Beberapa Jenis Lampu Mobil Terbaru, Komponen Pencahayaan Pada Kendaraan

23/03/2021 Abdul Tips & trik mobil

Lampu menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan. Fungsinya adalah memberikan pencahayaan terhadap jalan, apalagi saat mengemudi di malam hari. Terdapat beberapa jenis lampu mobil yang tentunya memiliki keunggulan sendiri-sendiri.

Pemilik mobil kadangkala melakukan penambahan lampu untuk sekedar aksesoris atau membuat pencahayaan mengalami peningkatan. Melihat hal tersebut tentunya pabrikan lampu akan mencoba memberikan yang terbaik dengan menghadirkan beberapa jenis lampu mobil. Dengan begitu masyarakat bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

6 Jenis Lampu Mobil

1. Jenis Lampu Halogen

Pastinya sudah banyak yang mengetahui tentang lampu halogen. Biasanya lampu jenis ini dipasangkan pada head lamp atau lampu utama yang dapat memberikan pencahayaan maksimal di malam hari atau ketika sedang dalam kondisi cuaca yang mendung. Untuk cara kerjanya mirip dengan lampu pijar dengan filamen yang dioperasikan mengandalkan suhu yang tinggi. Oleh sebab itulah cahaya yang dihasilkan lampu halogen menjadi terang dan untuk dayanya sekitar 33-35 Watt yang dibutuhkan.

Gambar ini menunjukkan beberapa lampu Halogen mobil dengan warna biru dan kuning

Lampu halogen sampai saat ini masih menjadi andalan untuk lampu utama kendaraan

>>> Baca Juga, Beberapa Penyebab Lampu Sein Mobil Rusak Perlu Diperhatikan

2. Jenis Lampu LED T10

Lampu LED saat ini sudah banyak digunakan, bahkan pada lampu ruangan mengandalkan lampu jenis ini. Begitupun dengan mobil, lampu LED menjadi salah satu teknologi lampu yang modern yang biasanya dipasangkan pada lampu rem dan lampu utama kendaraan. Jika membandingkannya dengan jenis halogen terletak pada daya yang digunakan. Lampu LED relatif kecil daya yang dibutuhkan dan soal cahaya terang yang dihasilkan tidak kalah. Ketahanan yang dimiliki juga terbilang tahan lama yang menjadikannya cukup baik.

Tapi yang perlu diketahui adalah terdapat beberapa tipe lampu LED, yang mana untuk salah satunya yaitu LED T10. Biasanya untuk pemasangan lampu jenis ini adalah pada bagian indikator panel dashboard, lampu senja, lampu plat nomor dan lampu sein. Bahkan LED T10 jumlah mata lampunya terdapat beragam dari 1 mata lampu sampai 21 mata lampu. Jika berniat menambahkannya bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan penerangan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Jenis Lampu LED Dome Light

Untuk jenis lampu mobil ini biasanya mengandalkan teknologi bohlam. Yang mana pemasangannya di bagian dalam kabin seperti di bagian atap dekat spion tengah. Fungsinya adalah untuk memberikan penerangan saat mencari barang ataupun membaca buku di dalam mobil.

4. Jenis Lampu LED Lumiled

Jenis lampu ini terbilang populer. Apabila dibandingkan dengan jenis LED lain daya yang dibutuhkan terbilang tinggi untuk dapat memberikan cahaya yang cukup terang. Biasanya penggunaan lampu ini dipasangkan pada head lamp atau lampu utama kendaraan.

Gambar ini menunjukkan beberapa lampu HID Lumiled Pada Mobil

Lampu LED Lumiled Biasanya untuk headlamp mobil

>>> Baca Juga, Mengemudi Malam Hari, Perhatikan Tips Hadapi Sinar Lampu Dari Kendaraan Lain

5. Jenis Lampu LED Flood Light

Di bagian depan pada eksterior mobil tidak hanya ada headlamp saja. Akan tetapi Sobat juga dapat menemukan lampu yang juga memiliki sorot terang yang juga memiliki peranan penting di mobil. Lampu tersebut adalah LED Flood Light yang mempunyai fungsi memberikan pencahayaan sebagai tanda ketika berniat menyalip kendaraan lain.

Dengan begitu untuk pengemudi di depan bisa mengetahui dan kendaraan dari arah berlawanan bisa mengambil langkah antisipasi seperti menghindar untuk memberikan jalan supaya bisa menyalip dengan baik dan tidak terjadi masalah. Tidak hanya itu saja, bahkan idealnya untuk lampu ini bila dibandingkan dengan headlamp dapat lebih terang.

6. Jenis Lampu HID

Tidak hanya lampu LED dan Halogen saka, jadi masih ada jenis lampu mobil selanjutnya yang dipasangkan yakni lampu HID (High Intensity Discharge). Jenis lampu ini tidak mempunyai filamen tapi digantikan oleh tabung yang didalamnya terdapat pengapian gas xenon.

Meskipun begitu cahaya yang dapat dihasilkan juga terang. Namun arus listrik yang dibutuhkan pada jenis lampu ini mempunyai perbedaan sehingga sebagai penyeimbang membutuhkan komponen khusus. Melihat hal tersebut, di Indonesia terbilang masih belum umum untuk lampu HID digunakan pada kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan lampu HID untuk mobil

Lampu HID masih belum terlalu umum di Indonesia

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis lampu mobil. Dengan mengetahuinya, Sobat bisa memasang jenis lampu yang tepat pada kendaraan entah sebagai lampu ganti ataupun tambahan aksesoris. Meskipun begitu, sangat disarankan untuk melakukan konsultasi kepada mekanik karena pemasangan lampu berhubungan dengan daya listrik supaya tidak ada masalah di kemudian hari karena kelebihan beban yang harus ditanggung aki sebagai sumber daya listrik.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini Abdul Tips & trik mobil

    Mobil tidak selamanya akan digunakan terus menerus untuk mendukung aktivitas. Kadangkala kita menemui suatu kondisi yang membuat mobil berdiam di garasi rumah tanpa dipakai. Jika mengalaminya maka terdapat komponen mobil yang perlu diperiksa. Tujuannya memastikan kondisinya tetap baik dan saat digunakan kembali tidak bermasalah.

  • Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil
    Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mengemudikan mobil tidak hanya dalam jarak dekat saja, akan tetapi jarak jauh uga kadang dilakukan. Entah itu ingin pergi ke tempat saudara, pergi wisata atau memang ada acara tertentu. Dalam hal ini mengatur uang sangat diperlukan supaya perjalanan dapat lancar dan kebutuhan di jalan bisa tercukupi.

  • Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?
    Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar? Abdul Tips & trik mobil

    Saat ini AC menjadi salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Hal tersebut karena dengan adanya fitur tersebut membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Bahkan saat seseorang kerap merasa pusing ketika naik mobil tanpa AC, dengan adanya AC beberapa orang hilang rasa pusingnya. Yang kerap diperbincangkan adalah saat AC mobil mati bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, benarkah?

International