Beberapa Resiko Membawa Barang Berlebih Dengan Mobil

22/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Membawa beban berlebih dengan mobil memang tidak dianjurkan, karena terdapat resiko yang tentu akan dirasakan oleh pengemudi. Pada kali ini kami akan membahas mengenai resiko membawa muatan berlebih dengan mobil.

Saat ingin bepergian jauh tentunya akan membawa barang yang dibutuhkan, entah itu butuh saat perjalanan ataupun ketika sampai di tujuan. Bahkan tidak jarang barang bawaan yang dibawa melebihi beban yang telah direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Hal tersebut dapat membuat berkurangnya keamanan berkendara. Jadi terdapat beberapa resiko membawa muatan berlebih.

Berikut ini merupakan beberapa resiko mobil yang membawa muatan penuh dan terlalu berlebihan :

1. Bensin Jadi Lebih Boros

Pada saat membawa beban yang terlalu berlebih maka bisa membuat bahan bakar jadi lebih boros. Dengan barang yang banyak maka beban di mobil jadi bertambah dan saat menekan pedal gas perlu lebih dalam. Oleh sebab itu energinya jadi lebih besar dan membuat konsumsi bahan bakar pun lebih banyak.

Gambar ini menunjukkan panel indikator pada mobil

Bahan bakar lebih boros saat barang bawaan melebihi

>>> Baca Juga, Untuk Kenyamanan, Ini Komposisi Penumpang Dan Barang Yang Ideal Di Dalam Mobil

2. Di Tilang Polisi

Pada saat mobil membawa muatan penuh melaju di jalanan Indonesia maka saat dilihat polisi akan dikenakan sanksi tilang. Hal tersebut karena telah melanggar peraturan yang telah disebutkan dalam pasal 307 jo pasal 169 ayat 1 yang menjelaskan mengenai muatan yang tidak sesuai dengan peraturan yang telah diberlakukan maka bisa terkena sanksi tilang berupa denda sebesar Rp. 500 ribu.

3. Beresiko Ban Bisa Meledak

Resiko membawa muatan berlebih selanjutnya adalah ban bisa meledak. Jadi selain harus menanggung beban yang berlebih, jarak yang ditempuh juga jauh sehingga potensi ban meledak bisa terjadi dan membuat penumpang keselamatannya jadi terancam.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan barang bawaan di bagasi mobil

Jangan membawa barang bawaan melebihi rekomendasi beban maksimal kendaraan

>>> Baca Juga, Liburan Tiba, Perhatikan Langkah Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Sebelum Bepergian

4. Bisa Timbul Bahaya Saat Berbelok

Pada saat muatan penuh dan mobil digunakan berbelok maka akan terasa limbung. Apalagi terdapat barang yang ditempatkan di bagian atapnya, maka kemampuan mobil ketika bermanuver jadi berkurang. Dengan begitu resiko terjadi kecelakaan menjadi lebih besar, terutama saat melintasi jalanan yang banyak tikungan menanjak dan di kanan kiri ada jurang.

5. Akselerasi Jadi Lambat

Resiko selanjutnya adalah saat melakukan akselerasi akan terasa lambat saat mobil membawa beban yang berlebih. Oleh sebab itu pengemudi harus lebih bersabar pada saat mobil lain mendahuluinya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi mobil putih bawa barang berlebih di atap

Membawa barang bawaan berlebih mengorbankan kenyamanan berkendara

6. Berkendara Jadi Tidak Nyaman

Resiko membawa muatan berlebih dengan mobil terakhir adalah kenyamanan berkendara menjadi kurang. Hal tersebut dikarenakan saat beban mobil terlalu berat maka suspensi seperti disiksa karena harus menahan beban yang melebihi kekuatannya. Bahkan saat jalanan yang dilewati berlubang maka suspensi akan sulit memantul. Jadi kenyamanan berkendara menjadi berkurang, resiko yang lebih parah adalah suspensi bisa patah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International