Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Dengan Anak-Anak Memakai Mobil Pribadi

22/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Saat merayakan lebaran di kampung halaman tentu mempunyai suasana yang berbeda dibandingkan dengan di perantauan. Kita akan bertemu dengan anggota keluarga besar dan juga teman serta sahabat yang telah lama tidak ketemu. Oleh sebab itu mudik menjadi salah satu langkah yang dapat diambil. Perjalanan mudik dengan anak-anak tidak bisa dihindari bagi sobat yang memilikinya, sehingga persiapan perlu dilakukan dengan benar-benar baik.

Perjalanan mudik dengan anak-anak menggunakan mobil pribadi harus lebih ekstra dalam melakukan persiapan. Tujuannya adalah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dan membuat bosan sang buah hati. Nah bagi sobat yang berniat mudik sekeluarga dan terdapat anak-anak, berikut ini tips yang dapat dilakukan.

1. Menempatkannya Di Kursi Belakang

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang memasang kursi bayi pda mobil

Letakkan anak-anak di kursi baris kedua

Jika sobat mengajak anak-anak melakukan perjalanan mudik, sebaiknya meletakkannya di bangku belakang atau kursi kedua. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman selama perjalanan. Tidak disarankan menempatkannya di baris depan ketika perjalanan yang dituju cukup jauh. Seperti yang telah diketahui, bahwa ketika anak bosan di dalam kendaraan bisa membuat beberapa hal yang bisa mengganggu konsentrasi mengemudi.

Sebagai tambahan informasi, di  beberapa negara Eropa terdapat peraturan bahwa anak-anak wajib memakai car seat pada umur tertentu dan duduk di baris kedua.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

2. Membawa Perlengkapan Anak

Gambar ini menunjukkan perlengkapan anak diletakkan pada bagian belakang jok mobil

Perlengkapan anak menjadi hal yang wajib saat mengajak anak-anak berkendara

Selanjutnya adalah membawa perlengkapan yang dibutuhkan oleh sang buah hati. Dalam hal ini sangatlah penting seperti misalnya mainan, tisu basah, pensil warna, botol minuman dan lainnya supaya anak-anak tidak cepat bosan. Selain itu, perbanyak pula buku yang menarik dan disukai serta games yang berada di gadget. Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan yaitu camilan yang disukai oleh anak-anak. Karena saat bosan akan sangat merepotkan.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Memperbanyak Film Dan Musik Anak

Gambar ini menunjukkan audio mobil yang terdapat pada head unit dashboard

Nyalakan lagu anak agar sang buah hati terhibur dan senang mendengarnya

Mendengarkan Lagu dan melihat film yang disukai dapat membuat anak-anak tenang saat berada di dalam kendaraan. Sehingga perjalanan mudik dengan anak-anak terasa lebih menyenangkan. Film yang perlu disediakan biasanya dalam jenis kartun yang bergenre komedi. Sedangkan untuk music bisa memilih lagu anak-anak.

>>> Lihat Juga, Sambut Mudik, Hyundai Gelar Program Pemeriksaan Gratis 15 Pekerjaan

4. Memberikan Ruang Gerak Yang Cukup

Gambar ini menunjukkan 3 orang anak sedang duduk di kursi baris belakang

Ruang gerak buat sang buah hati agar tidak cepat bosan di dalam kendaraan

Ruang gerak di dalam kendaraan bisa membuat sang buah hati lebih terasa nyaman. Jadi alangkah baiknya meletakkan barang bawaan di bagasi sehingga di dalam mobil hanya diisi penumpang saja. Dengan begitu anak-anak akan memiliki banyak ruang untuk bergerak selama perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi. Jadi menghindari barang bawaan diletakkan di kursi dekat anak-anak sangat diperlukan. Selain membuat tidak nyaman, jika melakukannya bisa beresiko melukai sang buah hati.

>>> Baca Juga, Jangan Khawatir, Memasang Kursi Anak Terbalik Dalam Mobil Telah Diteliti

5. Menyediakan Car Seat Untuk Anak-Anak

Gambar ini menunjukkan seorang ibu dan 2 anak sedang ditempatkan di kursi mobil

Safety juga perlu diperhatikan saat menempatkan sang buah hati di kursi mobil

Agar sang buah hati aman selama perjalanan mudik, maka tidak ada salahnya untuk membeli car seat. Namun apabila anak yang diajak mudik masih berusia beberapa tahun, maka umumnya akan belajar duduk sendiri. Jadi sobat bisa membeli car seat sesuai kebutuhan. Pahami juga cara menggunakan car seat yang baik dan benar, supaya sang buah hati benar-benar merasakan kenyamanan dan keamanan saat berada di dalam kendaraan.

Jangan lupakan masalah servis kendaraan, sebelum digunakan perjalanan mudik dengan anak-anak alangkah baiknya membawa ke bengkel resmi terlebih dahulu. Nantinya akan dilakukan pengecekan beberapa bagian apakah ada yang mengalami kerusakan atau membutuhkan penggantian. Dengan begitu, saat digunakan untuk perjalanan mudik jadi lebih nyaman, lancar dan tidak ada masalah.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan
    Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan Abdul Tips & trik mobil

    Mencuci mobil untuk hasil maksimal biasanya dibawa ke tempat cuci professional. Dalam hal ini melakukannya dapat 1 bulan sekali, karena jika seminggu sekali maka biaya pengeluaran jadi membengkak. Jika kondisi mobil sudah kotor padahal belum ada satu bulan jangan khawatir. Dari pihak Nissan memberikan tips mencuci mobil ala professional yang dapat dilakukan.

  • Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui
    Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja, bahkan wanita juga banyak yang sudah bisa mengemudi dan memiliki mobil sendiri. Bagi kaum hawa yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda 4 dan ingin mengendarainya terdapat hal yang perlu diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri.

  • Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi
    Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi Abdul Tips & trik mobil

    Salah satu hal bagi pemilik kendaraan yang bisa membuat kecanduan dan terasa mengasyikkan adalah melakukan modifikasi. Hal tersebut dikarenakan mobil yang dimiliki akan mengalami perubahan akibat penambahan aksesoris ataupun perubahan bentuknya. Namun namanya modifikasi tentunya ada efek samping sebagai konsekuensinya. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat beberapa keuntungan mobil standar pabrik jika tidak dilakukan modifikasi.