Beberapa Manfaat Alarm Pada Mobil Yang Bisa Didapatkan

03/05/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil merupakan salah satu barang yang terbilang mewah. Dimana dari segi harga dalam kondisi baru mencapai ratusan juta rupiah. Oleh sebab itu tidak heran mobil kerap menjadi incaran tindak kejahatan. Ditambah lagi umumnya orang dengan mobil yang bagus diklaim punya banyak uang. Oleh sebab itulah manfaat alarm pada mobil sangatlah penting, salah satunya demi keamanan.

Jadi dengan melihat mobil menjadi sebuah alat transportasi untuk mendukung aktivitas sehari-hari tentu perlu dijaga dengan baik. Salah satunya adalah memasangkan alarm di dalamnya. Jika bertanya soal manfaat alarm pada mobil terdapat beberapa yang dapat dirasakan pemilik kendaraan.

Gambar ini menunjukkan remote dipegang dengan tangan

Alarm menjadi fitur keamanan pada kendaraan

>>> Lihat Juga, Banyak Yang Belum Tahu, Mengenal Fungsi Kabel Grounding Pada Mobil

Manfaat Alarm Pada Mobil

Jadi terdapat beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pemilik kendaraan. Jadi fitur alarm bukan hanya sebagai pajangan atau tambahan saja, tapi benar-benar mempunyai manfaat. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat yang bisa dirasakan ketika mobil mempunyai alarm.

1. Untuk Mencegah Pencurian

Adapun fungsi yang pertama adalah sebagai fitur yang dipergunakan untuk mencegah terjadinya tindak pencurian. Pada pintu mobil dipasangkan sensor yang dibentuk model switch. Jadi pada saat pintu dibuka maka switch akan memberikan sinyal terhadap control unit. Kemudian control unit akan memerintahkan sirine dan juga lampu kedip untuk aktif yang menunjukkan adanya bahaya. Jika sudah begitu pemilik diharapkan mengetahuinya dan segera datang ke tempat dimana mobil berada. Hal inilah yang membuat kendaraan berbunyi ketika ada orang asing menyentuhnya.

2. Menjadi Sistem Keamanan

Dengan diberikannya alarm maka bisa untuk sistem keamanan lain pada mobil. Sebagai contoh adalah untuk menghindari mobil dilakukan perusakan ataupun dibobol. Seperti yang telah diketahui, bahwa pencuri zaman sekarang juga mengikuti zaman karena mempunyai alat yang memadai dalam melakukan aksinya. Oleh sebab itulah mobil dibekali dengan sensor-sensor supaya saat ada hal mencurigakan terjadi pada mobil dapat terdeteksi. Sebagai contohnya adalah seseorang yang mencoba secara paksa membuka pintu mobil. Tidak sampai disitu saja, dengan adanya alarm dan juga sensor-sensor yang dipasangkan membuat beberapa bahaya dapat diketahui lebih cepat. Dalam hal ini contohnya adalah muncul percikan api atau ada konsleting pada kabel.

>>> Baca Juga, Beberapa Alasan Resiko Mobil Turun Mesin Bisa Diselamatkan Oleh Oli Mesin

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang mencongkel kaca mobil

Pencurian bisa terjadi kapan saja karena ada kesempatan

>>> Baca Juga, Terdapat Beberapa Warna Kabel Di Mobil Dengan Fungsi Masing-Masing

3. Menjadi Tanda Peringatan

Seperti yang sudah di ketahui bersama, bahwa pada mobil keluaran dahulu alarm belum diberikan di dalamnya. Sehingga pemilik perlu melakukan pemasangan sendiri jika ingin merasakan manfaatnya. Nah manfaatnya tidak hanya sebagai keamanan dan mencegah pencurian saja, akan tetapi fungsi lainnya adalah sebagai tanda peringatan. Mobil keluaran terbaru sudah dibekali dengan alarm yang mempunyai fungsi lebih canggih. Jadi ketika di depan ada objek yang  berpotensi membahayakan dan harus dihindari maka alarm akan berbunyi secara otomatis. Tidak hanya benda besar saja, namun benda kecil juga bisa terdeteksi. Berkat hal tersebut maka resiko kecelakaan ketika berkendara dengan mobil dapat diminimalisir.

4. Mengetahui Letak Kendaraan

Dengan adanya alarm maka mobil akan mudah ditemukan pada saat melakukan parkir. Dalam hal ini biasanya remote control pada kunci terhubung dengan kendaraan. Dengan begitu tinggal pencet tombol doang mobil akan ditemukan dengan mudah dan tidak mengalami kekeliruan. Nah di era modern saat ini, untuk mengetahui mobil saat berada di parkiran bisa dengan melalui smartphone sehingga semakin mudah.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan parkiran luas dengan banyak mobil

Parkir luas kadang sulit mencari mobil sendiri

Demikianlah informasi mengenai manfaat alarm pada mobil. Semoga dapat memberikan manfaat dan tetap jaga kondisi mobil dengan baik, salah satunya melakukan servis secara berkala.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International