Beberapa Perilaku Pengendara Tidak Tertib Lintas Yang Tidak Boleh Ditiru

09/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Peraturan lalu lintas dibuat untuk kenyamanan bersama, baik pengemudi itu sendiri maupun pengguna jalan lain. Yang menyebalkan adalah pengendara tidak tertib, sehingga dapat membuat pengguna jalan lain yang berada disekitarnya jadi terganggu.

Pengendara tidak tertib bisa menyebabkan bahaya bagi pengguna jalan lain. Dalam hal ini jika berani bisa menegurnya dengan bahasa yang baik, namun kadang saat ditegur tidak merasa bersalah dan malah mengeluarkan nada tinggi, sehingga banyak orang yang membiarkannya. Berikut ini merupakan beberapa hal yang kadang diabaikan oleh pengendara dan beresiko membahayakan.

1. Merokok Sambil Mengemudi

Kenyataannya saat mengemudi mobil sambil merokok kaca samping pengemudi dibuka. Kemudian tangan yang memegang rokok dikeluarkan untuk membuang sisa pembakaran. Hal ini cukup menyebalkan, karena sisa pembakaran tersebut bisa mengenai pengguna jalan lain seperti pengendara sepeda motor. Sebenarnya ada yang lebih aman jika memang mau mengemudi sambil merokok, yakni dengan menyediakan asbak di dalam mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang merokok di dalam mobil

Jika ingin merokok sebaiknya sediakan asbak di dalam mobil

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

2. Menyerobot Jalur

Pada saat berkendara di jalan diharapkan saling menjaga dan mengutamakan keselamatan. Seperti saat akan berpindah jalur, usahakan melihat jalur yang akan dilewati terlebih dahulu dan pastikan dalam kondisi kosong. Sobat bisa memanfaatkan kaca spion untuk melihat sekitar mobil.

3. Mengemudi Sambil Memainkan Ponsel

Smartphone menjadi salah satu barang yang tidak dapat lepas dari genggaman bagi kebanyakan orang. Hal tersebut boleh-boleh saja, asalkan bisa menempatkannya dengan baik. Ketika mengemudi disarankan untuk tidak bermain ponsel. Hal ini disebabkan konsentrasi terhadap jalanan perlu dilakukan, apabila sambil memegang ponsel maka bisa saja konsentrasi menjadi terbagi dan beresiko hilang kendali karena kaget. Dengan begitu resiko terjadinya kecelakaan jadi lebih besar.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi wanita sedang mengemudi sambil lihat ponsel

Tepikan kendaraan di tempat aman baru mengoperasikan ponsel

>>> Baca Juga, Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melewati Jalanan Gelap Dengan Mobil

4. Berhenti Di Sembarang Tempat

Pengendara tidak tertib memang kadang merasa benar sendiri. Hal yang membahayakan lainnya adalah berhenti di sembarang tempat. Yang paling utama adalah tidak boleh berhenti di tempat yang ada rambu-rambu dilarang berhenti atau parkir. Selain itu, pengemudi perlu berhati-hati saat ingin berhenti. Jangan berhenti di tikungan, pertigaan, tempat keluar gang atau tempat lain yang beresiko membahayakan.

5. Tidak Menyalakan Lampu Sein Saat Belok

Ini menjadi salah satu hal yang membahayakan yakni tidak menyalakan lampu sein saat akan berbelok. Apabila kondisi sedang ramai bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Jadi ketika berada di persimpangan atau saat ingin menepi sebaiknya menyalakan lampu sein terlebih dahulu dan memastikan kondisi sekitar aman dan baru memutar kemudi mobil.

>>> Baca Juga, Mengemudi Sendiri Di Malam Hari, Begini Tipsnya Agar Aman

Gambar ini menunjukkan mobil truk dan mobil keluarga saling berhimpitan

Saat ingin menyalip atau berbelok jangan lupa nyalakan lampu sein

6. Membuang Benda Keluar Dari Dalam Mobil

Tanpa disadari kadang perilaku membuang barang keluar mobil sering dilakukan oleh pengendara atau penumpang. Hal ini tentu bisa beresiko mengenai pengendara lain atau pejalan kaki yang sedang berada di sekitar mobil melaju. Apalagi saat proses pembuangan mobil melaju dengan kecepatan cukup tinggi, maka daya dorong angin akan membuat barang yang dibuang lebih cepat. Jika terkena orang maka akan merasa kesakitan, oleh sebab itu alangkah baiknya menyediakan tempat sampah di dalam mobil. Apabila memang mau membuangnya, setidaknya kurangi laju kendaraan dan pastikan keadaan sekitar mobil dalam kondisi yang aman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang wanita membuang sampah keluar dari mobil

Buang sampah keluar dari dalam mobil bisa menyebabkan masalah saat terkena pengendara lain

Meskipun begitu, memang tidak direkomendasikan membuang sampah sembarangan. Jadi alternatifnya bisa menyediakan kantong plastik dan setelah mendapati tempat sampah bisa berhenti sejenak untuk membuangnya.

Demikianlah informasi mengenai perilaku pengendara tidak tertib lalu lintas. Semoga bermanfaat dan menambah informasi kepada semua serta lebih meningkatkan ketertiban di jalan supaya tercipta kenyamanan dan situasi yang kondusif.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca