Beberapa Jenis Mobil Derek Beserta Fungsinya Masing-Masing

14/02/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mobil Derek ataupun towing memang termasuk kendaraan yang cukup dibutuhkan kinerjanya. Jadi saat ada mobil bermasalah di jalan dan tidak bisa dijalankan maka mobil derek bisa jadi satu solusi untuk membantu membawanya ke bengkel terdekat. Tapi tahukah Sobat, bahwa terdapat beberapa jenis mobil derek dan memiliki fungsi sendiri-sendiri.

Mobil derek adalah salah satu kendaraan yang tergolong kendaraan berat yang fungsinya adalah menderek mobil saat bermasalah karena tidak bisa berjalan. Selain itu bisa juga disebabkan karena kecelakaan sehingga mesin tidak bisa menyala dan hal lain yang membuat mobil tidak dapat dioperasikan. Namun kali ini kami akan membahas masalah jenis mobil derek dan juga fungsinya.

Apabila dilihat dari segi tampilan, mobil derek kepalanya mirip dengan truk dan untuk bagian belakangnya hanya alat atau ruang yang digunakan untuk menderek ataupun mengangkut kendaraan yang bermasalah.

Pada umumnya mobil derek hanya dapat digunakan untuk membawa satu mobil saja. Meskipun begitu terdapat banyak jenis kendaraan derek yang banyak macamnya. Berikut penjelasannya yang dilansir dari laman Seva :

1. Derek Model Kait & Tarik

gambar ini menunjukkan sebuah tangan memasang tali untuk menderek mobil

Derek mobil kait masih membutuhkan pengemudi pada mobil yang diderek

Untuk mobil derek jenis ini punya rantai yang dipakai untuk menarik kendaraan. Dalam hal ini mobil  yang dalam kondisi diderek perlu dikemudikan oleh seseorang. Karena meskipun ditarik masih perlu dikendalikan  agar tidak melaju kemana-mana.

>>> Baca Juga, Tips Memilih Towing Bar, Bisa Dipakai Selain SUV Lho!

2. Derek Model Roda Mobil Diangkat

Gambar ini menunjukkan mobil derek model angkat roda

Saat rem tangan aktif maka bisa diderek dengan mengangkat roda

Untuk jenis derek yang penggunaannya dengan mengangkat roda belakang atau depan umumnya dilakukan pada mobil yang memarkirkan mobilnya sembarangan. Jadi penderekan dilakukan karena rem parkir dalam kondisi aktif, roda mobil yang dalam kondisi di rem diangkat dan untuk berjalan dengan memakai satu tumpuan saja. Pada umumnya mobil derek jenis ini dipakai oleh DisHub untuk menarik kendaraan yang parkir sembarangan atau melanggar peraturan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Derek Gendong

Gambar ini menunjukkan mobil derek model gendong dan ada mobil dibawa

Mobil derek model gendong kadang digunakan untuk mengantar mobil dari diler ke konsumen

Jenis mobil derek satu ini prosesnya dengan mengangkut kendaraan di bagian atas belakang. Biasanya jenis kendaraan derek ini dipakai untuk membawa mobil baru dari diler ke bagian konsumen. Selain itu kadang mobil derek dipakai untuk mengangkut kendaraan mewah yang dengan mengalami kerusakan dan dibawa ke bengkel. Bisa juga karena mobil yang sedang diderek mengalami kerusakan yang parah sehingga tidak bisa berjalan.

>>> Baca Juga, Perhatikan Kondisi Kampas Rem Mobil Untuk Keselamatan, Terutama Di Musim Hujan

4. Derek Model Hidrolik

Gambar  ini menunjukkan derok mobil model hidrolik dengan mobil merah di belakangnya

Derek model hidrolik kerap digunakan untuk mobil dengan ground clearance rendah

Untuk jenis derek ini mempunyai bentuk yang mirip dengan derek gendong, hanya saja untuk perbedaan pada proses pengangkutan mobil. Nantinya bak yang dipakai untuk mengangkut mobil bisa diturunkan sampai menuju ke bagian uang rendah dan mobil dinaikkan ke bagian atas bak. Setelah mobil sudah berada di bak maka bak akan diangkat dengan menggunakan teknologi hidrolik.

Pada umumnya untuk jenis ini dipakai untuk membawa mobil dengan ground clearance yang rendah atau mobil ceper. Dengan model tersebut maka mobil ceper tidak akan  menggesek permukaan pada bak pengangkut.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Derek Boom

Gambar ini menunjukkan derek mobil model boom dengan mobil warna biru

Derek model boom bisa juga untuk balik kendaraan yang terbalik

Untuk jenis mobil derek terakhir yang kita bahas kali ini adalah derek boom. Yang mana pada model ini menggunakan crane yang berada di bagian belakang, fungsinya adalah mengangkat kendaraan yang terperosok ke lubang, parit atau jurang yang dalam. Bisa juga untuk membalikkan mobil ke posisi semula usai terbalik.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca