Begini Cara Buat Kaca Mobil Tidak Mudah Tertempel Air Hujan Secara Alami

18/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kaca mobil merupakan salah satu bagian yang melindungi pengemudi dan penumpang di dalam mobil tapi tetap bisa melihat ke luar kendaraan. Saat musim hujan ini ada cara untuk membuat kaca mobil mempunyai efek daun talas, sehingga air hujan tidak mudah menempel.

Pada saat mengemudi mobil di kala hujan maka pandangan jadi terbatas dan Kaca Mobil akan tertempel butiran air. Ditambah lagi pada bagian kaca spion yang terdapat butiran air bisa membuat pengemudi melihat sisi belakang kurang jelas dan saat ada kendaraan menyalip tidak terlihat dengan jelas.

Gambar ini menunjukkan butoran air di kaca mobil

Air hujan dapat mengganggu visibilitas berkendara

>>> Baca Juga, Jaga Visibilitas Berkendara, Beberapa Cairan Pembersih Jamur Di Kaca Mobil

Berkaitan dengan hal tersebut dari pihak Wikanto Hasan selaku pemilik salon mobil Glaze Glow Depok dilansir dari laman iNews disebutkan, bahwasanya butiran air yang menempel di kaca karena air hujan dapat dicegah. Untuk caranya dengan mengandalkan obat khusus ataupun produk yang mempunyai efek daun talas.

Jika butiran air tidak dilakukan pengelapan ataupun pembilasan maka butiran air pada kaca beresiko memunculkan jamur dan juga kerak pada kaca yang sulit dihilangkan. Meskipun begitu, pihak Hasan juga menyebutkan bahwa terdapat cara tradisional yang dapat dipakai dan diklaim ampuh mengatasi masalah tersebut. Bahkan bahan yang digunakan untuk menghilangkan butiran air pada kaca mobil terbilang alami, sehingga lebih aman tentunya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pohon pisang dalam jumlah banyak

Bahan alami yang bisa digunakan buat kaca seperti daun talas adalah daun pisang

>>> Baca Juga, Apakah Dapat Diklaim Asuransi Jika Kaca Mobil Pecah Karena Kejahatan?

"Bahannya mudah didapat. Cukup  menggunakan daun pisang muda  kemudian diremas-remas di  dalam air bersih. Setelah itu, gunakan air  remasan daun pisang untuk menyeka permukaan  kaca," ujar Hasan.

Pihak Hasan juga mengklaim bahwa daun pisang mempunyai kandungan yang mirip dengan daun talas. Alhasil air yang terdapat pada kaca akan jatuh dan tidak menempel di kaca. Ditambah lagi daun pisang mudah didapatkan dengan mudah terutama di pedesaan.

Ditambah lagi pihak Hasan menyebutkan, Dia melihatnya menggunakan logika bahwa zaman dahulu orang-orang menggunakan daun pisang untuk melindungi dirinya dari hujan supaya tidak basah. Hal tersebut diterapkan oleh Hasan dan dapat dilakukan pengujian.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan kaca mobil dengan sedikit butiran air

Efek daun talas dapat membuat pengendaraan lebih maksimal

Ketika kaca mobil memiliki efek daun talas, maka air hujan yang terkena kaca akan mudah turun. Berbeda jika kaca tanpa efek tersebut maka akan ada bintik-bintik pada kaca yang mengganggu visibilitas berkendara. Selain itu, jangan lupa pula merawat wiper mobil karena ada hubungan antara kaca depan dengan wiper. Jadi dengan adanya efek daun talas dan wiper bekerja dengan baik maka pengendaraan akan lebih maksimal saat hujan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International