Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara

21/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Saat mengemudi tidak hanya dengan mengandalkan skill saja, akan tetapi mengetahui dan mematuhi rambu yang diberikan juga diperlukan. Memang banyak yang telah mengerti makna dari rambu yang disediakan, namun tidak sedikit pula rambu lalu lintas yang sering dilanggar.

Ketika berkendara di jalan raya, cepat sampai tujuan bukanlah prioritas. Akan tetapi ada hal yang paling penting dan perlu diingat yaitu keselamatan baik bagi diri sendiri dan orang lain. Oleh sebab itu tuntutan bagi pengendara untuk mengemudikannya dengan baik dan mentaati peraturan yang berlaku sangat diharuskan. Tujuannya agar terhindar dari masalah di jalan seperti kecelakaan. Beberapa rambu lalu lintas yang sering dilanggar dengan alasan yang dinilai benar.

Berkaitan dengan masalah tersebut, menurut diler resmi sepeda motor Honda di wilayah Jakarta dan Tangerang terdapat beberapa rambu yang kerap dilanggar oleh pengendara mobil ataupun motor.

1. Rambu Dilarang Parkir

Gambar ini menunjukkan rambu di larang parkir 2 buah pada tiang

Taati rambu lalu lintas demi kenyamanan dan keamanan

Kadang kita menemui tempat dengan rambu huruf P yang digaris dengan warna merah. Rambu tersebut menunjukkan bahwa tidak boleh parkir di area tersebut. Banyak pengendara yang mengetahuinya namun kadang masih tetap melakukan pemberhentian di tempat tersebut. Padahal adanya rambu tersebut biasanya karena jika area tersebut terdapat kendaraan berhenti bisa beresiko menimbulkan kecelakaan atau membuat jalan macet. Bahkan sudah ada petugas yang melakukan penindakan seperti mendereknya, kempes ban sampai denda ratusan ribu. Namun ternyata hal tersebut tidak membuat sadar, masih ada juga yang melanggar.

>>> Baca Juga, Mengetahui Rambu Lalu Lintas Sangatlah Penting

2. Rambu Dilarang Putar Balik

Gambar ini menunjukkan banyak motor dan terdapat rambu dilarang putar balik

Pemasangan rambu untuk kepentingan semua pengguna jalan

Salah satu hal yang menjadi faktor rambu lalu lintas yang sering dilanggar adalah kurangnya kesabaran saat berkendara. Seperti halnya rambu larangan putar balik, yang mana adanya rambu ini untuk memberikan keselamatan. Pemasangan rambu ini biasanya ditempatkan di tempat yang mempunyai intensitas kecepatan yang tinggi ataupun di jalur yang berlawanan.

>>>. Baca Juga, Mengetahui Jenis Rambu Lalu Lintas Sangat Diperlukan

3. Rambu Dilarang Berbelok

Gambar ini menunjukkan rambu larangan belok kanan dengan diberi garis merah

Jangan karena tilang polisi menaati rambu tapi demi keselamatan semuanya

Larangan berbelok rambunya memiliki simbol belok dengan disilang warna merah. Untuk modelnya sama dengan rambu dilarang parkir hanya bentuk gambarnya yang berbeda. Adanya rambu ini biasanya terdapat jalur yang berlawanan atau bisa juga jalan yang sering dilewati kendaraan  dengan kecepatan tinggi. Alasannya adalah ingin cepat sampai atau ingin praktis agar cepat sampai ke tujuan walaupun ada rambu larangan belok.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Rambu Dilarang Melintas

Gambar ini menunjukkan rambu sepeda motor dilarang masuk

Terdapat banyak jenis rambu lalu lintas yang perlu diketahui

Adanya rambu dilarang melintas umumnya dipasang ditempat yang dibuat satu arah diujung jalan. Tujuannya adalah untuk menutup ruas jalan karena ada hal yang penting seperti perbaikan jalan dan lainnya. Alasan pengendara yang sering diungkapkan melanggar rambu ini adalah jarak ke tempat yang sedang dituju lebih dekat.

>>> Lihat Juga, Jangan Terlena Saat Melintasi Jalan Tol Lurus Dan Mulus

5. Lampu Lalu Lintas

Gambar ini menunjukkan lampu lalu luntas dengan 3 warna dan gambar orang

Jangan mengikuti pengendara lain yang melanggar lalu lintas

Rambu lalu lintas yang sering dilanggar selanjutnya adalah Rambu lampu lalu lintas. Hal ini sering terjadi karena terburu-buru atau mengikuti kendaraan di depan yang menerjang lampu lalu lintas. Kejadian tersebut bisa saja menimbulkan kecelakaan beruntun. Jadi alangkah baiknya selalu menaati rambu lalu lintas demi keamanan diri sendiri dan orang lain.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

6. Palang Kereta Api

Gambar ini menunjukkan banyak pengendara menerobos palang kereta api

Budayakan patuh aturan yang diberlakukan

Ketika palang kereta api sedang diturunkan dan lampu menyala merah maka pengendara diharap berhenti karena ada kereta yang lewat. Namun ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya dipatuhi, kadang ada pengendara sepeda motor yang menerobos dengan alasan kereta masih jauh. Tentunya hal ini membahayakan karena laju kereta api sangat cepat sehingga bisa saja tertabrak. Ada juga yang berhenti dekat jalur kereta di balik palang yang disediakan.

Demikianlah informasi tentang beberapa rambu lalu lintas yang sering dilanggar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil
    Lakukan Kebiasaan Kecil Ini Untuk Merawat Rem Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil menjadi alat transportasi untuk pergi ke suatu tempat yang diinginkan, baik dalam jarak dekat ataupun jauh. Oleh sebab itulah menjaga agar kondisinya maksimal perlu dilakukan salah satunya adalah sistem pengereman. Dengan merawat rem mobil maka selama perjalanan bisa lebih tenang.

  • Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai
    Hati-Hati, Ini Dia Musuh Jok Kulit Sintetis Perlu Diwaspadai Abdul Tips & trik mobil

    Jok mobil menjadi salah satu pendukung kenyamanan berkendara dengan mobil. Sehingga diperlukan perawatan dan juga pembersihan agar awet dan tetap bertugas dengan maksimal. Seperti misalnya jok kulit sintetis yang mudah dirawat. Hal tersebut karena untuk pembersihan dapat dilakukan dengan mudah dan juga tidak mudah kotor. Meskipun begitu, ternyata ada musuh jok kulit sintetis.

  • Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin
    Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin Abdul Tips & trik mobil

    Oli mesin mobil bisa diibaratkan sebagai darah untuk manusia. Jadi peranannya sangat penting sehingga perlu benar-benar diperhatikan. Ketika sudah lama tidak diganti atau volumenya telah berkurang maka disarankan untuk menggantinya dengan yang baru. Perlu diketahui bahwa resiko mobil turun mesin dapat diselamatkan dengan memperhatikan kondisi oli.