Beberapa Tips Memilih Karpet Mobil Agar Tidak Kecewa

08/09/2021 Abdul Tips & trik mobil

Pada lantai mobil terdapat karpet yang bisa membuat kebersihan tetap terjaga. Selain itu, dengan adanya karpet juga dapat membantu peredaman kabin mobil sehingga bisa tetap nyaman. Dalam memilih karpet mobil terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan.

Ketika membahas mengenai karpet, terdapat beberapa jenis seperti karpet mobil karet, sintetis, PVC dan juga beludru. Jika melihat dari fungsinya terdapat karpet dasar dan pelapis. Tinggal pilih kegunaannya mau untuk apa dan menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Disamping hal tersebut, terdapat tips yang perlu diperhatikan ketika memilih karpet untuk kendaraan yang dimiliki seperti dilansir dari laman resmi Daihatsu.

Gambar ini menunjukkan karpet warna hitam berada di kabin depan

Karpet mobil bisa buat lantai tetap bersih

Tips Memilih Karpet Mobil

1. Memilih Karpet Yang Tidak Bau

Ketika berniat membeli karpet mobil pilihlah yang bagus, salah satu tandanya adalah tidak bau. Dalam hal ini setidaknya bau karpet tidak mengganggu pengendara atau penumpang di dalam mobil.

Pada saat membeli online memang tidak dapat diketahui apakah bau atau tidak. Oleh sebab itu alangkah baiknya membelinya secara langsung dan menciumnya apakah karpet mengeluarkan bau yang tidak disukai atau tidak berbau sama sekali.

2. Memilih Karpet Yang Tidak Licin

Pada saat karpet mobil kondisinya licin tentunya kenyamanan dapat terganggu. Karena karpet licin akan berubah posisi ketika mendapatkan tekanan sedikit berlebih atau saat melewati jalanan yang bergelombang. Dalam hal ini bisa mencobanya secara langsung. Apabila tidak dapat melakukannya maka bisa minta penjual untuk pengetesan apakah karpet licin atau tidak.

3. Memilih Karpet Dengan Pengait Atau Perekat

Karpet mobil yang pas tidak akan mudah bergeser dan tidak juga butuh perekat. Namun apabila karpet tidak pas dengan ukuran kendaraan maka bisa saja bergeser jika tidak ada pengait atau perekatnya.

Karpet mobil dengan perekat membuat karpet tetap terpasang dengan baik dan kotoran tidak akan tumpah ke bagian lantai dasar. Tentunya tidak ingin buka kotoran mengotori lantai dasar karena karpet bergeser.

>>> Baca Juga, Ternyata Manfaat Karpet Mobil Tambahan Sangat Beragam

Gambar ini menunjukkan kabin depan dengan karpet warna gelap

Karpet yang terpasang dengan pas tidak akan mudah bergeser

4. Memilih Karpet Yang Lentur atau Elastis

Dalam memilih karpet mobil selanjutnya adalah yang mempunyai sifat elastis atau lentur. Poin ini terbilang pentung karena karpet yang lentur maka akan lebih awet saat digunakan. Namun jika karpetnya kurang lentur bisa mudah patah atau robek.

Biasanya harga karpet dengan elastisitas yang tinggi lebih mahal dibandingkan dengan karpet rendah elastisitasnya. Jadi meskipun lebih mahal namun lebih awet digunakan.

5. Memilih Motif Yang Tidak Rapat

Karpet mobil dengan motif yang terlalu rapat maka akan lebih sulit dalam proses pembersihannya. Kotoran juga akan lebih mudah menempel dan pembersihannya lebih lama karena perlu ketelitian. Namun jika motifnya lebar maka akan mudah dan cepat dibersihkan.

6. Memilih Warna Yang Netral

Saat membeli karpet kadang tergoda dengan warna yang mencolok. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kesukaan warna tersebut. Namun ternyata saat telah dilakukan pemasangan ternyata hasilnya tidak senada sehingga saat dipasangkan tampak tidak pas. Agar terhindar dari hal tersebut maka lebih baik memilih warna netral untuk mendapatkan hasil yang baik.

Adapun warna netral dapat berupa cokelat, hitam dan warna gelap lain yang bisa membuatnya senada dengan kabin mobil. Ketika memilih warna cerah sebaiknya diperhatikan dengan baik seperti membayangkan perpaduan warna dengan kabin mobil atau  pernah melihatnya di mobil lain.

>>> Baca Juga, Mempunyai Beragam Fungsi Dan Bahan, Ini Beberapa Jenis Karpet Mobil

Gambar ini menunjukkan seseorang memasang karpet mobil

Pemilihan karpet yang tepat buat kabin tampak lebih menarik

 7. Memilih Rekomendasi Ahli Atau Yang Sudah Pernah Dipakai

Ketika memilih karpet mobil bisa mengikuti rekomendasi orang yang ahli. Sobat juga bisa menanyakan kepada teman yang sudah menggunakan karpet mobil. Dengan begitu saat membeli karpet mobil akan mendapatkan yang baik dan pas pada mobil yang dimiliki. Jika ingin aman bisa memilih sesuai karpet mobil yang sebelumnya digunakan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International