Beberapa Komponen Untuk Musim Hujan Perlu Dilakukan Pengecekan

01/10/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ketika turun hujan maka visibilitas pengendara akan berkurang. Kenyamanan di dalam mobil juga berbeda dengan saat cuaca sedang cerah. Oleh sebab itu, terdapat beberapa komponen untuk musim hujan yang diberikan pada mobil untuk membuat mobil tetap merasa nyaman.

Beberapa daerah sudah mulai diguyur hujan, para pengendara diharapkan lebih waspada seperti kesiapannya dalam mengemudikan mobil. Jika begitu, apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapinya? Untuk menghadapinya bisa dengan mempersiapkan dan melakukan pengecekan pada komponen untuk musim hujan supaya dapat bekerja dengan baik.

Tujuan pengecekan adalah supaya saat berkendara dan turun hujan maka beberapa fitur dapat bekerja dengan baik. Alhasil keamanan dan kenyamanan bisa  didapatkan. Berikut ini beberapa fitur yang perlu diperhatikan dan dicek.

1. Wiper Mobil

Adapun bagian pertama yang perlu dicek adalah wiper. Bagian ini saat hujan sangat penting supaya visibilitas pengendara bisa maksimal. Ketika wiper bekerja dengan baik maka saat turun hujan kaca depan akan diseka dengan wiper sehingga pengemudi bisa terus melihat jalanan.

Gambar ini menunjukkan kaca mobil depan dan wiper dalam kondisi basah

Wiper saat kondisi hujan sangat penting kinerjanya

>>> Baca juga, Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

2. Lampu Mobil

Selain wiper, lampu mobil juga membutuhkan pengecekan. Pastikan semua lampu menyala dengan baik meliputi lampu depan, sein, lampu belakang dan lainnya. Karena saat turun hujan lampu menjadi salah satu komponen penting untuk memberitahukan kepada pengendara lain mengenai posisi mobil dan saat akan melakukan akselerasi. Apalagi saat berkendara di malam hari, pandangan pengemudi terbatas sehingga dengan mengandalkan lampu mobil visibilitas pengemudi lebih maksimal.

3. Ban Mobil

Komponen untuk musim hujan selanjutnya yang perlu dilakukan pengecekan adalah ban mobil. Bagian ini berhubungan langsung dengan aspal jalanan, sehingga saat hujan bisa menyebabkan tergelincir jika kondisinya kurang maksimal. Oleh sebab itu pengecekan keausan telapak ban mobil diperlukan, pedomannya dapat mengikuti TWI (Tire Wear Indicator) yang letaknya berada pada alur ban mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan TWI pada ban mobil

TWI pada ban mobil untuk mengetahui keausan mobil

Tekanan angin ban mobil juga perlu diperhatikan yang disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. Bila ban mobil tidak layak pakai maka resiko terjadi hydroplaning akan semakin besar.

>>> Baca Juga, Beberapa Aksesoris Musim Hujan Yang Bisa Disiapkan Pada Mobil

4. Sistem Pengereman

Baik hujan atau tidak bagian ini menjadi hal penting perlu dicek secara berkala. Hal tersebut karena tugasnya untuk mengurangi laju kendaraan bahkan memberhentikannya. Sobat dapat memeriksa tabung minyak rem dan kampas untuk memastikan masih prima.

5. AC (Air Conditioner)

Fitur AC yang terdapat pada mobil mempunyai fungsi penting, jika kaca sedang kondisi berembun maka bisa menyalakan AC supaya perbedaan suhu antara luar dan dalam mobil tidak terlalu jauh.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC  3 buah di mobil

AC mobil berfungsi baik saat cuaca panas ataupun musim hujan

6. Menyediakan Payung Di Dalam Mobil

Hal terakhir dalam informasi pengecekan komponen untuk musim hujan di mobil adalah menyediakan paying di mobil. Saat akan pergi ke tempat yang dituju, biasanya ada jalur antara parkiran dan tempat yang dituju yang terkena air hujan. Untuk menghindari kehujanan bisa memanfaatkan payung yang disiapkan di dalam mobil.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International