Beberapa Tips Membeli Ban Mobil Baru Untuk Kenyamanan

08/06/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ban merupakan alat yang menjadi pondasi atau penahan seluruh komponen dan mesin mobil. Walaupun terlihat sederhana, ban dapat mempengaruhi performa dan kenyamanan pengemudi. Mau sebaik dan semahal apapun mobil jika ban bermasalah dapat menimbulkan ketidaknyamanan. Nah, dengan begitu membeli ban mobil baru perlu beberapa hal yang diperhatikan.

Kalau dilihat dari fisik, tampilan ban terlihat sederhana yang didominasi oleh karet. Namun, bahan-bahan di dalamnya jangan dianggap sepele. Ban memiliki komponen antara lain casing, tread, sidewall, breaker, belt dan bead. Setiap bagian ini memiliki fungsi masing-masing dan saling berhubungan dan mendukung.

Dengan memiliki berbagai macam jenis, memilih ban bukan hal yang sederhana kelihatannya. Selain cermat dan teliti, kamu juga harus memiliki banyak referensi tentang ban. Termasuk juga aktif berkonsultasi dengan mekanis bengkel sebelum membeli.

Gambar ini menunjukkan banyak ban mobil dalam kondisi baru ditata berjejer

Utamakan kualitas dan sesuaikan dengan kebutuhan saat beli ban baru

>>> Baca Juga, Masih Masa WHF, Begini Cara Mencegah Ban Mobil Rusak Karena Flat Spot

Karena banyak orang yang masih bingung saat memilih ban untuk kendaraannya, berikut tips membeli ban mobil yang kami sadur dari berbagai sumber.

Tips Membeli Ban Mobil Baru

1. Cermat Memilih Ban Sesuai Dengan Jenis Mobil

Setiap ban memiliki kode unik yang menunjukkan penggunaan ban yang disesuaikan dengan jenis mobil. Huruf P menunjukkan bahwa ban itu dibuat untuk mobil komersial atau penumpang. Kemudian LT dibuat untuk truk yang bermuatan sedang, dan ST untuk truk bermuatan berat. Huruf T untuk ban cadangan pada mobil, sedangkan huruf R untuk mobil-mobil berjenis radial.

2. Memilih Sesuai Ukuran Ban

Setelah jenis ban, cermat juga memilih ukuran ban yang akan dibeli. Biasanya kode ukuran ban berdekatan dengan kode jenis ban mobil. Angka ukuran ban biasanya disesuaikan dengan ukuran velg pada mobil. Pastikan kamu memilih ukuran ban yang tepat, karena kalau berukuran terlalu kecil atau besar maka akan membuat tidak nyaman ketika dikendarai.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang ban mobil

Ukuran ban mobil baru juga perlu disesuaikan dengan ban yang sudah terpasang

>>> Baca Juga, Saat Ban Mobil Pecah Di Jalan, Jangan Langsung Injak Rem Mendadak

3. Perhatikan Lebar Pada Ban

Tidak hanya ukuran, kamu juga harus memperhatikan lebar ban saat membeli ban mobil baru. Untuk poin ini sebenarnya disesuaikan dengan tipe kamu berkendara, karena jika ban yang dipilih lebih lebar maka akan menimbulkan daya cengkram yang lebih besar. Pastikan di bagian ini berkonsultasi dengan mekanik untuk ban yang terbaik.

4.Perhatikan Pola Pada Ban

Pola ukir pada ban tentu harus diperhatikan karena ban setiap harinya akan bergesekkan dengan jalanan beraspal dan berbatu. Jika gesekan yang dihasilkan ban kecil, risiko untuk tergelincir di jalanan sangat besar. Akibat yang paling buruk yaitu menyebabkan kecelakaan.

Ban yang memiliki gesekan tinggi yaitu ban yang memiliki pola V. Pola ban ini mampu stabil ketika mobil melintas di jalanan licin akibat hujan. Ban ini memiliki harga pasar yang lumayan mahal, namun kualitas ban rasanya pas dengan harga mahal tersebut.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan 4 ban mobil dengan berbeda pola tapak ban

Ban mobil mempunyai beberapa pola tapak ban

5.Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Pilihlah ban dengan kebutuhan. Semisal mobil digunakan untuk daily driver di jalanan biasa setiap hari, pilihlah jenis ban mobil yang nyaman. Namun jika tiap waktu harus melintasi jalanan bebatuan, basah atau tidak rata pilihlah ban yang sesuai dengan lintasan itu. Silakan berkonsultasi dengan mekanik kamu untuk mendapatkan ban terbaik.

Itulah beberapa tips membeli ban mobil baru, semoga dengan membaca ini referensi tentang ban kamu bertambah. Oh, ya terakhir, jangan lupa beli yang ori ya, dan tidak masalah harus merogoh kocek yang dalam karena ban merupakan komponen krusial yang ada pada mobil. Semakin mahal semakin nyaman bukan dan persentase terhindar dari kecelakaan lebih tinggi.

Selain itu pastikan juga  membeli ban dari bengkel resmi atau yang sudah terpercaya karena  ada garansi jika di kemudian hari ban yang sudah dibeli bermasalah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International