Beberapa Penyebab Mesin Mendengung Saat Digas Perlu Diperhatikan

16/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab mesin mendengung saat digas. Bila Sobat mengalaminya pada mobil yang dimiliki maka dapat mengatasinya jika sudah mengetahui penyebabnya.

Mobil bisa mengalami beberapa masalah yang tidak terduga dan membutuhkan perawatan. Nah pada kali ini pembahasan mengenai penyebab mesin mendengung saat digas. Umumnya hal tersebut terjadi ketika mobil dipakai terlalu sering dalam menerjang banjir. Sehingga beberapa komponen menjadi basah dan juga berlumpur. Namun jika mengalaminya dan ternyata tidak pernah menerobos banjir, apa yang menjadi penyebabnya?

Berikut ini beberapa bagian yang perlu dilakukan pengecekan saat muncul dengung pada mesin mobil ketika digas dilansir dari laman Auto2000.

1. Kompresor AC Mobil

Gambar ini menunjukkan kompresor AC pada mobil

Saat muncul dengungan segera bawa ke bengkel mobil

>>> Baca Juga, Resiko Yang Bisa Terjadi Saat Mobil Gunakan Oli Mesin Palsu

Pada saat oli yang terdapat pada kompresor AC kurang maka bisa menimbulkan suara mendengung di mesin mobil ketika di gas. Untuk bunyi yang timbul tidak selalu asalnya adalah di bagian kap depan. Namun asal bunyi juga bisa dikarenakan kompresor AC yang kondisinya sudah yaitu di bagian metal-metal di dalamnya. Jika kondisi metal telah aus maka bunyi akan timbul karena masih tetap bergesekan. Bahkan pada saat menyetel AC di suhu terdingin bunyinya akan semakin nyaring.

2. Bearing Pulley Mesin Rusak

Pulley yang posisinya di mesin paling depan juga bisa mempunyai resiko seperti kompresor AC. Jadi terdapat banyak pulley di bagian depan mobil yang terhubung seperti pulley idler, alternator, tensioner dan mesin. Apabila ada yang rusak salah satunya maka dapat membuat bunyi mendengung muncul. Jika bagian ini bermasalah maka akan sulit mendeteksinya karena jumlahnya cukup banyak. Jadi bawa ke bengkel untuk perbaikan.

3. Water Pump

Water pump merupakan salah satu komponen untuk memompa air pendingin radiator supaya bisa melakukan sirkulasi. Jika bagian ini mengalami keausan maka bisa menjadi penyebab mesin mendengung saat digas. Bahkan saat bagian ini longgar atau oblak juga bisa memunculkan bunyi dengung sehingga perlu dikencangkan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan water pump pada mobil

Water pump berfungsi untuk memompa air radiator supaya dapat bersirkulasi

>>> Baca Juga, Penyebab Mesin Mobil Loyo Baru Dipakai 5 Tahun

4. Pompa Power Steering

Pada kendaraan keluaran tahun 2012 ke bawah, maka Power Steering menggunakan model hidraulik yakni masih pakai pompa. Adapun fungsi dari pompa adalah untuk menyuplai energi sehingga beban dari kemudi jadi ringan dan ditempatkan menempel di bagian mesin. Jika pompa mengalami rusak atau aus maka dapat muncul suara mendengung pada saat digas. Bahkan saat kemudi dibelokkan juga akan muncul dengungan.

5. Ban Mobil

Tidak hanya dari bagian mesin saja, suara dengung juga bisa muncul dari bagian lain kendaraan. Salah satunya adalah ban mobil yang salah pemasangan. Jadi pada saat ban terbalik dalam pemasangan maka arah putarannya jadi salah sehingga bunyi nyaring bisa timbul.

6. Bearing Roda

Penyebab mesin mendengung saat digas selanjutnya adalah bearing roda. Jika kondisinya aus maka akan muncul bunyi dengung dan gesekan yang nyaring terutama di bagian depan. Mengingat bagian depan menahan beban saat mobil dikendalikan. Dalam melakukan pemeriksaan dapat dilakukan dengan mendongkrak mobil dan menggoyangkan roda dengan teknik vertikal.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan kopel Joint pada roda mobil

Kopel joint tidak semua tipe mobil menggunakannya

7. Kopel Joint

Bagian terakhir yang perlu diperiksa adalah kopel joint. Jadi pada mobil dengan sistem penggerak roda belakang bisa saja muncul bunyi mendengung pada saat poros propeller atau kopel joint mengalami keausan. Untuk komponen satu ini tidak semua mobil memilikinya, jadi hanya pada beberapa tipe saja. Fungsinya adalah untuk membuat bagian poros propeller jadi fleksibel. Apabila bagian ini aus atau rusak maka perlu segera dilakukan penggantian.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International