Beberapa Tempat Dilarang Parkir Yang Perlu diketahui Pengendara

11/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Parkir mobil tidak boleh berada di sembarang tempat, hal tersebut dikarenakan bisa membahayakan pengendara lain. Seperti yang telah diketahui, saat seseorang berkendara di jalan dan tiba-tiba ada mobil yang terparkir dan mengganggu jalur tentunya akan mengagetkan. Jadi jangan sampai berhenti di tempat yang dilarang parkir supaya tetap dalam kondisi yang aman.

Mengenai tempat dilarang parkir juga diatur oleh Undang-Undang. Para pengemudi diharapkan untuk mematuhinya supaya terhindar dari beberapa hal yang tidak diinginkan.

Gambar ini menunjukkan rambu dilarang parkir dan tempat parkir

Terdapat rambu sendiri - sendiri antara larangan dan tempat parkir

>>> Baca Juga, Beberapa Tips Mencegah Kabin Panas Saat Parkir

Adapun Undang-Undang berkaitan dengan masalah parkir yang diberikan Pemerintah tercantum pada UU No.22 Tahun 2009 pasal satu nomor 15 yang berbunyi, “Parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan pengemudinya”.

Selanjutnya untuk masalah posisi parkir juga ada aturannya, tidak sembarangan. Hal tersebut terdapat pada bagian kedua masih pada UU yang sama namun berada di paragraph 7 yang berbunyi, “Parkir kendaraan di jalan dilakukan secara sejajar atau membentuk sudut menurut arah lalu lintas.”

Jadi adanya beberapa tempat yang dilarang parkir sebenarnya untuk kepentingan bersama. Sehingga semua pengendara perlu mengetahui dan mematuhinya.  Bahkan dari pihak Pemerintah memberikan rambu dilarang parkir pada beberapa tempat yang berpotensi menimbulkan bahaya. Memang jika tidak ada petugas kadang ada yang memaksakan parkir di tempat terlarang. Namun sebaiknya sobat tidak mengikuti perilaku yang terbilang kurang baik tersebut.

Daripada penasaran mengenai tempat yang dilarang untuk parkir.  Berikut ini merupakan beberapa tempat yang perlu diketahui dan menghindari untuk melakukan parkir di tempat yang disebutkan.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan rambu dilarang parkir dan beberapa motor dan satu mobil di belakangnya

Patuhi rambu yang ada untuk kenyamanan bersama

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

  1. Tikungan, bahu bukit atau sebuah jembatan.
  2. Di tempat pejalan kaki atau trek sepeda.
  3. Dekat lampu lalu lintas atau penyeberangan pejalan kaki.
  4. Di jalan utama atau di jalan dengan lalu lintas yang melaju cepat.
  5. Berhadapan atau dekat dengan kendaraan berhenti lainnya di seberang jalan sehingga mempersempit ruang jalan.
  6. Dalam 6 meter (20 kaki) dari suatu persimpangan, atau dalam 9 meter (30 kaki) dari suatu pemberhentian bus, kecuali jika keadaan rusak. Lalu jangan berhenti atau parkir 3 meter (10 kaki) di sisi lain hidran pemadam api atau yang dapat mengganggu akses kendaraan pemadam ke hidran.
  7. Menghadap bagian depan mobil ke arah lalu lintas yang berlawanan.
  8. Sepanjang jalan yang licin.
  9. Di jalan layang, terowongan, atau di sisi jalan yang menuju jalan layang atau terowongan.
  10. Di atas pinggiran rumput atau bahu jalan.

Dengan mengetahui beberapa lokasi dilarang parkir dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi semua pengendara. Saling menyadari satu sama lain memang dibutuhkan supaya terjalin suasana yang benar-benar nyaman. Meskipun tidak ada Polisi diharapkan tetap mematuhi peraturan yang telah diberlakukan oleh pihak Pemerintah.

Jika dalam kondisi darurat terdapat hal lain yang perlu dilakukan. Hal tersebut dijelaskan pada bagian kedua dalam UU No.22 Tahun 2009  pasal 121 yang berhubungan dengan parkir ketika sedang dalam kondisi darurat. Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa semua kendaraan bermotor yang parkir karena adanya kondisi darurat maka diwajibkan untuk memasang segitiga pengaman, lampu isyarat bahaya dan isyarat lain yang dimiliki.

>>> Lihat Juga, Mengetahui Cara Kerja Sensor Parkir Pada Mobil Dan Jenisnya

Gambar ini menunjukkan proses penertiban mobil yang parkir sembarangan

Jangan memaksakan parkir di area larangan parkir

Dengan mengetahui Undang-Undang dan juga peraturan mengenai tempat yang dilarang parkir. Maka diharapkan untuk mematuhinya, bukan karena denda yang diberikan karena melanggar tapi karena keselamatan dan kenyamanan bersama.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan
    Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan Abdul Tips & trik mobil

    Mencuci mobil untuk hasil maksimal biasanya dibawa ke tempat cuci professional. Dalam hal ini melakukannya dapat 1 bulan sekali, karena jika seminggu sekali maka biaya pengeluaran jadi membengkak. Jika kondisi mobil sudah kotor padahal belum ada satu bulan jangan khawatir. Dari pihak Nissan memberikan tips mencuci mobil ala professional yang dapat dilakukan.

  • Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi
    Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi Abdul Tips & trik mobil

    Salah satu hal bagi pemilik kendaraan yang bisa membuat kecanduan dan terasa mengasyikkan adalah melakukan modifikasi. Hal tersebut dikarenakan mobil yang dimiliki akan mengalami perubahan akibat penambahan aksesoris ataupun perubahan bentuknya. Namun namanya modifikasi tentunya ada efek samping sebagai konsekuensinya. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat beberapa keuntungan mobil standar pabrik jika tidak dilakukan modifikasi.

  • Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo
    Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo Abdul Tips & trik mobil

    Membawa barang bawaan memang menjadi salah satu hal yang perlu bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan persiapan agar saat sampai tujuan bisa melakukan aktivitas dengan lebih sempurna sehingga tercipta kenyamanan. Namun yang perlu diingat adalah mengatur barang di bagasi mobil tidak boleh terlalu tinggi karena berpotensi bahaya.