Beberapa Jenis Rem Tangan Pada Mobil Sebagai Tambahan Informasi

07/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Keberadaan rem tangan atau rem parkir dalam mobil merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena rem tangan memiliki fungsi yang sangat krusial. Mencegah mobil bergerak dengan sendirinya saat parkir membuat keberadaan rem tangan menjadi alat bantu yang membuat mobil tetap di tempat. Terdapat beberapa jenis rem tangan dengan fungsi yang sama.

Tanpa adanya rem, kamu mungkin kesulitan ketika ingin meninggalkan mobil yang diparkir, apalagi ketika memarkirnya di dataran yang memiliki sudut kemiringan besar.  Di satu sisi, rem tangan juga berperan dalam kestabilan mobil saat menghadapi macet atau jalanan yang menanjak.

Dengan ditemukannya inovasi rem tangan, kini alat yang satu ini memiliki beragam bentuk untuk memudahkan pengemudi, sehingga tak jarang kamu mungkin mengalami kesulitan penggunaan rem tangan pada mobil yang berbeda. Berikut penjelasan mengenai jenis rem tangan yang dinukil dari berbagai sumber.

1. Rem Tangan Model Tuas Tarik

Gambar ini menunjukkan rem tangan model tarik

Rem tangan model tarik ditempatkan di bawah dashboard

Mulanya bentuk rem tangan menggunakan tuas tarik. Salah dua mobil jadul yang dibekali jenis rem seperti ini Toyota Kijang dan Isuzu Panther. Meski begitu, mobil keluaran baru seperti Nissan Datsun Go masih mengadopsi jenis tuas tarik. Rem tangan model tarik memanfaatkan sistem drum brake atau rem tromol. Sesuai dengan namanya, penggunaan tuas tarik dengan menarik tuas hingga terasa berat dan mobil tidak bisa bergerak. Untuk melepasnya, kamu hanya mengangkat sedikit tuas ke atas dibarengi dengan memutar tuas ke kanan atau kiri.

>>> Baca juga, Menjaga Sistem Pengereman Mobil Tetap Prima Dengan Cara Sederhana

2. Rem Tangan Model Tuas Dongkrak

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan pegang tuas rem parkir dengan jempol di tombol

Rem tangan model dongkrak merupakan rem tangan sejuta umat

Jenis rem tangan selanjutnya adalah model dongkrak. Rem tuas dongkrak mungkin bisa dikatakan sebagai jenis rem sejuta umat, karena hampir semua mobil menggunakan jenis rem seperti ini. Contohnya Toyota Avanza, Isuzu Panther, Daihatsu Terios dan lain sebagainya. Penggunaan model tuas dongkrak sama dengan tuas tarik yaitu dengan menarik tuasnya ke atas hingga terasa berat atau berbunyi. Sedangkan untuk melepasnya hanya perlu mengangkat tuasnya lagi dan menurunkannya seperti semula.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Rem Tangan Model Tuas Geser

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tuas rem parkir

Penggunaan rem parkir model geser cukup mudah dilakukan

Rem tangan model tuas geser umumnya banyak digunakan pada kendaraan berat, namun ada beberapa mobil biasa seperti Honda CR-V generasi ketiga dan empat mengadopsi yang jenis tuas ini. Untuk mengaktifkan rem tangan kamu hanya perlu menggeser tuas ke atas sedikit kemudian ditarik penuh ke arah belakang. Cara melepasnya hanya melakukan geseran yang berlawanan.

>>> Mungkin tertarik, Kapankah Waktu Mengganti Minyak Rem Mobil Yang Tepat?

4. Rem Tangan Model Pedal

Gambar ini menunjukkan pedal rem parkir pada mobil

Penggunaan pedal untuk rem parkir umumnya pada mobil matik

Mengaplikasikan model pedal sama dengan jenis rem tangan sebelumnya, hanya saja rem pedal biasanya terletak di bagian kaki. Pada mobil matik alat ini berada di samping pedal rem, sedangkan pada mobil manual  berada di samping pedal kopling. Model rem pedal bisa kamu temukan di mobil-mobil premium keluaran lama seperti Mercedes Benz, Toyota Camry dan lain sebagainya. Cara mengaktifkannya hanya dengan menginjak secukupnya pedal rem tersebut, dan sebaliknya ketika ingin melepasnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Rem Tangan Model Elektrik

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan berada di dekat rem parkir elektrik

Semakin modern sudah menggunakan model elektrik

Sebagai rem tangan terbaru, model elektrik memberi kepraktisan saat kamu mengaktifkan rem tangan. Pasalnya rem ini siap digunakan hanya dengan menekan tombol parkir yang tersedia. Sedangkan untuk menonaktifkannya hanya perlu mengangkat tombol yang tadinya ditekan. Namun, ada baiknya memeriksa panduan penggunaan rem model elektrik, hal ini mengingat setiap rem model ini memiliki fungsi dan cara yang berbeda-beda.

Itulah jenis rem tangan. Seiring berkembangnya zaman rem tangan juga mengalami banyak perubahan bentuk. Lalu dari semua yang tersedia, kamu lebih nyaman menggunakan rem tangan yang mana?

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International