondisi baru, sebaiknya melakukan perawatan di bengkel resmi. Mengingat kenyamanan yang terdapat di dalam Mobil masih prima. Jangan ambil resiko dengan membawa ke bengkel biasa, apalagi biasanya masih ada garansi ataupun binus servis dan oli.

>>> Baca juga, Ternyata Ini Alasan Melakukan Servis Rutin Tiap 10.000 km atau 6 bulan

4. Memperhatikan bagian interior

Bagian interior jangan lupa dilakukan perawatan, jangan terpaku pada bagian luar dan mesin saja. Mengingat bagian interior adalah tempat Anda selama menaiki Mobil, jika tidak nyaman maka membuat Anda tidak betah. Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan melapisi jok dengan bahan kulit atau lainnya sesuai selera.

Gambar ini menunjukkan Jok Mobil Faihatsu Xenia yang telah dilapisi

Perawatan bagian interior Mobil menambah rasa nyaman saat berada di dalamnya

Membersihkan bagian dashboard, karpet, bagasi juga diperlukan. Supaya tidak muncul bau tidak sedap yang dapat mengganggu kenyamanan selama berkendara. Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner untuk pembersihan supaya lebih maksimal. Dengan menggunakan alat ini kotoran akan mudah tersedot dan kebersihan menjadi lebih maksimal.

Plafon Mobil juga jangan sampai dilupakan, karena terpaku di bagian bawah kadang bagian atas menjadi terlupakan. Dalam prosesnya lebih baik dari bagian atas terlebih dahulu yaitu plafon. Setelah itu dilanjutkan menuju bagian bawah yakni jok Mobil dan bagian lantai atau karpet.

Ada cara alternatif yang dapat dilakukan namun membutuhkan biaya yang cukup lumayan. Caranya adalah membawanya ke tukang cuci, dengan begitu Anda bisa hanya menunggu sambil menyeruput secangkir kopi.

Itulah informasi mengenai cara merawat Mobil Daihatsu Xenia supaya tetap prima dan nyaman digunakan. Oh ya satu lagi, jangan merokok di dalam Mobil karena bisa menimbulkan flek yang menempel di bagian plafon Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang review Mobil terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca