Beberapa Tips Memilih Kacamata Untuk Mengemudi Mobil Untuk Visibilitas Lebih Baik

08/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat berkendara di siang hari dalam cuaca panas dan melaju mendatangi sinar matahari maka akan membuat silau. Biasanya bagi pengemudi mobil akan menurunkan sun visor agar bisa berkendara dengan baik. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan memilih kacamata untuk mengemudi mobil.

Ketika berkendara di siang hari dan menghindari silau umumnya para pengemudi mengandalkan kacamata warna hitam. Namun yang perlu diperhatikan adalah, kadangkala pengendara memilih kacamata untuk mengemudi mobil kurang cocok ketika dipakai. Bahkan pada beberapa jenis kacamata malah mengganggu visibilitas dan tak memungkinkan cahaya masuk. Oleh sebab itulah dalam pemilihan kacamata tidak boleh asal-asalan. Jadi terdapat spesifikasi yang khusus agar mata dapat diproteksi dengan sangat baik.

Gambar ini menunjukkan 3 orang di dalam mobil dan 2 orang dewasa pakai kacamata

Penggunaan kacamata untuk dapat melihat jalan dengan baik meski terkena sinar matahari dari kaca depan mobil

>>> Baca Juga, Bukan Hanya Gaya, Memilih Kacamata Hitam Untuk Mengemudi Juga Soal Aman Dan Nyaman

Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih kacamata yang dipakai saat mengemudi mobil.

1. Terdapat Fitur Proteksi

Sun visor pada mobil memang dapat membuat cahaya yang masuk ke dalam kabin mobil berkurang. Hanya saja kadangkala posisi dari sun visor sendiri kurang begitu ideal. Agar paparan sinar matahari dapat berkurang maka sobat bisa memakai kacamata polarized atau anti UV. Jika mata dalam kondisi plus atau minus maka diperlukan kacamata baca namun diberikan kaca yang khusus. Kacamata anti UV dinilai bisa menghadapi silau sinar matahari dan bisa membuat pandangan pengemudi meningkat serta mengurangi resiko kecelakaan dan menjaga waktu reaksi.

2. Pakai Lensa Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Penggunaan kacamata untuk mengemudi mobil juga bisa dipakai dengan resep dokter. Oleh sebab itu tidak terdapat masalah bila sobat menginginkan lensa polarized atau anti UV diperuntukkan pada kacamata rabun jauh. Pengemudi hanya perlu menyesuaikannya dengan lensa kaca mata yang ditujukan pada kebutuhan mata seperti mata silinder atau mata minus.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan 2 kacamata dengan warna berbeda

Pemilihan kaca mata yang tepat bisa membantu pengendaraan lebih baik saat terpapar sinar matahari

>>> Baca Juga, Jangan Gagal Fokus, Lihat Tips Jaga Konsentrasi Saat Mengemudi Mobil

3. Memilih Warna Lensa Yang Tepat

Dalam memilih kacamata untuk mengemudi mobil, pemilihan lensa juga perlu diperhatikan karena memiliki pengaruh terhadap performa pandangan. Ketika mobil dibekali dengan kaca film yang gelap maka lensa yang dipilih lebih berwarna seperti merah muda, biru muda atau coklat muda. Tapi jika kaca film  pada mobil warnanya tidak gelap maka bisa memilih lensa kacamata warna hitam. Tujuan hal tersebut adalah untuk menghindari silau ketika mengemudi mobil.

4. Disesuaikan Dengan Bentuk Wajah

Kalau berhubungan dengan wajah, yang dimaksudkan adalah kacamata bisa berada di posisi yang sempurna. Karena jika tidak pas dengan wajah bisa saja kaca mata turun ke bagian hidung dan merosot. Jika begitu maka pengemudi akan sedikit membungkuk saat berkendara dan cukup mengganggu karena harus sering memperbaiki posisi kacamata.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang mengemudi mobil dengan kacamata

Kacamata juga bisa membuat seorang pengemudi lebih keren dan bergaya

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai memilih kacamata untuk mengemudi mobil. Semoga bisa membantu Sobat dalam menjaga keselamatan selama berkendara.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International