Beberapa Penyebab Suspensi Mobil Keras Dan Membuatnya Empuk Kembali

22/04/2021 Abdul Tips & trik mobil

Suspensi mobil menjadi salah satu bagian pada kendaraan yang sangat penting. Fungsinya sebagai peredam getaran saat berada di jalan, terutama ketika melewati jalanan yang kurang bagus. Jika tidak ada suspensi maka kenyamanan di dalam mobil tidak akan bisa didapatkan dengan maksimal. Meskipun begitu, ada penyebab suspensi mobil keras yang membuat kenyamanan mengalami penurunan.

Penyebab suspensi mobil keras ada beberapa dan perlu diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Hal tersebut karena setiap pengendara dan juga penumpang di dalam mobil menginginkan kenyamanan selama perjalanan. Dengan mengetahui penyebabnya maka bisa segera diatasi masalahnya sehingga kenyamanan bisa didapatkan kembali.

Gambar ini menunjukkan roda dan suspensi mobil

Suspensi bisa meredam getaran pada mobil dan membuat kenyamanan bisa dirasakan

>>> Baca Juga, Mengenal Beberapa Tipe Suspensi Mobil, Ada Kelebihan & Kelemahannya Lho

Beberapa Penyebab Suspensi Mobil Keras

1. Kendaraan Kerap Melintasi Jalanan Berlubang

Hal pertama yang menjadi penyebab suspensi jadi keras adalah mobil sering melewati jalanan yang berlubang. Seperti yang kita tahu, tidak semua jalanan dalam kondisi yang mulus. Karena beberapa faktor seperti hujan lebat bisa membuat jalanan jadi rusak dan berlubang.

Ketika melintasi jalanan yang berlubang maka suspensi akan bekerja lebih berat sehingga masa pakainya jadi berkurang. Ditambah lagi kendaraan yang menggunakan suspensi dengan kualitas yang kurang  begitu tangguh, tentunya akan lebih mudah bermasalah yakni suspensi keras. Untuk suspensi yang tangguh umumnya digunakan pada mobil jenis SUV dan MPV yang kerap digunakan untuk membawa penumpang dan barang dengan cukup banyak.

2. Telah Habis Masa Pakai Suspensi Mobil

Komponen kendaraan mempunyai usia pakainya sendiri-sendiri, begitupun dengan suspensi mobil. Pada saat usia pakainya telah habis umumnya akan mengalami kebocoran sehingga saat mobil digunakan melaju suspensi akan terasa keras.

>>> Merawat Suspensi Mobil Itu Mudah, Begini Caranya!

Gambar ini menunjukkan suspensi pada mobil

Suspensi mobil keras ada penyebabnya

>>> Mobil Tidak Nyaman Dikendarai? Bisa Saja Ada Masalah Pada Suspensi Mobil

3. Tidak Tepat Dalam Pemasangan Upper Mounting

Penyebab suspensi mobil keras selanjutnya adalah pemasangan upper mounting yang kurang tepat. Kadang pemilik telah memasang suspensi mobil baru tapi terasa keras. Hal tersebut karena kinerja dari suspensi yang melebihi batas. Jadi diharapkan dalam proses pemasangan upper mounting harus tepat agar suspensi bisa bekerja dengan baik dan kenyamanan bisa dirasakan oleh pengendara dan penumpang.

Selain soal suspensi keras ada langkah untuk membuat suspensi dapat empuk kembali. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah membongkar bagian kaki-kaki kendaraan. Kalau dilakukan sendiri tanpa ilmu tentunya akan terasa sulit, namun bagi para teknisi ahli dapat dilakukan dengan cukup mudah.

Membuat Suspensi Mobil Empuk

Dilansir dari laman Auto2000, umumnya dalam membuat suspensi kembali empuk adalah dengan membongkar suspensi dan diberi tambahan berupa shockbreaker. Setelah itu akan dilakukan penyetingan ulang yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pemiliknya. Bahkan tidak cukup sampai disitu saja, terdapat langkah untuk menambahkan gas nitrogen dan juga oli baru untuk mendukung kinerja dari suspensi mobil. Dengan adanya oli ini membuat per terendam sehingga tidak membuatnya cepat berkarat. Pelumasan juga dapat lebih maksimal di dalamnya dan kinerjanya jadi maksimal.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan shockbreaker pada mobil warna biru

Umumnya membuat empuk dengan menambahkan shockbreaker

Soal hasilnya bisa menjadikan dimensi kendaraan jadi tampak lebih ceper. Meskipun begitu dengan hal tersebut membuat performa dari suspensi bisa jadi lebih empuk dan terasa nyaman. Kesan menyenangkan akan lebih dirasakan oleh pengendara selama perjalanan.

Demikianlah informasi mengenai penyebab suspensi mobil keras dan cara untuk membuatnya lebih empuk. Semoga bermanfaat dan jangan lupa merawat kendaraan secara rutin agar tidak terjadi hal yang membutuhkan biaya besar.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti
    Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti Abdul Tips & trik mobil

    Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

  • Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan
    Ini Dia Beberapa Kondisi Tak Disukai Pengemudi Wanita Ketika DI Jalan Abdul Tips & trik mobil

    Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya saat ini tidak hanya pria saja yang mengendarai mobil. Para wanita juga banyak yang mengemudikan kendaraan dijalan. Meskipun terdapat anggapan terkait wanita yang kadang membuat kekacauan saat di jalan, akan tetapi tidak sedikit wanita yang mempunyai kemampuan mengendalikan mobil lebih mahir dari pria. Walaupun begitu, terdapat kondisi tak disukai wanita saat di jalan.

  • Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama
    Beberapa Barang Tidak Boleh Ditinggal Di Mobil Dalam Waktu Lama Abdul Tips & trik mobil

    Mempunyai sebuah mobil tentunya akan ada waktunya diparkirkan. Tidak mungkin seseorang akan mengemudi terus menerus tanpa istirahat. Nah terdapat beberapa barang tidak boleh ditinggal di mobil dalam waktu yang lama. Hal tersebut berhubungan dengan keamanan dan juga kesehatan.

International