Beberapa Penyebab Mesin Mobil Bergetar Ketika Menyalakan AC

20/09/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mesin mobil bergetar ketika menyalakan AC bisa menjadi tanda bahwa ada masalah. Pengecekan perlu dilakukan supaya segera diatasi. Dengan begitu mobil akan dapat bekerja dengan baik kembali dan bisa menemani perjalanan dengan nyaman.

Mesin mobil bergetar kadang dialami oleh pengendara ketika sedang menyalakan AC. Hal tersebut menandakan bahwa ada masalah yang terjadi pada mobilnya. Sehingga pengecekan perlu dilakukan untuk memastikannya.

Nah kali ini kami memberikan informasi terkait hal tersebut dilansir dari laman Auto2000. Dengan begitu bisa menjadi pandangan bagi pemilik mobil saat mengalaminya, sehingga tidak dibiarkan begitu saja.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota

Mesin menjadi jantung kendaraan sehingga kondisinya perlu dijaga

Penyebab Mesin Mobil Bergetar Saat AC Menyala

1. Sistem Idle Up Bermasalah

Hal pertama yang bisa menjadi penyebabnya adalah sistem idle up yang mengalami kerusakan. Biasanya hal ini dirasakan ketika terlalu rendah RPM nya. Akan tetapi ketika AC mobil dimatikan getaran hilang. Jika mengalaminya perlu segera diatasi supaya bisa kembali seperti sedia kala.

Selain itu, ketika getaran muncul pada mesin saat menyalakan AC, suhu yang dihasilkan kurang dingin. Ketika RPM rendah beban mesin bertambah sehingga bertambah berat kinerja dari mesin mobil. Dengan begitu kompresor AC kinerjanya jadi tidak maksimal. Hal tersebut juga bisa menjadi penyebab kompresor AC hidup sebentar kemudian mati.

Jadi untuk masalah tersebut bisa diatasi dengan AC dimatikan. Akan tetapi kabin jadi kurang nyaman karena terasa panas. Oleh sebab itu lebih baik melakukan pengecekan pada bagian sistem sensor dan juga aktuator. Apabila kinerjanya sudah tidak maksimal maka perlu dilakukan penggantian.

>>> Baca Juga, Ingin Mesin Mobil Halus, Perhatikan Beberapa Hal Sederhana Ini

Gambar ini menunjukkan bearing pada kompresor AC mobil

Bearing AC bermasalah perlu segera dilakukan penggantian

2. Kerusakan Pada Bearing AC Mobil

Penyebab selanjutnya adalah bearing AC mobil bermasalah atau rusak. Bagian ini disebut juga dengan nama pulley, dimana saat mengalami kerusakan maka akan tersendat putaran dari kompresor AC mobil.

Apabila hal ini terjadi maka bearing perlu dilakukan perbaikan atau penggantian. Jika dibiarkan maka resiko timing belt rusak bisa terjadi. Sehingga masalah baru jadi muncul dan bisa lebih banyak. Sebagai langkah waspada, ciri-ciri oli kompresor AC mobil kurang perlu diketahui supaya mencegah hal tersebut terjadi.

3. Sistem AC Mobil Mengalami Kebuntuan

Adapun penyebab mesin mobil bergetar ketika AC menyala adalah sistem AC yang buntu. Untuk kasus seperti ini terbilang sangat jarang untuk diketahui. Karena yang menjadi penyebab utama yaitu mengalami frosting di saluran AC.

Frosting merupakan pembekuan freon sehingga membuat alirannya jadi terhambat. Ditambah lagi sistem freon perlu aliran yang jelas dan lancar serta tidak terdapat rintangan supaya kabin mobil dapat diberikan suhu dingin.

>>> Mungkin Tertarik, Agar Berkendara Tetap Nyaman, Kenali Gejala AC Rusak

Gambar ini menunjukkan pengecekan freon AC pada mobil

Freon AC mobil juga membutuhkan pengecekan

Jadi sistem freon AC mobil tergolong tidak jauh berbeda dengan pendingin ruangan. Aliran udara yang baik diperlukan, oleh sebab itulah kondensor AC posisinya di bagian luar ruangan. Apabila aliran terhambat maka lama-kelamaan ketika menyalakan AC mobil mesin akan bergetar.

Dengan mengetahuinya maka saat mengalaminya dapat segera dilakukan pengecekan supaya masalah tidak membesar. Untuk langkah pencegahan bisa melakukan servis berkala secara rutin sesuai rekomendasi pabrikan.

Dengan begitu pengecekan akan dilakukan oleh mekanik profesional dan mobil dapat bekerja dengan maksimal. Alhasil kenyamanan di kabin selama perjalanan bisa didapatkan dan kesan menyenangkan juga dirasakan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International