Beberapa Penyebab Mobil Terbakar Karena Pemilik Kurang Teliti

17/06/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil terbakar menjadi salah satu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara. Dimana saat mengalaminya tentu bisa berbahaya karena nyawa taruhannya, tidak hanya bagi pengendara sendiri tapi penumpang dan orang0orang disekitar juga beresiko terkena dampaknya. Dalam hal ini mengetahui penyebab mobil terbakar itu diperlukan supaya dapat menghindarinya.

Pada pembahasan kali ini, yang menjadi penyebab mobil terbakar dikarenakan oleh kelalaian penggunanya. Sebaiknya memperhatikan dengan baik, salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap mobil yang dimiliki sebelum berniat menggunakannya untuk perjalanan.

Gambar ini menunjukkan mobil dalam kondisi terbakar

Mobil terbakar merupakan hal yang tidak diinginkan pemilik mobil

>>> Baca Juga, Untuk Keamanan, Berikut Langkah Mencegah Mobil Terbakar Di SPBU

Berikut ini merupakan beberapa penyebab mobil dapat terbakar yang disebabkan oleh kelalaian dari penggunanya.

1. Lap Ketinggalan Di Dalam Kap Mesin Mobil

Kebanyakan orang menginginkan mobil yang dimiliki dalam kondisi bersih karena hal tersebut juga bisa membuatnya tetap sehat. Hanya saja jangan sampai ada sesuatu hal yang bisa memperburuk keadaan seperti lap yang tertinggal di dalam kap mesin. Jadi ketika berniat membersihkan mesin dengan pengelapan pastikan bahwa lap dikeluarkan dan sudah tidak ada yang tertinggal di dalam kep mesin sebelum menutupnya.

Karena jika sampai lap tertinggal maka bisa menjadi pemicu terjadi kebakaran karena suhu di dalam kap mesin yang tinggi. Biasanya akan muncul asap terlebih dahulu dari kap mesin dan mengira bahwa terjadi korsleting.

2. Membawa Barang Yang Mudah Terbakar

Selanjutnya yang bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran adalah mobil digunakan untuk membawa ataupun menyimpan barang atau bahan yang bisa terbakar dengan mudah. Biasanya dalam hal ini seperti pemantik api (zipo), bensin dan lain-lain.

>>> Lihat Juga, Jangan Lupa Matikan Mesin Saat Mengisi Bahan Bakar Mobil Di SPBU, Ini Resikonya

3. Melakukan Modifikasi Elektronik Yang Kurang Pas

Penyebab mobil terbakar selanjutnya adalah modifikasi bagian elektronik yang tidak pas. Modifikasi mobil kerap dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Tujuannya adalah untuk membuat mobilnya tampak berbeda dan lebih menarik lagi. Memang tidak terdapat larangan melakukannya, hanya saja ketika berniat melakukan modifikasi yang berurusan dengan kelistrikan dan elektronik sebaiknya diserahkan kepada ahlinya.

Gambar ini menunjukkan kabel kelistrikan mobil

Modifikasi kelistrikan mobil yang tidak tepat bisa beresiko terjadi korsleting

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Pada saat melakukan modifikasi bagian elektronik dan terjadi kesalahan maka resikonya cukup besar. Kabel yang dipasangkan tidak tertata dengan baik bisa menjadi penyebab terjadinya korsleting bahkan resiko tertingginya adalah kebakaran mobil. Ditambah lagi dalam menghubungkan kabel dengan aksesoris atau komponen elektronik haruslah tepat dan tidak boleh ada kesalahan.

4. Tutup Tangki BBM

Bensin menjadi bahan bakar kendaraan yang dapat terbakar dengan mudah. Oleh sebab itulah ketika mengisi bahan bakar jangan lupa menutup tangki dengan rapat supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika ternyata tutup tangki bermasalah seperti sobek atau rusak maka jangan menunda untuk melakukan penggantian dengan yang baru.

5. Ada Kebocoran Bahan Bakar

Pemilik ataupun pengemudi mobil perlu memperhatikan kondisi kendaraan yang dimiliki. Pengecekan perlu dilakukan secara rutin tidak hanya pada bodi atau eksterior mobil saja, namun kolong mobil juga perlu diperhatikan. Hal tersebut bertujuan  untuk memastikan bahwa di bagian kolong tidak terdapat cairan yang menetes.

>>> Baca Juga, Beberapa Jenis Alat Pemadam Api Ringan, Yang Mana Pas Di Mobil?

Gambar ini menunjukkan ada cairan di bawah kolong mobil

Jika ada kebocoran di kolong segera periksa ke bengkel

Apabila ternyata ditemukan tetesan pada kolong mobil, maka bisa jadi adalah bahan bakar yang disebabkan selang atau tangki BBm yang bocor. Sebaiknya jangan sampai terabaikan, lakukan perbaikan dengan segera atau membawanya ke bengkel supaya masalah tersebut bisa diatasi.

Demikianlah informasi mengenai beberapa penyebab mobil terbakar karena pemilik kendaraan kurang teliti. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kondisi kendaraan dengan baik supaya tetap dalam keadaan prima.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah
    Perhatikan Ini Saat Menyimpan Ban Mobil Di Rumah Abdul Tips & trik mobil

    Modifikasi kerap dilakukan oleh beberapa pemilik mobil. Tujuannya adalah untuk membuat tampilan kendaraan lebih menarik dan tampil beda. Salah satu modifikasi ringan yang kerap dilakukan adalah mengganti velg beserta bannya. Alhasil pemilik perlu menyimpan ban mobil dan velg nya supaya tetap awet serta dapat digunakan kembali.

  • Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu
    Ingin Sewa Mobil Untuk Perjalanan Bisnis? Perhatikan Ini Dulu Abdul Tips & trik mobil

    Perjalanan menggunakan mobil tidak hanya ingin wisata atau bersenang-senang bersama keluarga saja. Apalagi di masa pandemi saat ini, banyak tempat wisata yang ditutup sementara sebagai langkah pencegahan virus Covid-19. Namun untuk sektor pekerjaan tetap dilakukan. Jika tidak mempunyai kendaraan bisa sewa mobil untuk perjalanan bisnis. Tujuannya supaya lebih nyaman dan tetap prima sampai ke tempat tujuan.

  • Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV
    Ini Kelebihan AC Double Blower, Sering Dipasang Pada Mobil MPV Abdul Tips & trik mobil

    Banyak mobil yang dibekali dengan sistem pendingin kabin atau yang dikenal dengan Air Conditioner (AC). Dimana dengan adanya fitur ini maka kenyamanan selama perjalanan lebih menyenangkan. Nah AC sendiri terdapat Single Blower dan Double Blower. Kali ini kami akan membahas mengenai kelebihan AC Double Blower.

International