Beberapa Tanda Karet Pintu Mobil Perlu Diganti

27/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Karet pintu mobil juga mempunyai batas pakai. Bila telah lama digunakan, tentunya akan aus juga dan perlu dilakukan penggantian. Beberapa tanda karet pintu mobil perlu diganti dapat diketahui dan perlu segera diatasi, dengan begitu mobil kembali dalam keadaan prima.

Setiap komponen mobil memiliki fungsinya masing-masing, termasuk karet pintu pada mobil. Meski alat ini terlihat remeh namun berperan penting dalam menunjang kenyamanan saat mengemudi. Jika bingung kapan melakukan penggantian, Sobat bisa memahami tanda karet pintu mobil perlu diganti.

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mengemudi mobil

Karet pintu mobil bermasalah bisa mengganggu perjalanan

>>> Baca Juga, Tips Merawat Karet Pintu Suzuki Grand Vitara Supaya Tetap Nyaman

Karet pintu pada mobil berfungsi sebagai peredam suara ketika pintu dibuka atau ditutup. Selain itu, karet pintu kendaraan juga mencegah air masuk ke dalam kabin ketika hujan maupun melewati genangan air.

Namun selayaknya komponen pada umumnya, karet mobil juga memiliki usia pakai. Komponen-komponen ini ada waktunya harus diganti ketika fungsinya dirasa tidak lagi optimal.

Inilah Tanda Karet Pintu Mobil Harus Diganti

1. Kurang Kedap Suara

Tanda karet pintu mobil harus diganti pertama yaitu ketika kamu hendak menutup pintu muncul suara besi yang saling beradu sehingga kurangnya kedap suara terhadap mobil. Jika mengalami hal semacam ini, sudah sepantasnya untuk segera mengganti karet mobil dengan yang baru.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan karet pada pintu mobil

Karet pintu mobil juga bisa mengalami keausan

>>> Lihat Juga, Ingin Modifikasi Pintu Gunting Pada Mobil, Ternyata Ini Yang Penting!

2. Bentuk Karet Yang Berubah Jadi Gepeng

Karet mobil yang seharusnya layak diganti ditandai dengan perubahan bentuk yang menjadi gepeng. Perubahan bentuk yang disebutkan tadi biasanya sudah melewati batas pemakaian sehingga kinerjanya jadi tidak maksimal. Segeralah mengganti dengan karet mobil yang baru.

3. Air Hujan Yang Masuk Ke Sela-sela

Tanda karet pintu mobil perlu diganti selanjutnya adalah adanya air hujan yang masuk ke sela-sela. Karet pintu memiliki salah satu fungsi utamanya untuk menjaga mobil dari air hujan yang masuk melalui celah-celah pintu. Jika kasusnya air hujan masuk melalui celah tersebut, berarti karet pintu tersebut rusak. Gantilah karena jika dibiarkan bisa mengakibatkan ruangan mobil basah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang karet pintu mobil

Mengetahui tanda karet pintu perlu penggantian menghindari masalah yang bisa terjadi seperti air hujan masuk kabin

4. Terdengar Suara Angin Seperti Siulan

Tanda karet pintu mobil harus diganti yang terakhir dalam pembahasan kali ini yaitu munculnya suara angin yang terasa seperti siulan. Jadi pada saat melaju, maka memunculknan suara tersebut, bahkan ketika melaju dengan kecepatan tinggi, maka hasil bunyi tersebut akan semakin besar pula.

Itulah informasi mengenai tanda karet pintu mobil perlu diganti. Meski risiko yang ditimbulkan tidak seperti kerusakan pada komponen lain, namun segera mengganti karet pintu yang rusak dapat menunjang kenyamanan kamu selama berada di perjalanan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International