Beberapa Kebiasaan Yang Bikin Head Unit Mobil Rusak

27/06/2020 Abdul Tips & trik mobil

Setiap kendaraan roda empat sudah dilengkapi dengan fitur head unit. Head unit merupakan perangkat yang menampung berbagai komponen audio seperti speaker, amplifier dan subwoofer. Sebagai komponen hiburan, kehadiran Head Unit mampu menenangkan suasana hati dan mengurangi stres selama kamu berada di perjalanan. Namun terdapat kebiasaan yang bikin head unit mobil rusak.

Oleh karena itu head unit dapat dikatakan sebagai komponen vital dalam mobil. Sehingga kamu harus merawat dan menjaga kebersihan head unit. Namun, ada juga sejumlah kebiasaan buruk yang tanpa sadar bisa merusak head unit. Berikut uraian   disadur dari beberapa sumber.

1. Terlalu Sering Memencet Head Unit Dengan Jari

Kebiasaan buruk pertama yaitu terlalu sering menggunakan jari alih-alih remot kontrol. Perlu diketahui bahwa tangan merupakan sarang debu dan kotoran. Terlalu sering memencet tombol pada head unit berpotensi memindahkan kotoran pada alat itu. Apalagi tipikal alat elektronik yang mudah rusak jika keterusan dipencet. Alternatifnya kamu bisa menggunakan remot kontrol, karena debu dan kotoran tidak akan berkontak langsung.

Gambar ini menunjukkan sebuah jari menekan layar head unit

Manfaatkan remot untuk pemutar audio jika ada

>>> Baca Juga, Dapat Yang Berkualitas, Begini Tips Memilih Head Unit Bekas Untuk Mobil Kesayangan

2. Tidak Menjaga Kebersihan Kabin

Kebiasaan yang selalu membiarkan kabin dalam keadaan kotor bisa membuat alat-alat yang ada di dalamnya bisa rusak, salah satunya head unit. Membersihkan kabin tidak hanya berguna sebagai faktor kesehatan karena turut menjaga head unit di mobil kamu tetap awet.

Langkah ini bisa dimulai dengan memperhatikan debu yang menempel di karpet, sudut-sudut hingga beranda mobil. Dengan membersihkan kabin mobil dapat mengurangi debu yang beterbangan sehingga mengurangi kesempatan debu memasuki celah-celah yang ada di head unit.

3. Menggunakan Cd Bajakan Atau Yang Sudah Rusak

Selanjutnya untuk kebiasaan yang bikin head unit mobil rusak adalah menggunakan CD bajakan. CD bajakan mudah ditemui di Indonesia. Sangat disarankan untuk tidak menggunakannya melalui head unit kamu karena muatan disc yang ada pada cd bajakan membuat optik bekerja terlalu berat. Jika terus dibiarkan seperti itu head unit akan lebih mudah rusak. Sama hal kasusnya dengan dengan penggunaan cd yang rusak. Jadi, selalu perhatikan kualitas cd yang akan digunakan ya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang cd cleaner dimasukkan pada head unit

CD yang asli tidak bajakan dapat menjaga pemutar CD lebih awet

>>> Baca Juga, Punya Mobil Lama Tapi Ingin Pasang Kamera Parkir, Bisa Saja!

4. Kebiasaan Menggunakan Pemutar CD

Mendengar kata CD sebagian orang mungkin beranggapan media pemutar itu sudah usang. Sebenarnya jika alat ini terlalu sering digunakan bisa membuat optik bermasalah. Agar menjaga optik lebih awet, gunakan alternatif pemutar media yang tersedia di head unit. Contohnya media USB dan SD card untuk memutar lagu dan video. Namun perlu juga diperhatikan penggunaan file yang ada di USB dan SD Card di head unit tidak terlalu besar karena head unit akan bekerja lebih keras untuk membaca media tersebut.

5. Mematikan Kontak Saat Head Unit Masih Nyala

Jangan langsung mematikan kontak saat head unit dalam keadaan nyala karena secara tidak langsung kamu memaksa head unit mematikan sistemnya. Cara terbaik adalah keluarkan cd (jika menggunakan cd) kemudian pastikan head unit sudah dalam keadaan off, nah baru setelah itu bisa mematikan kontak pada mobil.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

gambar ini menunjukkan head unit pada mobil

Head unit dimatikan dahulu sebelum mematikan kontak

6. Tidak Memperhatikan Kesehatan Aki

Kondisi aki yang tidak prima dapat menyebabkan aliran listrik ke head unit terhambat dan menjadi tidak stabil. Kebiasaan tidak memperhatikan kesehatan aki tidak hanya mengganggu head unit, namun semua komponen kelistrikan yang ada di mobil.

Itulah Kebiasaan yang bikin head unit mobil rusak. Kebiasaan-kebiasaan yang tanpa kamu sadari malah memperpendek usia head unit di mobil kamu. Dengan membaca ini semoga kamu dapat menjaga head unit tetap baik dan segera meninggalkan kebiasaan buruk tersebut.

 >>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Begini Tips Mengatasi Mobil Mogok Untuk Perempuan
    Begini Tips Mengatasi Mobil Mogok Untuk Perempuan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil yang tiba-tiba mogok merupakan masalah yang tidak hanya mengganggu pria, namun juga mimpi buruk bagi semua wanita, karena biasanya wanita tidak terlalu paham mengenai persoalan mengatasi mobil mogok.

  • Beberapa Alasan Pilih Mobil MPV Dibandingkan Lainnya
    Beberapa Alasan Pilih Mobil MPV Dibandingkan Lainnya Abdul Tips & trik mobil

    Industri otomotif di Indonesia terus mengalami perkembangan. Hal ini didasari dari penjualan kendaraan khususnya mobil yang setiap tahun berkembang pesat. Dari beragam mobil yang tersedia, mobil MPV jadi salah satu mobil yang digemari di Indonesia, khususnya mereka yang sudah berkeluarga. Terlebih, produsen-produsen mobil dari sejumlah negara membanjiri pasar otomotif di tanah air dengan berbagai produk MPV terbaru.

  • Tips Jaga Emosi Saat Berkendara Pada Fase New Normal
    Tips Jaga Emosi Saat Berkendara Pada Fase New Normal Abdul Tips & trik mobil

    Pengemudi perlu memperhatikan tips jaga emosi saat berkendara di era new normal. Setelah pandemi corona masuk ke wilayah Indonesia banyak kebiasaan yang berubah di masyarakat, termasuk aktivitas berkendara. Ketika diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) pengendara wajib mengenakan masker dan jumlah penumpang dibatasi.

International